me

Cara Mudah Memperbaiki Charger HP yang Tidak Mengisi

Apr 18, 2024.By Jarvis
Bagikan

cultofmac.com

Ini dia cara mudah memperbaiki charger hp yang nggak mengisi.

Cicilan 0% Gadget

Cara Memperbaiki Charger HP yang Tidak Mengisi — Baterai termasuk komponen sangat penting yang ada dalam sebuah perangkat HP. Makanya, perawatan baterai dalam sebuah smartphone perlu diketahui oleh penggunanya. Tapi, sesudah handphone digunakan dalam waktu lebih dari 1 tahun, terkadang, muncul beberapa masalah mengenai baterainya, seperti daya baterainya yang nggak mau terisi atau nggak bisa di-charger.

Faktanya, masalah handphone nggak bisa terisi atau di-charger bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya masalah dari perangkat keras atau perangkat lunak yang ada pada handphone kamu atau bisa juga masalah penggunaan yang tanpa disadari pernah dilakukan. Maka dari itu, kamu sebagai pengguna handphone harus tahu dulu apa aja, sih, penyebab charger HP nggak bisa berfungsi. Simak juga, cara memperbaiki charger HP yang error atau tidak mengisi, ya.

Baca juga: Charger Type-C Untuk HP Apa? Intip Yuk Ulasannya Berikut


Penyebab Charger HP Tidak Mengisi

HP yang nggak bisa di-charger atau nggak mengisi saat melakukan pengisian daya ulang, tentu aja bisa disebabkan oleh beberapa masalah. Sebelum melakukan perbaikan, kamu juga harus tahu apa penyebab dan dari mana sumber masalahnya. Caranya dengan mengecek handphone dan detail secara keseluruhan.

Di samping itu, salah satu masalah dan penyebab charger HP yang nggak berfungsi ini bisa dialami pada handphone yang sudah berusia 1 tahun lebih atau juga karena baterai yang sudah bocor. Ada juga penyebab masalah lainnya, seperti adapter charger yang rusak, kabel charger yang rusak, atau beberapa penyebab lainnya yang bisa kamu ketahui sebagai berikut ini.

Perangkat Keras atau Hardware

Perangkat Keras atau Hardware
mymemory.co.uk

Bagian perangkat keras atau hardware pada handphone adalah komponen yang ada di bagian luar atau bisa kamu lihat secara fisik serta dipegang. Sementara itu, untuk penyebab charger HP yang nggak berfungsi berhubungan dengan perangkat keras handphone, yang mana bisa disebabkan karena komponen pendukung, seperti kabel, charger, dan adaptor mengalami kerusakan.

Selain itu, jika penyebab tersebut nggak dapat ditemukan dalam komponen pendukung, kamu bisa cek detail handphone secara menyeluruh. Misalnya, dengan mengecek bagian port charger yang ada di handphone. Memang bagian tersebut sering digunakan, terutama bagi kamu yang sering mencabut-melepas pasang handphone saat sedang proses pengisian daya.

Perangkat Lunak atau Software

Perangkat Lunak atau Software
idownloadblog.com

Penyebab lainnya yang bisa kamu lihat selain dari bagian perangkat keras adalah software atau perangkat lunak. Penyebab charger HP yang nggak bisa terisi bisa jadi karena adanya error pada software. Mengingat HP memerlukan software untuk mengetahui saat perangkat berhasil melakukan pengisian daya. Tapi, kalau software gagal, maka besar kemungkinan proses pengisian daya gagal.

Bukan cuma itu, kamu juga perlu mengecek bagian aplikasi ketiga yang mungkin pernah kamu instal, sebab ada beberapa aplikasi yang membuat daya baterai jadi cepat habis. Bahkan, kerusakan ini bisa berdampak pada proses pengisian daya perangkat, loh.

Berikutnya, kamu juga bisa mengecek bagian update OS atau sistem operasi yang mungkin nggak sempurna dan membuat handphone nggak bisa di charger atau baterai menjadi terisi.

Cara Mengetahui Jika Charger HP Rusak/Tidak Mengisi

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mengetahui jika charger HP kamu rusak atau nggak mengisi. Tentu saja, penyebab kerusakan tersebut sering terjadi karena kebiasaan buruk dari penggunanya. Tapi, kalau charger HP kamu sudah terlanjur rusak dan belum berhasil mengisi daya, bisa langsung melihat beberapa cara untuk mengetahui jika charger HP rusak atau nggak mengisi di bawah ini.

Daya Nggak Tersambung, Meski Sudah Dipasang

Daya Nggak Tersambung, Meski Sudah Dipasang
uetechnologies.com

Cara pertama untuk mengetahui charger HP kamu rusak dan nggak berhasil mengisi adalah dengan melihat bagian daya baterai yang tersedia. Umumnya, jika handphone berhasil tersambung dengan charger, ada muncul ikon atau tanda listrik di bagian bar baterai. Tapi, kalau hal itu nggak menunjukkan tanda apa pun, kemungkinan besar handphone kamu nggak tersambung dengan daya.

Selain itu, kamu juga bisa menunggu beberapa saat selama pengisian daya. Apabila charger HP rusak dan daya baterai nggak bertambah sedikit pun. Bisa jadi ada masalah pada perangkat kamu.

Kabel Charger yang Mudah Lepas

Kabel Charger yang Mudah Lepas
fix2u.com

Salah satu cara untuk mengetahui charger HP rusak dan nggak bisa mengisi dapat dilihat dari masalah kabel charger kamu yang mudah sekali lepas. Biasanya, kabel charger handphone yang masih bagus nggak mudah terlepas dari bagian adaptor atau kepala. Tapi, apabila terjadi sebaliknya dan terlihat kendur, maka kemungkinan kabel charger kamu yang bermasalah.

Perlu diingat, selama pengisian daya baterai handphone, kamu nggak disarankan menggunakan kabel charger yang sembarang. Apalagi, bagi kamu yang sering menggulung kabel charger secara asal-asalan, bisa jadi kabel terus menekuk ke arah yang nggak tepat dan menyebabkan kerusakan, loh.

Daya Baterai Nggak Bertambah

Daya Baterai Nggak Bertambah
techosaurusrex.com

Berikutnya, kamu bisa mengetahui kalau charger HP rusak dengan melihat daya baterai yang nggak bertambah sama sekali atau nggak bisa terisi. Pada kasus ini, ada dua kemungkinan penyebabnya, yakni baterai perangkat yang bermasalah atau charger kamu yang rusak. Maka dari itu, untuk mengidentifikasi masalahnya, kamu membutuhkan satu charger lainnya, ya.

Saat kamu sudah mencoba charger yang pertama dan daya baterai masih nggak bertambah, kamu bisa mencoba charger handphone yang kedua. Kalau charger yang kedua membuat daya baterai handphone kamu terisi, maka bisa dipastikan charger yang pertama mengalami masalah kerusakan. Mungkin pada kabel charger atau konektornya ataupun pada adaptornya, ya.

Daya Baterai Terisi Lebih Lama Daripada Biasanya

Daya Baterai Terisi Lebih Lama Daripada Biasanya
groovypost.com

Cara lainnya untuk memastikan bahwa charger HP kamu rusak atau nggak terisi adalah melihat daya baterai yang terisi lebih lama daripada yang biasanya. Misalnya, kamu cuma membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengisi daya baterai sampai penuh, namun kali ini menghabiskan waktu selama 3 jam lebih.

Hal itu bisa jadi karena handphone atau charger HP kamu mengalami kerusakan. Jika masalahnya ada pada komponen luar seperti charger, maka kamu cukup perlu menggantinya aja, ya.

Kepala Charger atau Suhu Baterai Overheat

Kepala Charger atau Suhu Baterai Overheat
popularmechanics.com

Selain itu, kamu juga bisa memastikan jika charger HP mengalami kerusakan atau nggak terisi dari suhu baterai yang overheat atau pada kepala charger. Memang cara ini sedikit berbahaya, namun kamu bisa memegang bagian kepala charger atau adaptor saat proses pengisian daya. Apabila terasa panas ketika disentuh, bisa jadi masalah utamanya ada di bagian tersebut.

Tapi, saat ada komponen lain rusak, kemungkinan lainnya yang bisa diketahui yaitu dengan menyentuh kepala charger yang terasa overheat. Kerusakan pada komponen lain yang dimaksud di sini adalah baterai yang kembung atau bocor.

Nah, kalau sudah mengalami kerusakan seperti ini, ada baiknya kamu langsung mengganti charger handphone atau baterai HP kamu, agar menjaga HP tetap berkualitas, ya.

Cara Memperbaiki Charger HP yang Tidak Mengisi

Sesudah memahami apa aja penyebab dan cara mengetahui charger HP kamu mengalami kerusakan atau nggak terisi. Pastinya, kamu ingin segera memperbaikinya agar HP bisa berjalan seperti semula. Apalagi, bagi kebanyakan pengguna HP sering merasa panik dan bingung kalau mengalami masalah yang satu ini, terutama saat perangkat sudah dalam kondisi low battery.

Adapun untuk mengatasi masalah tersebut dan menghindari kondisi memperparah HP, kamu bisa cek berikut ini cara memperbaiki charger HP yang nggak mengisi.

Restart Handphone

Restart Handphone
gotechtor.com

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan restart atau mengulang kembali handphone kamu. Hal ini bertujuan agar seluruh sistem yang error di dalam handphone kamu bisa teratasi dan kembali normal. Jangan lupa, untuk diamkan beberapa saat sebelum handphone dihidupkan kembali, ya.

Memang cara mematikan dan menghidupkan kembali handphone merupakan solusi paling mudah dan sering kali berhasil. Tapi, kalau cara ini belum berhasil, kamu tetap jangan panik dan bisa mencoba cara lainnya, ya.

Mengganti Kabel USB dan Power Adapter

Mengganti Kabel USB dan Power Adapter
phonearena.com

Masalah yang satu ini bukan cuma disebabkan oleh perangkat, namun bisa juga karena komponen pendukung, seperti kabel USB dan power adapter. Perlu diingat lagi, kalau kabel USB sering sekali tergulung secara asal-asalan atau menekuk sehingga menyebabkan bagian lapisan kabel terbuka dan error saat disambungkan ke arus listrik.

Cara untuk mengatasi jika bermasalah pada kabel USB-nya, kamu cuma perlu menggantinya ke yang baru. Disarankan kamu menggunakan kabel USB yang sudah original dan sesuai dengan kabel bawaan HP yang asli, agar bisa dipakai tanpa harus mengalami resiko.

Sesudah mengganti kabel USB, kamu juga perlu memeriksa bagian power adapter. Memang pemakaian yang salah bisa membuat arus dari power adapter berkurang dan daya baterai pada handphone kamu pun jadi nggak terisi penuh atau bahkan berkurang. Jadi, pastikan kabel USB dan power adapter kamu sudah benar-benar bagus dan daya baterai HP berhasil terisi, ya.

Mendinginkan Handphone

Mendinginkan Handphone
maketecheasier.com

Salah satu cara untuk memperbaiki charger HP yang rusak dan nggak mengisi adalah dengan mendinginkan handphone terlebih dahulu. Biasanya, handphone yang sedang mengalami suhu panas atau overheat membutuhkan daya yang lebih tinggi sehingga daya baterai jadi lebih lama penuh.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mendinginkan handphone terlebih dahulu dengan cara mematikan perangkat dan diamkan beberapa saat hingga suhu kembali normal. Sesudah itu, kamu bisa melakukan pengisian daya ulang baterai pada handphone, ya.

Membersihkan Ujung Kabel Charger

Membersihkan Ujung Kabel Charger
sortatechy.com

Cara lainnya yang juga bisa kamu terapkan untuk memperbaiki charger handphone yang bisa mengisi adalah dengan membersihkan bagian ujung kabel charger atau USB. Tapi, jika kamu menggunakan kabel charger yang bukan original, sebaiknya untuk mengganti komponen tersebut ke yang baru dan original, sebab kabel charger yang palsu mudah sekali rusak.

Perlu diketahui juga, menggunakan kabel charger yang bukan original ternyata bisa mempengaruhi kecepatan proses pengisian daya baterai handphone. Tentu aja, hal tersebut bisa membuat daya baterai handphone nggak terisi. Selain dari masalah itu, bisa jadi bagian ujung kabel charger kamu ada kotoran dan menghambat cara kerjanya.

Jadi, kamu bisa membersihkan ujung kabel charger terlebih dahulu dengan tisu atau kain berbahan lembut yang bersih. Pastikan juga kamu membersihkan bagian ujung kabel charger dengan perlahan dan sampai kotoran nggak ada yang menempel pada permukaan komponen. Jangan lupa untuk membersihkan bagian ujung kabel charger ini secara rutin.

Memeriksa Port USB

Memeriksa Port USB
tiffstuff.com

Ternyata, sering melakukan pengisian daya dan mencabut-melepas pasang charger HP bisa membuat bagian port USB menjadi rusak, loh. Bukan cuma itu, kamu juga perlu ingat apakah saat mencabut atau melepas kabel charger secara kasar sering dilakukan, sebab hal itu bisa aja terjadi secara tanpa disadari sehingga membuat port USB pada handphone kamu jadi error dan rusak.

Maka dari itu, untuk mengatasi dan memperbaiki hal yang satu ini, kamu bisa membawa handphone ke tempat service resmi dan yang memang sudah ahli, agar bisa diperiksa secara detail dan lengkap, ya.

Update OS

Update OS
sammobile.com

Sebelum memastikan charger HP kamu rusak atau nggak terisi, cobalah untuk melihat bagian sistem operasi atau OS. Biasanya, handphone dengan sistem operasi lama memang perlu di-update secara berkala. Mengingat, OS bisa mempengaruhi sistem kinerja dan performa saat handphone melakukan pengisian daya ulang.

Jadi, sebelum panik dan berpikir buruk tentang masalah charger HP, kamu perlu memastikan OS handphone sudah ter-update ke yang paling baru, ya.

Memeriksa Baterai Handphone

Memeriksa Baterai Handphone
gadgets360.com

Berikutnya, cara untuk memperbaiki charger HP yang nggak bisa terisi adalah dengan memeriksa kondisi baterai handphone. Umumnya, baterai handphone yang sudah lama digunakan atau lebih dari satu tahun membuat kualitasnya jadi lebih menurun. Apalagi, mengingat handphone termasuk barang teknologi yang sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Maka dari itu, sebaiknya kamu memeriksa baterai handphone, jika memang mengalami masalah. Kamu bisa mengganti baterai handphone ke yang baru dan original. Pastikan juga kamu mengikuti petunjuk yang sesuai dan ketentuan dari pabrik handphone tersebut. Selain itu, cek juga kondisi baterai apakah sudah kembung atau bocor.

Biasanya, untuk baterai handphone yang bisa dilepas-pasang dan sudah dalam kondisi kembung, memang harus diganti ke yang baru. Tapi, kalau baterai handphone dengan jenis tanam atau yang menyatu dengan bodi perangkat, kamu perlu membawanya ke tempat service resmi dan meminta perbaikan, ya.

Memeriksa Adaptor

Memeriksa Adaptor
techcastle.com

Selain itu, cara untuk memperbaiki charger HP yang nggak terisi bisa dengan memeriksa bagian adaptor. Memang pemakaian yang salah bisa aja membuat arus dan power adaptor bekerja kurang maksimal sehingga menyebabkan baterai handphone nggak berhasil terisi. Di samping itu, usia adaptor biasanya lebih awet daripada kabel USB, loh.

Tapi, kalau usia adaptor kamu sudah tua, hal itu bisa membuat daya hantarnya jadi menurun. Maka dari itu, ada baiknya kamu mengecek bagian adaptor atau bisa menggunakan adaptor lain, jika proses pengisian daya berhasil. Sudah bisa dipastikan adaptor charger kamu lah yang bermasalah. Beruntungnya, cara ini pun bisa kamu lakukan di rumah, ya.

Nah, itu dia cara dan tips memperbaiki charger HP yang tidak mengisi. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu untuk mencegah charger HP mengalami kerusakan dan kamu juga bisa memperbaikinya tanpa harus panik, ya.


Baca juga: Rekomendasi Charger HP yang Bagus dan Awet, Lihat Yuk!

Bagi Blibli Friends yang tertarik untuk membeli handphone & tablet dengan harga terjangkau, bisa langsung mengunjungi toko online Blibli. Mengingat saat ini penggunaan gadget sudah semakin sering, maka kamu perlu mencari produk yang berkualitas seperti yang ada di Blibli. Tunggu apalagi? Ayo, gunakan produk gadget yang mendukung mobilitas kamu.