me

Rekomendasi Charger HP yang Bagus dan Awet, Lihat Yuk!

Jul 11, 2023.By Jarvis
Bagikan

androidauthority.com

Berikut tips memilih charger hp yang bagus dan awet sekaligus rekomendasinya buatmu.

Cicilan 0% Gadget

Charger HP yang bagus dan awet merupakan salah satu aksesori HP yang terpenting. Sebab, Blibli Friends memerlukannya buat mengisi ulang daya baterai HP. Terus, kamu pun pasti membawa charger tersebut ke mana-mana. Jadi, charger HP harus bagus kualitasnya dan juga awet.

Nah, simak tips memilih charger HP yang terbaik serta rekomendasi produknya berikut ini.

Baca juga: Cara Menggunakan Wireless Charger dan Rekomendasinya!


Kriteria Charger HP yang Bagus dan Awet

Kriteria Charger HP yang Bagus dan Awet
nytimes.com

Charger yang bagus biasanya memiliki fungsi nggak cuma satu saja untuk nge-charge HP. Jadi, charger tersebut perlu bersifat fleksibel, khususnya menggunakan kabel USB yang bisa dilepas-pasang. Jadi, kabel USB-nya juga merupakan kabel charging yang sekaligus dapat memindahkan data dari HP ke PC dan sebaliknya.

Selain itu, yang nggak kalah penting adalah kecepatan charging yang dimiliki oleh charger HP tersebut. Pada charger HP, semakin besar output dan ampere voltase charger, maka proses charging-nya juga akan semakin besar. Setiap charger rata-rata punya output sebesar 0,5A.

Namun, ada juga charger yang punya output sampai 1A dan bahkan 2A. Sering juga pengguna menambah output atau ampere charger sendiri—bagi yang memang memahami cara teknisnya—dengan tujuan mendapat output lebih besar sesuai dengan ampere yang dibutuhkan charger.

Oh, iya, charger yang bagus biasanya juga dilengkapi dengan fitur fast charging. Jadi, charger tersebut bisa mengisi ulang daya baterai lebih cepat daripada biasanya. Charger dengan fitur fast charging ini, biasanya harus punya daya hantar listrik 15 Watt. Pengisian daya dengan 3 Ampere/5 Volt bisa menghantarkan daya sampai 15Watt.

Tips Memilih Charger HP yang Bagus

Meskipun telah mengerti kriteria charger HP yang bagus dan awet, kamu tetap perlu mengetahui tips buat memilihnya, seperti berikut.

Mengecek Frekuensi Charger

Mengecek Frekuensi Charger
digitaltrends.com

Pertama, kamu perlu mengecek frekuensi charger HP tersebut. Sebelum beli, kamu perlu mengecek dahulu frekuensi charger-nya. Semisal saat kamu mengeceknya, di charger tersebut ada tulisan input 100-240V~50/60Hz misalnya.

Maka, input ini berarti charger-nya dapat bekerja dengan arus listrik 100-240 Volt dan frekuensinya 50-60 Hertz. Omong-omong, frekuensi standar PLN yaitu 50-60 Hertz. Maka dari itu, charger tersebut bisa kamu pakai dengan aman.

Memastikan Bagian Output

Memastikan Bagian Output
nytimes.com

Selain frekuensi, dari charger tersebut, kamu juga perlu tahu daya output yang dihasilkan oleh charger-nya. Contohnya, kamu melihat tulisan output 5V-2000mAh, maka artinya, angka tersebut merupakan hasil dari input 220V.

Selain itu, selanjutnya periksa voltase alias tegangan baterai. Kalau misalnya, kamu melihat tulisan 3,7V-2600mAh, berarti kamu bisa pakai charger yang memiliki frekuensi seperti yang disebutkan tadi. Begitu pula dengan pengecekan ampere yang dibutuhkan fast charging jika HP dan charger-mu mendukung fitur tersebut.

Penting buat mencocokkan input sekaligus output daya ini buat menghindari tegangan berlebih saat kamu lagi nge-charge smartphone. Sebab, daya yang nggak cocok itu bisa bikin HP jadi cepat rusak.

Melihat Voltase Charger

Melihat Voltase Charger
engadget.com

Voltase atau tegangan yang dimiliki charger HP juga penting, kamu pun perlu menyesuaikannya. Ukuran voltase dari charger ini penting banget buat pengisian daya baterai HP. Ada sejumlah charger yang perlu waktu lama buat mengisi baterai karena si charger mengeluarkan voltase dan arus yang kecil banget.

Kalau di Indonesia, biasanya charger pakai standar PLN, yakni 220V. Sementara itu, buat output charger biasanya sering pakai standar 5V. Kamu dapat menyesuaikan charger biar sesuai sama kebutuhan arus HP kamu, jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Biasanya, kamu bisa melihat tegangan atau voltase ini tertera di adaptor charger.

Memilih Merek Berkualitas

Memilih Merek Berkualitas
actualidadiphone.com

Ketika kamu mau beli charger yang beda, bukan bawaan dari smartphone, kamu perlu memastikan bakal membeli produk yang berkualitas. Seperti yang telah diketahui, bahwa merek charger yang terkenal biasanya banyak dibikin produk palsunya, misalnya Samsung dan iPhone.

Maka, kamu bisa memilih merek yang aman yang berarti jarang dipalsukan, termasuk Robot, Vivan, Xiaomi, dan sebagainya. Merek-merek tersebut mungkin nggak seterkenal dua brand kenamaan tadi, tapi produknya jarang banget ada yang memalsukan.

Nah, kalau mencari barang berkualitas bagus biasanya memang sebanding dengan harga yang ditawarkan. Oleh karena itu, jika kamu ingin memperoleh barang yang bagus, kamu perlu mempersiapkan bujet lebih. Sebab, charger yang bagus umumnya tersedia dengan harga lebih mahal juga.

Rekomendasi Charger HP yang Bagus dan Awet

Redigo USB-C to USB-C Cable White PVC

redigo USB-C to USB-C Cable White PVC
blibli.com

Buat rekomendasi yang pertama yaitu ada charger redigo USB-C to C cable (PVC). Jadi, ini adalah kabel USB charger yang siap kamu gunakan untuk mengisi daya baterai kapan saja dan di mana saja. Kabel USB ini juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging buat mengisi daya dengan cepat.

Lebih tepatnya, ada fitur 60W fast charging di kabel USB ini. Kecepatan charging yang tinggi akan membuatmu lebih hemat waktu buat mengisi daya baterai sampai penuh. Di samping itu, dari segi desainnya, kabel USB ini juga memiliki ukuran panjang yang panjangnya pas banget.

Panjang kabelnya yaitu 1,2 meter sehingga bisa kamu ulur kabelnya, nggak akan terhalang oleh jarak HP dan stop kontak yang berjauhan. Kamu nggak akan ribet jika ada stop kontak yang berada cukup jauh dari tempatmu bisa memegang dan menggunakan HP.

Selain itu, kabel USB charger berwarna putih ini punya kualitas tinggi yang sekaligus tahan lama. Produknya kuat sehingga bakal awet kamu gunakan. Ditambah lagi, ada garansi 12 bulan yang berarti kamu bisa nikmati layanan servis gratis 1 tahun setelah pembelian kalau ada kerusakan charger.

Redigo Wireless Charger Duo 15W

redigo Wireless Charger Duo 15W
blibli.com

Apa kamu sedang mencari charger dengan fitur wireless charging? Nah, charger ini bisa menjadi pilihan kamu. Masih dari brand redigo yang mengusung tagline ready wherever you go”. Charger ini cocok banget buat kamu yang nggak mau ribet nge-charge pakai kabel.

Produk ini pun sudah melalui uji kelayakan dan dipastikan aman dengan Certified Safety. Nggak cuma itu, charger tanpa kabel ini juga sudah mendukung fitur fast charging. Jadi, kamu dapat mengisi daya baterai dengan lebih cepat melesat pakai charger ini, pastinya lebih hemat waktu.

Terus, desainnya juga modern minimalis dengan warna putih yang keren. Charger ini pun dibuat dengan rancangan desain anti-slip surface yang berarti permukaannya anti selip, nggak licin dan nyaman. Di samping itu, ada fitur lainnya yaitu 2-in-1 charging yang tentu menguntungkan.

Ini juga menjadi kelebihan mengetahui ampere charger dan baterai HP sehingga kamu bisa memastikan kalau charger-nya dapat dipakai mengisi daya dua smartphone dalam waktu bersamaan. Oh iya, charger ini juga sudah dilengkapi garansi 12 bulan.

Redigo Basic Type-C Charger 25W

redigo Basic Type-C Charger 25W
blibli.com

Charger berikutnya juga merupakan produk dari redigo. Produk kali ini adalah charger basic type-C 25W yang memiliki model standar seperti pada umumnya. Lebih tepatnya, ini adalah produk kepala charger dengan warna putih dan cocok dengan kabel USB type-C.

Nah, charger ini pun sudah mendukung fast charging atau pengisian daya cepat buat menghemat waktu kamu untuk nge-charge. Selain itu, ada dual output pada charger ini. Jadi, kamu bisa pakai charger-nya buat ngecas dengan kabel USB type-C dan USB type-A. Praktis, bukan.

Selain itu, charger ini punya desain standar yang berbentuk kotak dengan setiap ujungnya tumpul nggak lancip. Desain charger ini compact dan sleek. Jadi, kalau kamu lihat, desainnya itu kompak yang artinya berukuran kecil dan pas, sehingga nyaman untuk dibawa ke mana-mana.

Di samping itu, charger ini juga sleek yang berarti si charger elegan serta modern, terus mudah untuk dimasukkan ke dalam saku kantong atau tas. Nggak lupa, charger ini dipastikan aman dengan Certified Safety. Terus, juga ada garansi 12 bulan jika terjadi kendala pada charger kamu tersebut.

Redigo Dual-Port Travel Charger 45W

redigo Dual-Port Travel Charger 45W
blibli.com

Kalau kamu perlu charger yang memang desainnya benar-benar slim buat dibawa bepergian, ada redigo Dual-Port Travel Charger 45W. Charger ini memiliki rancangan desain yang sangat kompak, sehingga terlihat sleek dan minimalis. Produknya berupa kepala charger untuk traveling.

Jadi, kamu bisa membawa charger ini ke mana pun kamu pergi. Charger redigo ini mendukung isi daya cepat dengan fitur Fast Charging. Selain itu, buat keluaran dayanya, charger ini bisa untuk dual output, dengan melalui kabel USB type-C dan USB type-A.

Kamu juga nggak perlu khawatir, karena charger ini sudah punya Multiple Protection yang memastikannya aman buat digunakan. Keamanannya juga didukung oleh Certified Safety dan disertai garansi 12 bulan atau masa berlaku garansinya adalah 1 tahun.

Charger ini ideal buat kamu yang ingin pergi jalan-jalan khususnya bepergian traveling ke destinasi yang jauh dari rumah atau kamu perginya dalam waktu yang lebih lama. Nah, membawa charger ini bakal membantu apalagi kalau kamu menggunakan dua smartphone sekaligus.

Redigo Dual-Port Travel Charger 25W

redigo Dual-Port Travel Charger 25W
blibli.com

Nah, charger yang ini pada dasarnya nggak berbeda jauh dari produk sebelumnya, bahkan memang serupa tak nggak sama juga. Kalau yang ini serinya yaitu Dual-Port Travel Charger 25W. Jadi, perbedaannya ada ada daya charger-nya. Kalau yang tadi 45W, maka yang ini 25W.

Artinya, charger ini bisa menghantarkan daya listrik sebesar 25W yang berarti lebih kecil daripada charger sebelumnya. Kamu tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhanmu, apakah kamu perlu charger dengan daya besar atau sedang-sedang saja untuk dibawa bepergian.

Sebab, produk ini merupakan travel charger yang memang didesain untuk dibawa traveling. Charger ini mendukung pengisian daya cepat dengan menggunakan teknologi fast charging, jadi sudah pasti kamu bisa nge-charge dengan lebih hemat waktu. Selain itu, charger-nya terjamin dengan Certified Safety.

Jadi, charger ini pasti aman digunakan. Terus, ada dua output pada charger ini, kamu bisa menancapkan USB type-C dan USB type-A buat mengisi daya dari charger traveling ini. Di samping itu, ada layanan garansi 12 bulan jika charger-mu mengalami kendala dari pabrikannya.

Fast Charger Kabel USB Micro JETE C82

Fast Charger Kabel USB Micro JETE C82
blibli.com

Tadi, kita sudah baca kalau charger HP yang bagus berapa ampere, itu biasanya rata-rata charger mengeluarkan 0,5A dan ada yang 1A sampai 2A. Nah, charger JETE ini memiliki output 2,4A.

Jadi, tanpa kamu tambah sendiri ampere-nya, charger ini sudah menyediakan output yang cukup, nih. Adaptor charger ini juga sudah dilengkapi dengan lampu indikator LED, yang menyala biru warnanya.

Terus, mengisi daya terasa makin cepat dengan output 2,4A didukung fitur fast charging. Di samping itu, ada dua output USB yang memudahkanmu mengisi daya baterai pada dua perangkat sekaligus.

Baik kamu pakai smartphone dengan basis Android maupun iOS, semuanya bisa kamu charge pakai charger ini. Kamu nggak perlu bingung lagi deh. Charger ini juga sudah sepaket dengan kabel USB.

Wireless Charger Remax RP-W12 Dudukan HP

Wireless Charger Remax RP-W12 Dudukan HP
blibli.com

Kalau charger yang ini cocok buat kamu yang mencari perangkat multifungsi. Jadi, charger ini sekaligus berfungsi sebagai holder smartphone dan bisa mengisi daya HP tanpa kabel.

Bahannya terbuat dari aluminium alloy yang kuat dan kokoh, membuat phone stand ini bisa menahan smartphone kamu, baik dalam posisi tegak berdiri maupun miring berbaring.

Di samping itu, kakinya anti slip sehingga nggak mudah geser di atas meja, dan ada indikator LED-nya buat memberi notifikasi saat phone stand tersambung ke sumber daya atau lagi nge-charge baterai.

Charger wireless ini juga didesain double coil yang membuat proses charging mengisi daya baterai menjadi stabil dan cepat. Terus, untuk output power yang dihasilkannya yaitu maksimum 10Watt.

Kepala Charger USB Stonic 2A Universal

Kepala Charger USB Stonic 2A Universal
blibli.com

Ada kalanya kamu perlu pakai charger yang bisa untuk HP apa saja kan. Nah, produk yang ini berupa charger universal yang hadir dalam bentuk kepala charger. Ini USB fast charger buat mengisi daya cepat.

Charger ini simpel banget, maka dari itu cocok buat jadi cadangan saat kamu lagi bepergian. Charger-nya stabil banget dan nggak bikin smartphone rusak.

Desainnya pun berbentuk elegan dan minimalis. Sementara itu, buat output, terdapat 1 port USB yang cocok buat semua gadget kamu. Kalau daya inputnya 100V-240V / 50-60Hz.

Sementara iru, daya output-nya 5.0V = 2.1A. Nah, charger ini sekali lagi memang cocok untuk kamu bawa traveling, ukurannya minimalis, mudah dimasukkan ke dalam kantong dan tas serta dibawa-bawa.

Charger HP Android Oraimo OCW-E36 USB

Charger HP Android Oraimo OCW-E36 USB
blibli.com

Satu lagi rekomendasi charger yang punya fitur fast charging dengan dilengkapi kabel microUSB. Kelebihannya yaitu dapat mengisi daya baterai dengan cepat, efisien, serta maksimal.

Di samping itu, pengisian daya aman karena adanya smart chip yang tersemat di dalam charger. Charger-nya otomatis cocok dengan arus yang sesuai dengan kebutuhan handphone & tablet kamu.

Selain itu, charger ini dapat melindungi perangkat dari arus dan tegangan yang berlebih, hubungan arus pendek, dan risiko kerusakan. Di samping itu, juga terdapat perlindungan ganda secara internal terhadap hubungan arus pendek.

Sedangkan, desainnya simpel elegan dengan warna hitam yang nggak mencolok. Di samping itu, tersedia garansi 365 hari atau 1 tahun buat produk charger ini untuk layanan aftersales.


Baca juga: Cara Charger HP yang Benar Tanpa Resiko Baterai Kembung dan Bocor

Demikian rekomendasi charger HP yang bagus dan awet. Kamu juga sudah menyimak tips untuk memilih merek charger yang sesuai dengan kebutuhanmu. Salah satunya ada produk charger dari redigo yang lengkap pilihannya dan memiliki berbagai macam spesifikasi. Nah, jika kamu mencari charger HP, langsung saja ke Blibli! Produknya lengkap, banyak diskon, dan selalu ada promo seru.