me

Chipset A13 Bionic Bikin Performa iPad 9th Gen Lebih Mantep

Nov 14, 2021.By Jarvis
Bagikan

Pasti pada tau kan kalo Apple punya produk tablet, kek gabungan konsep PC sama hape yang namanya iPad. Biar kata udah dirilis 11 tahun yang lalu, yaitu pas 2010, iPad tetep jadi salah satu produk tablet terbaik dan paling bisa diandelin ampe sekarang. Kok bisa sih?

Rahasianya karena iPad konsisten ngejaga kualitas ama kinerjanya tetep baik selama bertahun-tahun. Jadi walopun harganya pricey, iPad tetep jadi inceran konsumen. Selain kualitasnya, tampilan iPad juga cakep dan khas banget, malahan ada beberapa iPad yang didesain khusus buat pasarnya. 

Pas 14 September kemaren, Apple ngeluncurin iPad generasi ke-9. Seri iPad ini pastinya udah lebih banyak upgrade dibanding generasi sebelomnya. Nih saya kasih tau aja ya spesifikasi sama fitur-fitur terbaru dari iPad 9th gen biar gak pada penasaran!

Kalo diliat dari tampilannya, iPad 9th gen ini ngusung layar retina display IPS ukuran 10,2 inci yang bingkainya mayan tebel. Layarnya ngedukung resolusi tinggi, yaitu 1.620 x 3.160 piksel.  Mantepnya, layar ini punya fitur True Tone kek yang ada di iPhone. Lewat fitur ini, layar bisa nyesuain tampilan ama suhu warna ruangan. Kita bakal dapat experience nonton yang lebih nyaman. Mantep kan?

Sama kek generasi ke-8, di bawah layar ada tombol Home yang juga bisa dipake buat Touch ID. Artinya, kamu bisa nge-unlock sistemnya dengan nempelin sidik jari di situ. Buat kamera, iPad 9th gen ini udah oke banget, ada fitur kamera lensa ultra-wide resolusi 12 MP dengan sudut pandang 122 derajat, plus fitur Center Stage juga. Fitur ini bikin pengguna bisa tetep ada di posisi tengah pas lagi video call. Kamera bakal otomatis gerak supaya pengguna bisa masuk ke frame.

Di spek internalnya, iPad generasi baru ini dibekelin ama chipset Apple A13 Bionic. Kalo pake chipset ini, performa iPad 9 jadi 20 persen lebih kenceng dari generasi 8. Cakep nih kalo dipake buat nge-game. Dijamin anti-ngelag lag lag lag. FYI, sistem operasinya udah pake iPadOS 15 ya. 

Fitur kece lainnya, iPad 9th gen punya kapasitas penyimpanan yang lebih gede, minimum 64 GB. Dua kali lipat dari generasi 8, yang sebelomnya 32 GB. Ada juga varian lain yang kapasitasnya 256 GB. Mayan kan bisa muat lebih banyak aplikasi, foto, video, atau game hehehe.

Itu tadi fitur sama spek dari iPad 9th gen. Harganya gak bikin dompet jebol sih, cuma sekitar Rp6 jutaan kalo dirupiahin. Oh iya, iPad ini juga ngedukung Apple Pencil gen 1 plus Apple Smart Keyboard. Duh jadi pengen punya!