Cara Mengganti Ban Mobil Mudah Yang Harus Diketahui

sumber: pixabay.com

Mengalami ban bocor di tengah perjalanan tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan. Terlebih jika kamu berkendara seorang diri dan berada jauh dari bengkel. Untuk mengatasi hal yang tak diinginkan ini, setiap pengguna mobil sebaiknya memiliki skill untuk mengganti ban mobilnya sendiri. Dengan memiliki skill satu ini, kamu berkendara dengan nyaman kapan pun tanpa perlu was-was akan mengalami ban bocor di tengah jalan. Yuk simak cara mengganti ban mobil yang mudah untuk dilakukan sendiri.

Mengganti ban mobil tentu nggak bisa dilakukan dengan tangan kosong. Terdapat beberapa alat yang perlu kamu persiapkan, diantaranya seperti ban cadangan, obeng, dan dongkrak mobil. Pastikan ketiga peralatan tersebut selalu ada di bagasi mobil Blibli Friends, ya. Setelah memastikan alat-alat tersebut telah tersedia, yuk cek cara mengganti ban mobil berikut.

______________________________________

  1. Kendurkan Baut Ban

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yakni mengendurkan baut ban. Kendurkan baut ban menggunakan obeng dan putar berlawanan dari arah jarum jam. Kendurkan setiap baut yang ada di ban. Ingat, kamu hanya perlu mengendurkannya saja dan nggak membuat baut ban terlepas.

  1. Siapkan Dongkrak Mobil

    sumber: momobil.id

Jika seluruh baut ban sudah kendur, kini saatnya kamu untuk menyiapkan dongkrak mobil. Pasang dongkrak mobil di dekat posisi ban yang akan kamu ganti. Posisi dongkrak haruslah tepat, di mana dongkrak harus berada pada posisi tegak lurus. Pastikan juga bahwa kamu meletakkan dongkrak pada struktur yang kokoh dan rata. Atur kembali posisi dongkrak jika tampak miring dan nggak lurus. Jika sudah memastikan posisinya benar, segera angkat ban mobil menggunakan dongkrak. Kerahkan kekuatan kamu saat menggunakan alat yang satu in, ya.

CEK HARGA DONGKRAK MOBIL DI SINI

  1. Buka Baut Ban

Membuka baut ban baru bisa kamu lakukan saat ban sudah berhasil terangkat oleh dongkrak. Simpan seluruh baut ban yang sudah kamu lepas di tempat yang aman. Setelah baut ban terlepas, letakkan ban yang bocor tersebut di sebelah mobil. Jangan letakkan ban di tengah jalan atau area lainnya yang mengganggu pengguna jalan lain. Pastikan juga kamu meletakkan ban dalam posisi tidur, ya. Kamu nggak inginkan kalau ban tersebut menggelinding ke jalanan?

  1. Pasang Ban Cadangan

    sumber: thegaspol.com

Setelah ban yang bocor terlepas, kini saatnya kamu untuk memasang ban cadangan. Masukkan ban yang baru dengan sedikit menggoyang-goyang agar ban terpasang dalam posisi yang benar. Menggoyang-goyangkan ban juga bisa membuat kamu nggak perlu mengeluarkan tenaga terlalu besar. Segera pasang baut yang sebelumnya kamu simpan pada ban yang baru. Pastikan setiap baut sudah terpasang di posisi yang tepat. Pada tahap ini, jangan dulu kencangkan bautnya, ya.

BELI BAN MOBIL YANG COCOK DI SINI

  1. Turunkan Dongkrak

Saat ban baru sudah berhasil terpasang, turunkan dongkrak mobil secara perlahan. Lepas dongkrak tersebut jika ban sudah berada di tanah. Kemudian, kini saatnya kamu mengencangkan setiap baut yang ada di ban satu per satu. Cek beberapa kali dan pastikan baut sudah terpasang dengan kuat, ya.

______________________________________

Bagaimana? Cukup mudah bukan proses memasang ban mobil sendiri? Pastikan skill memasang ban mobil ini kamu miliki dan tertancap di ingatan kamu, ya. Jangan lupa untuk selalu membawa dongkrak mobil setiap kali akan bepergian. Baik bepergian pada jarak yang dekat maupun jauh.

Belum memiliki dongkrak mobil? Tenang, kamu kini bisa membelinya secara online di laman Blibli. Nggak cuma murah, pilihan metode pembayarannya juga banyak, lho Friends!

CEK TOKO OTOMOTIF ONLINE DI SINI

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY