me

Cara Charger HP yang Benar Tanpa Resiko Baterai Kembung dan Bocor

Jul 11, 2023.By
Bagikan

xiaomiui.net

Ketahui tips dan cara charger HP yang benar di bawah ini!

Cicilan 0% Gadget

Cara Charger HP yang Benar — Kini, teknologi sudah bisa didapatkan dengan mudah oleh siapa aja, namun belum tentu semua orang bisa menggunakan serta merawatnya dengan benar. Sama seperti menggunakan charger HP yang benar tanpa harus mengalami resiko baterai kembung dan bocor. Bahkan, ada banyak kasus HP meledak yang dapat kita temukan dan hal itu disebabkan oleh baterai terlalu panas atau overheat.

Salah satu penyebab baterai HP bisa panas karena mengisi daya perangkat dengan nggak benar. Maka dari itu, kamu nggak boleh sembarangan mengisi ulang daya HP kamu, apalagi menggunakannya secara sekaligus. Bisa saja, kebiasan tersebut menimbulkan dampak buruk, seperti nggak cocoknya antara watt atau ampere yang dipakai pada adapter charger kamu.

Setelah mengetahui dampak buruk jika kamu menggunakan charger HP dengan cara yang nggak benar, sebaiknya kamu mulai mengubah kebiasan buruk tersebut, ya. Mengingat, saat ini, sudah banyak fitur dan teknologi yang disematkan pada gadget maupun charger, kamu juga perlu memahami cara penggunaan kedua barang tersebut dengan benar, loh. Adapun cara men-charger HP yang benar bisa kamu simak sebagai berikut ini, ya.

Baca juga:


Menggunakan Charger Asli

Menggunakan Charger Asli
techspot.com

Cara pertama men-charger HP yang benar adalah dengan menggunakan charger yang asli atau bawaan dari awal beli. Cara ini memang sering dianggap remeh oleh pengguna smartphone karena fungsinya yang masih sama-sama untuk mengisi daya baterai. Selain itu, penggunaan charger yang berbeda merek dengan handphone kamu juga sering terjadi karena meminjam milik orang lain.

Sebenarnya, kinerja charger USB yang kamu gunakan dengan charger yang asli berbeda, loh. Apalagi, tentang arus ampere, sebab ada juga jenis charger yang memiliki arus 1A dan ada yang 2A. Tentu aja, saat digunakan untuk mengisi daya handphone kamu, proses pengecasan jadi berbeda, khususnya bagi perangkat yang mengizinkan arus 2A.

Maka dari itu, jika kamu sedang dalam kondisi darurat seperti lupa membawa charger HP dan ingin meminjamnya ke seseorang dengan merek handphone yang berbeda, kamu perlu memperhatikan kualitas charger tersebut, ya. Misalnya, cek voltase dan ampere yang ada di bagian adapter atau kepala charger.

Nggak Sampai 100 Persen

Nggak Sampai 100 Persen
mashable.com

Cara yang satu ini tidak banyak diketahui oleh para pengguna handphone, yaitu nggak mengisi daya baterai hingga penuh atau sampai 100 persen. Penting untuk diketahui, kebiasaan mengisi baterai hingga penuh tersebut perlu kamu hindari, ya. Lalu, berapa persen seharusnya HP harus dicas? Idealnya, melakukan pengecasan bisa sekitar 80 persen aja, ya. Melakukan pengecasan sampai 100 persen bisa membuat usia baterai kamu melemah.

Selain itu, ada juga kebiasaan buruk yang membuat baterai HP mudah rusak, yakni dengan sering melakukan cabut-pasang ketika perangkat sedang diisi hingga 80 – 90 persen. Jadi, ayo perbaiki kebiasaan melakukan cabut-pasang ketika HP sedang di-charge.

Bukan cuma itu, ada juga penjelasan lain mengenai cara yang satu ini. Saat daya baterai kamu hampir habis atau mendekat kosong, baterai jenis isi ulang atau Li-ion bakal menarik arus secara konstan dan berjalan saat tegangan lebih rendah. Nantinya, tegangan tersebut secara perlahan terus meningkat mengikuti pengisian daya, kemudian menambah daya di tingkat 70 persen atau hingga 100 persen.

Nggak Membiarkan Baterai hingga Habis

Nggak Membiarkan Baterai hingga Habis
businessinsider.com

Sesudah menghindari kebiasan mengisi baterai sampai 100 persen, kamu juga perlu mengetahui cara yang satu ini, yakni nggak membiarkan baterai handphone sampai benar-benar habis, ya. Jadi, berapa tepatnya persen baterai HP boleh dicabut itu sekitar 80 hingga 90 persen.

Sementara itu, waktu yang tepat untuk men-charger handphone kamu yang benar adalah saat daya baterai masih sekitar 30 hingga 40 persen, ya. Jangan biarkan baterai handphone kamu sampai 0 persen, sebab hal itu bakal membuat usia baterai jadi berkurang dan nggak sehat.

Nggak Memainkan Handphone ketika di Charge

Nggak Memainkan Handphone ketika di Charge
techwithtech.com

Ada juga cara lain yang perlu kamu ketahui saat melakukan charger handphone, salah satunya adalah nggak bermain HP saat dicas. Hal ini termasuk kebiasaan yang berbahaya dan handphone jadi cepat rusak, loh. Sebab, membuat handphone menjadi lebih mudah panas dari kondisi biasanya.

Maka dari itu, usahakan untuk mematikan handphone saat sedang charger. Dengan begitu, akan lebih menstabilkan daya baterainya dan juga lebih aman dibandingkan handphone dalam keadaan menyala.

Menurunkan Kontras Layar Handphone

Menurunkan Kontras Layar Handphone
samsung.com

Cara charger handphone yang benar berikutnya adalah dengan menurunkan kontras layar perangkat kamu. Apabila memang sedang terdesak atau nggak ingin mematikan handphone, kamu bisa menurunkan bagian kecerahan atau kontras layar handphone.

Mengingat kontras layar termasuk faktor lain yang membuat daya baterai handphone lebih mudah habis, loh. Oleh karena itu, biar proses pengecasan berjalan dengan baik dan daya baterai lebih tahan lama, ada baiknya kamu menurunkan kontras layar handphone sampai ke bagian terendah, ya.

Nggak Terlalu Sering Menggunakan Power Bank

Nggak Terlalu Sering Menggunakan Power Bank
androidauthority.com

Power bank merupakan perangkat yang berfungsi untuk membantu pengisian daya gadget kamu, termasuk handphone, tablet, dan perangkat lainnya, yang sedang berada di luar atau jauh dari sumber arus listrik. Memang penggunaan power bank ini sulit untuk dihindari, khususnya bagi kamu yang memiliki mobilitas di luar ruangan. Mau nggak mau kamu jadi terpaksa menggunakannya, nih.

Bisa dikatakan power bank menjadi penyelamat saat baterai hampir kosong. Meski demikian, sebenarnya penggunaan alat pengisi daya handphone ini, memiliki dampak buruk jika terlalu sering, loh. Melakukan pengecasan handphone dengan menggunakan power bank bisa membuat usia baterai pada perangkat jadi berkurang.

Bahkan, kebiasaan ini bisa membuat baterai handphone jadi mudah drop, terutama kalau kamu menggunakan power bank yang nggak original atau abal-abal. Jadi, ada baiknya kamu menggunakan power bank saat kondisi darurat dan nggak terlalu sering, ya.

Melepas Casing Handphone

Melepas Casing Handphone
totalleecase.com

Penggunaan casing handphone bukan cuma sebagai aksesoris aja, namun juga untuk melindungi perangkat dari benturan, gesekan, hingga goresan yang nggak sengaja. Maka dari itu, kebanyakan dari pengguna handphone mewajibkan pemakaian casing biar tampilan bodi perangkat kamu tetap terjaga.

Tapi, ternyata penggunaan casing handphone saat dicas nggak disarankan, loh. Ada baiknya kamu melepas casing handphone ketika sedang di-charger, sebab ada beberapa tipe handphone yang memang nggak disarankan untuk di cas sambil menggunakan casing atau pelindung, seperti iPhone.

Selain itu, penggunaan casing handphone saat pengecasan juga membuat perangkat lebih mudah panas karena terhambatnya pembuangan hawa panas.

Nggak Ditinggal Semalaman

Nggak Ditinggal Semalaman
howtogeek.com

Kini, handphone keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi yang memutuskan arus otomatis saat daya baterai sudah penuh. Jadi, dengan kelengkapan ini, kamu nggak perlu lagi khawatir meninggalkan handphone sambil di-charge selama semalaman atau ditinggal tidur.

Perlu kamu ketahui, meninggalkan handphone semalaman atau tidur sambil dicas memang nggak disarankan karena pengisian daya baterai yang terlalu lama bakal membuat munculnya lapisan lithium metalik. Tentu aja, hal itu bisa mengganggu kesehatan baterai kamu dan menyebabkan sistem malfungsi serta reboot, loh.

Selain itu, ada beberapa alasan lagi kenapa cara ini sangat diperhatikan. Pertama, meninggalkan handphone dicas terlalu lama memang membuat daya baterai menjadi 100 persen. Kedua, meninggalkan handphone sambil dicas selama semalaman juga membuat perangkat mengalami panas berlebih sehingga pemborosan daya terbuang sesudah baterai terisi penuh.

Mengecas di Pagi Hari

Mengecas di Pagi Hari
coolblue.nl

Bukan cuma ditinggal semalaman, ternyata banyak pengguna handphone yang mengisi daya baterai saat di malam hari, loh. Kebiasaan tersebut memang bisa membuat baterai handphone menjadi terisi penuh saat bangun tidur nanti. Tapi, ternyata hal itu membuat baterai kamu bermasalah dan nggak tahan lama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari pengisian daya baterai saat di malam hari, terutama meninggalkannya semalaman. Kamu juga harus tahu kalau ngecas handphone di pagi hari sebelum berangkat kerja atau beraktivitas lebih baik dibandingkan saat malam hari, loh.

Nggak Mengecas Handphone Lewat Port USB PC atau Laptop

Nggak Mencharger Handphone Lewat Port USB PC atau Laptop
helpdeskgeek.com

Cara charger HP yang benar selanjutnya yang bisa kamu tiru, yaitu menghindari pengecasan HP lewat port USB PC atau laptop. Ada baiknya, kamu mengecas HP langsung dari sumber listrik atau disambungkan ke stop kontak. Memang mengecas HP lewat port USB PC atau laptop bisa aja, asalkan kamu nggak melakukannya terlalu sering dan hanya saat keadaan darurat.

Perlu diingat, mengisi daya baterai handphone melalui port USB PC atau laptop lebih lama, sebab arus yang masuk biasanya cuma 0.5 A. Sementara itu, kalau kamu mengecas handphone secara langsung dari sumber listriknya, bisa mencapai di angka 1.0 A atau 2.0 A, ya.

Maka dari itu, cara paling tepat untuk mengecas HP dengan benar adalah mencolokkan langsung adapter charger kamu ke arus listrik. Hindari juga menggunakan pengisian daya baterai HP lewat port USB PC atau laptop.

Menggunakan Baterai Handphone Original

Menggunakan Baterai Handphone Original
knowyourmobile.com

Cara terakhir untuk charger HP yang benar adalah dengan menggunakan baterai handphone yang original. Memang cara ini kebanyakan dilakukan oleh handphone keluaran zaman dulu, yaitu baterai bisa dilepas dan dipasang kembali.

Untuk kamu yang pernah mengalami baterai handphone hingga drop, memang ada baiknya untuk memilih dan menggunakan baterai perangkat yang original. Mengingat, penggunaan baterai yang bukan original bisa berdampak buruk pada handphone kamu, loh. Selain itu, bisa saja, saat proses pengisian, daya baterai HP bakal terasa penuh lebih lama dibandingkan sebelumnya.

Nah, itu dia cara charger HP yang benar dan beberapa tipsnya agar kamu bisa merawat kesehatan baterai tetap tahan lama serta awet. Semoga informasi diatas dapat membantu kamu mengatasi masalah baterai handphone yang boros dan kembung, ya.


Baca juga:

Bagi kamu yang ingin mencari handphone & tablet berkualitas serta baterai yang berkualitas, bisa langsung menemukannya di toko online Blibli. Dapatkan produk charger Hp dari redigo dan produk gadget lainnya yang memiliki kapasitas baterai lebih baik, sehingga membantu aktivitas sehari-hari kamu selama di luar ruangan. Yuk, mulai gunakan gadget yang canggih dan berfitur menarik, ya!

Tag: