me

Cara Meminta Maaf Saat Lebaran, Apa Saja Itu?

Apr 18, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

indozone.id

Lebaran memang identik dengan proses maaf-maafan mengingat maksudnya memang kembali ke fitri yang artinya kesucian. Namun ada beberapa orang yang masih bingung bagaimana cara meminta maaf saat lebaran. Ternyata cara ini juga dibedakan berdasarkan usia orang yang kita ajak maaf-maafan dan juga prosesi sesuai adatnya. 

Baca juga: Ucapan Sungkem Lebaran Bahasa Jawa Alus, Santun dan Lembut!


Cara Meminta Maaf Kepada Orang Tua Saat Lebaran

Gratis Foto stok gratis agama, dalam ruangan, istri Foto Stok
pexels.com

Biasanya sebelum meminta maaf ke tetangga atau teman kita memang harus minta maf dulu ke keluarga, yang utama adalah pada orang tua. Mereka adalah orang yang berjasa dalam hadir dan hidupnya kita sehingga pasti banyak kesalahan yang sengaja maupun nggak sengaja. Adapun cara meminta maaf kepada orang tua saat lebaran bisa dilihat sebagai berikut!

1. Mulailah dengan Bersimpuh 

Orang tua adalah orang yang wajib kita hormati sehingga ketika meminta maaf lebih baik diawali dengan bersimpung di kakinya atau sekedar menundukkan badan untuk kesopanan.

2. Bicaralah dengan Lembut 

Setelah itu, cobalah untuk bicara dan mengutarakan semua permintaan maafmu dengan nada yang lembut begitu juga dengan suaranya. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kamu memang menghargainya. 

3. Dengarkan Semua Nasihat Orang Tua

Ketika kita meminta maaf nggak jarang orang tua bakalan langsung memberikan nasihat yang penting untuk hidup kita. Meskipun terkadang memang panjang namun kita harus tetap mendengarkannya dengan sopan. 

4. Jangan Memotong atau Membantah

Ketika proses maaf-maafan kamu memang harus mendengar orang tua berbicara sampai selesai tanpa memotong atau membantahnya. Hal ini bakalan membuat mereka lebih nyaman dalam berkomunikasi denganmu dibandingkan dengan memotong kalimatnya di tengah-tengah. 

5. Akui dan Sesali Kesalahanmu

Langkah kelimanya adalah minta maaflah dengan tulus, akui semua kesalahan yang memang kamu lakukan dan tunjukkan rasa menyesal telah melakukannya. Rasa sesal yang mendalam bakalan membuatmu lebih serius untuk meminta maaf.

6. Janji Nggak Akan Mengulangi

Langkah berikutnya adalah kamu harus membuat janji atau komitmen untuk nggak mengulangi kesalahan tersebut. Hal ini bakalan membuat perasaan orang tuamu menjadi lebih tenang. 

7. Jangan Limpahkan Kesalahan ke Orang Tua

Terkadang ketika minta maaf kita masih ingin membela diri dan justru melimpahkan kesalahan ke orang tua. Padahal hal ini jelas saja nggak sopan dan justru menyakiti orang tua sehingga harus dihindari. 

Cara Meminta Maaf Saat Lebaran

pexels.com

Setelah meminta maaf ke orang tua, barulah kamu bisa meminta maaf ke anggota keluarga lain, teman atau bahkan tetangga. Namun kamu harus tahu kalau cara meminta maaf saat lebaran ini juga nggak boleh sembarangan. Ada beberapa cara yang perlu kamu pahami biar nggak sampai salah langkah seperti yang bisa dilihat sebagai berikut:

1. Lakukan dengan Serius

Terkadang ketika kita bertemu dengan orang yang dikenal dan ingin minta maaf bakalan buyar konsentrasinya karena ketawa atau candaan lain. Namun dikarenakan momen lebaran minta maaf ini memang penting sehingga kita harus lebih tegas dan bersikap serius. Sehingga prosesi minta maaf yang dilakukan memang benar-benar terjadi dalam hati. 

Meminta maaf dengan serius bakalan membuat kita mendapatkan maaf dari orang yang kita mintakan maaf. Keseriusan dalam diri bakalan meluruhkan hati yang keras sehingga kesalahan dua pihak bisa segera terhapuskan. 

2. Akui Semua Kesalahan

Kebanyakan orang masih merasa gengsi untuk mengakui kesalahan sehingga mereka hanya ngasal untuk melakukan minta maaf. Hal ini jelas salah karena kamu harus mengakui semua kesalahanmu ke orang yang kamu mintakan maaf. Dengan begitu mereka bisa mempertimbangkan untuk memaafkanmu atau nggak. 

Dengan mengakui semua kesalahan bakalan membuat hatimu menjadi lebih tenang dibandingkan dengan hanya menjabat tangannya saja. 

3. Ucapkan Permintaan Maaf dengan Rendah Hati

Ketika meminta maaf kamu sama sekali nggak boleh sombong atau merasa paling baik dibandingkan lainnya. Sehingga ketika mengucapkan permintaan maaf kamu harus dengan rendah hati yang tulus. Permintaan maaf yang diucapkan dengan rendah hati bakalan lebih mudah diterima dibandingkan dengan yang nggak.

4. Buat Ucapan Versimu Sendiri

Kebanyakan orang ingin terlihat estetik dalam berbahasa namun jika hanya langsung menyalin kalimat permintaan maaf ternyata bakalan kurang masuk ke hati. Kamu boleh kok untuk mencari referensi permintaan maaf namun jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan gaya bahasamu biar nggak aneh kedengarannya. 

5. Minta Maaf Tanpa Pembelaan

Dalam meminta maaf kamu sama sekali nggak boleh memutar balikkan fakta atau menyalahkan orang lain atas kesalahanmu. Di sini kamu hanya diperbolehkan murni untuk minta maaf tanpa ada pembelaan sama sekali. Dengan begitu orang yang kamu mintakan maaf bakalan lebih mudah menerimanya. 

6. Iringi Permintaan Maaf dengan Perubahan

Kata maaf yang tanpa diimbangi dengan perubahan sikap tentu saja namnya bohong. Seberapa banyaknya meminta maaf tanpa adanya perubahan bakalan membuat orang yang kamu mintakan maaf menjadi lelah untuk menerima dan memaafkan. 

7. Jangan Memikirkan Menang atau Kalah

Terkadang untuk meminta maaf ke musuh terbesar kita bakalan ada rasa selalu ingin menang. Namun jika memang ikhlas ingin maaf-maafan maka lebih baik kamu nggak perlu memikirkan untuk menang atau kalah. Minta maaf juga bukan sebuah perlombaan yang ketika menang bisa kita banggakan. 

Cara Meminta Maaf Saat Lebaran Bahasa Jawa

pexels.com

Blibli tahu nggak sih acara minta maaf lebaran ini juga ada yang menggunakan prosesi jawa. Sesuai dengan namanya maka bahasa yang digunakan juga menggunakan Bahasa Jawa. Biar nggak penasaran cek dulu cara meminta maaf saat lebaran bahasa jawa di bawah ini!

1. Biasanya diawali dengan sungkeman

Orang jawa sangat menjunjung tinggi nilai kesopanan sehingga permintaan maaf bakalan dimulai dengan sungkeman dari anak ke orang tua. 

2. Meminta maaf dengan bahasa yang halus

Di sini kamu perlu meminta maaf dengan bahasa jawa halus (jawa halus) untuk mengatakan semua kesalahan dan meminta maaf pada orang yang lebih tua darimu. Beberapa kalimat yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

“Muga-muga panglipur, kamakmuran, lan kawulane marakake kulawarga sampeyan ing liburan iki.” (Semoga keberkahan, kemakmuran dan kesejahteraan keluargamu menyertai di hari lebaran ini).

“Sadurunge srengenge wiwit singlup maneh, aku bakal ngucapake minal aidzin wal faidzin saka njero atiku.” (Sebelum matahari tenggelam aku ingin mengucapkan minal aidzin wal faidzin dari dalam hatiku).

“Ayo resik ati, jiwa, lan ngilangi dosa saka awak lan pikiran.” (Mari bersihkan hati, jiwa dan hilangkan dosa dari badan dan pikiran kita).

“Ana kesalahan sing nyata, diucapake lan rampung. Ing dina suci iki, mugi sampun kaapunten.” (Ada kesalahan yang tersirat, terucapkan dan terlalukan. Di hari yang suci ini semoga bisa mendapatkan ampunan).


Baca juga: 15+ Kumpulan Pantun Tentang Lebaran untuk Teman, Keluarga, dan Rekan

Blibli Friends perlu banget meminta maaf sesuai aturan yang ada. Untuk melengkapi kebutuhan lebaranmu jangan lupa cek koleksi produk di Blibli Hasanah. Ada banyak produk halal dengan harga terbaik hanya untukmu. 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya