me

Ingin Selalu Tampil Cantik? Yuk, Simak Dulu Cara Perawatan Kulit Wajah Berdasarkan Tipe-Tipenya!

Jan 25, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.salemdermatology.com 

Wajah adalah aset yang wajib dirawat supaya tetap bisa tampil cantik dan percaya diri. Hal ini berlaku untuk semua orang, terutama kamu yang sering bertemu dengan orang baru. Setiap orang bisa memiliki tipe kulit yang berbeda-beda sehingga cara perawatan kulit wajah bervariasi. Ada beberapa tipe kulit yang harus kamu ketahui seperti sensitif, berminyak, kering, berjerawat, dan kombinasi. 

Lewat artikel kali ini, kita akan membahas beberapa jenis perawatan kulit wajah yang harus kamu ketahui. Artikel ini akan sangat berguna, terutama bagi kamu yang udah tahu jenis kulit wajahnya. Kira-kira, seperti apa sih cara perawatan kulit wajah berdasarkan tipe kulitnya? Yuk, langsung cek dulu satu-satu di bawah ini!

BACA JUGA: Pahami Arti Hingga Perbedaan Trading dan Investasi


Cara Perawatan Kulit Wajah Berdasarkan Tipe-Tipenya

Cara Perawatan Kulit Sensitif

Voucher Spesial 2x PHOTO FACIAL GLOW 997RB Lokasi Baru

Beberapa orang mungkin memiliki kulit yang sensitif. Buat kamu yang masih bingung, kulit sensitif berarti punya kecenderungan mengalami iritasi yang tentunya disebabkan karena beberapa faktor. Faktor tersebut bisa bermacam-macam ya, dari udara, makanan, stress, debu, atau penggunaan produk yang mengandung bahan kimia tertentu. 

Untuk merawat kulit yang sensitif, ada beberapa cara yang bisa kamu praktikan. Salah satu hal yang paling utama adalah jauhkan kulit kamu dari pemicunya. Kalau pemicu iritasi dari kulit kamu adalah bahan kimia yang terdapat pada produk kecantikan, stop dulu pemakaiannya. Beberapa bahan kimia memang bisa menimbulkan alergi atau iritasi pada kulit seperti alkohol, retinoid, dan sebagainya. 

Kalau kamu mau pakai produk kecantikan, pilihlah yang memang ramah untuk kulit. Lebih bagus lagi kalau kamu udah tahu bahan kimia apa yang bisa bikin kulitmu iritasi. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah dalam mencari produk yang nggak mengandung bahan tersebut. Pilihlah produk yang nggak mengandung wewangian, lembut di kulit, kandungan bahan kimia sedikit, dan berlabel “hypoallergenic”. 

Selain itu, kalau kulitmu sensitif, jangan lupa untuk memakai tabir surya kalau ingin pergi ke luar rumah saat matahari bersinar ya. Usahakan nggak terkena paparan sinar matahari langsung karena kulitmu akan mudah merah. Tips lain yang bisa kamu lakukan adalah memakai pelembab secara rutin. Saat mandi, pakai air yang hangat dan sebaiknya secara durasi nggak terlalu lama. 

Bagaiman Cara Perawatan Kulit Berminyak?

IPL Facial Treatment

Nggak kalah sering ditemukan, banyak juga lho orang yang kulitnya berminyak. Kenapa orang bisa punya kulit berminyak? Hal ini rupanya disebabkan karena kelenjar sebaceous di kulitmu memproduksi sebum dalam jumlah banyak. Fungsi dari sebum adalah untuk menghidrasi kulit. Memang penting, tetapi kalau terlalu banyak juga bisa bikin kamu risi. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit wajah berminyak adalah mencucinya secara teratur. Penggunaan sabun cucinya juga harus diperhatikan ya. Pilih produk yang oil free untuk mencuci wajahmu. Tentunya, mencuci wajah adalah untuk menghapus minyak berlebih. Setelah itu, kamu bisa pakai exfoliate toner lalu menepuk-nepuk wajah dengan pelan. 

Selain itu, kamu juga bisa memakai masker wajah seenggaknya satu minggu sekali. Ada beberapa bahan masker yang bisa kamu pakai dan setiap bahan juga punya kelebihannya masing-masing. Nggak kalah penting, kamu juga harus pakai pelembab wajah. Pilih pelembab yang berbasis air, bebas dari minyak, dan ringan di wajah. Untuk mempersingkat, kamu bisa coba cari pelembab yang buat kulit berminyak. 

Cara Perawatan Kulit Kering

Voucher Digital Kusuma Beauty Clinic Rp. 1.000.000

Nah, kulit kering juga merupakan salah satu permasalahan yang cukup sering dihadapi. Sesuai dengan namanya, tipe kulit ini justru kebalikan dengan yang berminyak. Meskipun bisa menunjang estetika penampilan, kulit kering kalau nggak dirawat dengan baik justru bisa memicu gangguan kondisi lainnya, bahkan bisa berujung penuaan dini. 

Ada beberapa cara perawatan kulit kering yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Salah satu caranya adalah dengan mencuci wajah minimal dua kali sehari. Namun, pilihlah produk yang memang diperuntukkan bagi kulit kering. Dengan demikian, kamu nggak akan bikin kulit wajahmu tambah kering lagi dan justru bisa melembabkan kulit wajahmu ya, Blibli Friends!

Saat mencuci muka, jangan pakai air panas karena bisa menyebabkan iritasi dan makin kering. Pakailah air dingin saat mencuci muka atau mandi. Setelah itu, kamu juga sangat dianjurkan untuk memakai pelembab buat menghidrasi kulitmu. Sebaiknya, pilihlah pelembab yang memang nggak begitu banyak mengandung bahan kimia dan tetap ringan di kulit. 

Sebelum tidur, sebaiknya pakai juga krim malam yang bisa menghidrasi kulitmu, apalagi kalau kamu tidur di ruangan yang ber-AC. Hal tersebut bisa membantu proses regenerasi kulitmu. Tentunya, kamu juga harus pilih krim malam yang pas. Selain itu, tentunya kamu juga harus lebih rajin minum air putih dan santap makanan yang bernutrisi supaya kulitmu lebih sehat. 

Cara Perawatan Kulit Berjerawat

Jerawat adalah salah satu hal yang paling dibenci oleh wanita. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga bikin sakit apalagi kalau nggak sengaja tergaruk. Biasanya, jerawat disebabkan oleh hormon dan kebanyakan dialami oleh anak-anak yang baru mengalami pubertas. Jerawat sebaiknya nggak dipencet karena bisa menyebabkan peradangan, apalagi kalau masih merah. 

Namun, ada beberapa cara merawat kulit berjerawat yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah membersihkan wajah saat kamu rasa terlalu berminyak atau berkeringat. Pastikan saat membersihkan wajah, tanganmu juga dalam keadaan bersih ya. Cobalah pakai sabun yang ringan dan gosok dengan perlahan. Kalau terlalu kencang, dikhawatirkan bisa mengakibatkan iritasi. 

Pembersihan wajah memang perlu dilakukan seenggaknya dua kali sehari. Buat kamu yang punya hobi pakai make up, sebaiknya langsung bersihkan wajahmu ya. Sisa-sisa make up di wajah bisa menjadi pemicu jerawat lho. Pakailah produk-produk yang memang diperuntukkan bagi kulit berjerawat. Kamu bisa banget kok menemukannya dengan mudah di pasaran!

Nggak cuma itu aja, konsumsi makanan yang sehat juga perlu kamu lakukan. Hindari makanan yang terlalu berminyak atau manis supaya nggak memicu jerawat. Makan hidangan yang manis atau junk food dengan berbagai perasa memang enak di mulut. Namun, kalau berlebihan jadi nggak bagus untuk tubuhmu ya. Salah satu efeknya adalah menimbulkan jerawat.


BACA JUGA: Ide Resolusi Keuangan yang Bisa Diterapin Tahun Ini

Nah, itulah beberapa cara perawatan kulit wajah yang bisa kamu jadikan sebagai referensi supaya tetap bisa tampil cantik terus. Menurut kamu, sulit nggak Blibli Friends? Jangan khawatir ya, beberapa tips bisa banget kok kamu lakukan sendiri dan tentunya nggak butuh biaya banyak. Namun, gaya hidupmu harus pelan-pelan mulai diubah ya!

Buat kamu yang ingin melakukan perawatan di klinik kecantikan, bisa banget nih beli voucher perawatan wajah lewat Blibli. Di sana, tentunya ada banyak banget penawaran menarik yang bisa kamu beli. Dengan demikian, kamu nggak perlu pusing lagi mencari klinik yang tepat dan pembayaran juga bisa dilakukan di awal. 

Tag: