me

Cara Memilih Stroller untuk Bayi yang Tepat

Sep 30, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Stroller atau disebut juga sebagai kereta dorong bayi adalah alat yang pasti kamu butuhkan ketika ingin mengajak bayi berjalan-jalan. Selain memperhatikan faktor kepraktisannya, pemilihan stroller untuk bayi ini juga sepatutnya memiliki keamanan tinggi supaya nggak membahayakan sang buah hati. Nah, sebelum memutuskan membelinya, yuk simak cara memilih stroller untuk bayi berikut ini.

Baca juga: Produk-Produk Bermanfaat Spesial Untuk Hari Ibu 


Cara Memilih Stroller untuk Bayi

Stroller bayi sangat difavoritkan orang tua karena kamu nggak perlu capek lagi menggendong anak terus-menerus selama jalan-jalan. Cara memilih stroller untuk bayi nggak hanya dilihat dari faktor harganya saja, tetapi ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut.

1. Kepraktisan Rem

Cara memilih stroller untuk bayi pertama yang perlu diperhatikan adalah pengeremannya. Biasanya stroller bayi ini memiliki dua jenis rem, yakni rem yang sekaligus bisa mengunci dua roda atau satu roda saja.

Kamu bisa memilihnya mana yang menurutmu paling mudah digunakan. Pastikan pula rem stroller ini sudah dilengkapi rem cakram yang kuat menahan beban supaya nggak tergelincir saat jalan menurun.

2. Memiliki Fitur Kenyamanan Memadai

Berikutnya, kamu juga harus memastikan stroller yang dipilih memiliki fitur kenyamanan yang memadai. Salah satunya, kamu bisa memilih stroller yang dilengkapi dengan tudung untuk menghalangi wajah bayi terkena pancaran matahari atau percikan air hujan.

Stroller yang bagus juga dilengkapi dengan tempat menaruh kaki yang nggak terpisah antara bagian kanan dan kirinya.

3. Sabuk Pengaman yang Kuat

Stroller untuk bayi yang bagus tentunya dilengkapi dengan sabuk pengaman yang kuat. Model sabuk pengaman ini biasanya meliputi area pinggang, bahu, dan bagian diantara kedua paha.

Bahkan, ada beberapa stroller yang menerapkan lima sabuk pengaman sekaligus. Pastikan pula ukuran sabuknya ini pas dengan bobot si bayi agar lebih nyaman dipakai.

4. Batas Berat Badan yang Sesuai

Menggunakan stroller yang melebihi batas berat badan si bayi tentu akan membahayakan keselamatannya. Pasalnya, stroller ini dikhawatirkan akan kurang nyaman dan nggak stabil. Stroller ini idealnya hanya bisa dipakai untuk satu anak saja, sehingga buat yang memiliki anak kembar wajib gunakan dua stroller.

5. Pegangan yang Nyaman

Pegangan stroller sewajarnya memiliki tinggi yang sejajar dengan pinggang atau sedikit lebih rendah. Tapi, supaya lebih nyaman, ada baiknya kamu memilih stroller dengan pegangan yang bisa diatur sendiri. Selain itu, perhatikan pula aksesoris lainnya, seperti kanopi, meja untuk makan dan minum, alas car seat, dan keranjang di bawah kursi.

6. Bahan yang Kokoh

Nah, saat membeli stroller jangan sampai kamu tergiur dengan harga murah tanpa memperhatikan kualitas produknya. Umumnya, stroller yang bagus untuk bayi itu memiliki rangka yang kokoh dengan engselnya yang bisa mengunci rapat. Sehingga, bayi nggak akan beresiko terjepit atau terlilit saat aktif bergerak di dalamnya.

7. Dapat Dicuci

Bayi memang sangat rawan terjangkit kuman dan bakteri, sehingga kamu harus memperhatikan kebersihan setiap benda yang digunakannya, nggak terkecuali stroller ini. Maka dari itu, pilihlah stroller yang bahannya bisa dibongkar pasang untuk dicuci. Dengan begitu, stroller juga akan bersih dari bercak ompol dan tumpahan makanan.

8. Sandaran Kursi Bisa Disesuaikan

Nggak hanya berfungsi untuk meningkatkan kenyamanannya saja, tetapi sandaran kursi yang bisa disesuaikan ini berpengaruh pada perkembangan sang buah hati lho.

Sebab, bayi yang baru lahir tentu membutuhkan sandaran yang bisa menopang kepalanya. Sementara bayi yang berusia 6 bulan ke atas akan lebih nyaman menggunakan sandaran yang agak ditegakkan.


Rekomendasi Stroller untuk Bayi

Setelah mengetahui cara memilih stroller untuk bayi di atas, pastinya kamu udah nggak bingung lagi kan untuk memilih mana yang terbaik. Biar semakin yakin lagi, berikut ada beberapa pilihan stroller untuk bayi yang cocok kamu beli.

1. Joie Coal Stroller

Nah, buat Blibli Friends yang sedang mencari stroller untuk meredam guncangan dengan sempurna, maka pilihannya adalah Joie Coal Stroller.

Produk yang berasal dari Inggris ini hadir dengan bantal kepala yang empuk untuk mengurangi getaran saat berada di jalanan. Kursinya pun sudah berstandar British Standards Institution yang sangat nyaman dipakai bayi untuk duduk.

Nggak hanya itu, stroller ini dilengkapi pula dengan tudung jendela untuk melindunginya dari terik matahari. Produk seharga Rp3.2 jutaan ini hanya dianjurkan untuk bayi dengan berat maksimal 15 kilogram saja.

2. Graco Stand & Ride Double Stroller

Rekomendasi lainnya yang bisa kamu pilih adalah Graco Stand & Ride Double Stroller yang cocok digunakan pada bayi newborn hingga berusia balita. Dengan fitur tempat duduknya yang lebih fleksibel, produk ini sangat nyaman untuk buah hati. Apalagi bagian tudungnya pun dilengkapi dengan 99% UV Protection yang mampu menghadang radiasi matahari.

Stroller yang sudah berstandar keamanan ASTM (American Society for Testing and Material) ini menghadirkan fitur carrying strap untuk menggendongnya di bahu sewaktu melewati permukaan jalan yang sangat terjal. Produk dengan bobot 4,7 kilogram ini dijual sekitar Rp2 jutaan.

3. Stroller Pliko Adventure 108

Stroller Pliko Adventure 108 bisa kamu gunakan untuk tiga posisi sekaligus, yakni duduk, rebahan, ataupun tiduran. Dimensinya pun sangat ringkas, sehingga cocok kamu pertimbangkan untuk melancarkan mobilitas.

Tenang aja, produk ini juga sudah menyediakan kanopi berbentuk bulat untuk melindunginya dari sinar matahari. Ada juga mainan di bagian pegangan tangan bayi untuk membuatnya makin senang di stroller. Meski harganya terbilang murah sekitar Rp355 ribuan saja, tetapi produk ini memiliki keamanan yang terjamin dengan roda yang lebih besar.


Baca juga: Rekomendasi Bra Menyusui yang Nyaman Dipakai

Sekarang Blibli Friends sudah tahu kan cara memilih stroller untuk bayi? Nah, kalau kamu merasa membutuhkannya, yuk segera cari aja produknya di Blibli. Hanya Blibli yang menghadirkan produk stroller terbaik dengan harga terjangkau dan dijamin istimewa. Ada banyak gratis ongkir, cashback, hingga diskon yang bisa kamu pakai, lho. Yuk, pastikan beli di Blibli ya!