me

Rekomendasi Obat Gatal untuk Anak yang Aman

Sep 14, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

pexels.com

Obat Gatal untuk Anak – Duh, kenapa si kecil, kok, sering banget menggaruk-garuk badannya, ya? Well, gatal pada anak, terutama balita, adalah salah satu keluhan yang cukup sulit dihindari. Ini karena kulit mereka masih sangat tipis dan renggang ketimbang kulit kita orang dewasa. Selain itu, jumlah kelenjar minyak dan produksi kelenjar minyak jauh lebih sedikit. So, nggak heran anak dan bayi rentan banget mengalami gatal.

Nah, agar pemilihan obat gatal untuk anak lebih efektif, sebaiknya kamu perhatikan apa, sih, yang menjadi pemicu gatal-gatal pada kulit si kecil. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, Blibli Friends!

Gatal pada anak biasanya terlihat dari beberapa gejala, seperti kulit kering, ruam merah, bercak tebal dan kasar hingga infeksi kulit akibat garukan berulang. Nah, gatal-gatal ini bisa dipicu oleh banyak faktor. Ini info jelasnya:

Baca juga: Rekomendasi Vitamin Anak yang Bagus untuk Nafsu Makan


Penyebab Gatal pada Anak

Di bawah ini adalah 5 faktor yang bisa menyebabkan si kecil gatal-gatal. Apa aja, sih?

  1. Udara Kering

Hah, nggak salah, nih, udara bisa bikin anak alergi dan gatal-gatal? Yups! Faktor udara kering dan ditambah lagi kalau si kecil punya tipe kulit kering, risiko mengalami gatal semakin besar, lho. Untuk mengatasi gatal-gatal yang disebabkan oleh udara kering, kamu harus memastikan kulit si kecil terjaga kelembabannya dengan mengoleskan krim pelembab atau lotion secara teratur, Blibli Friends.

  1. Gigitan Serangga

Gigitan nyamuk, semut, kutu dan serangga lainnya nggak cuma bikin bentol, Blibli Friends, tapi juga menyebabkan rasa gatal pada kulit si kecil. Pada sebagian kasus, anak bahkan bisa menunjukkan reaksi alergi yang cukup parah, lho, seperti kesulitan bernapas, bengkak di area bekas gigitan, muntah hingga demam, Blibli Friends.

  1. Alergi

Ada banyak faktor yang bisa memicu reaksi alergi pada anak dan menyebabkan mereka gatal-gatal. Mulai dari makanan, bulu binatang, serbuk bunga, bahan pakaian, sabun atau detergen dan hal lainnya. Untuk lebih pastinya, alergi pada apakah anak, coba perhatikan apakah mereka langsung bereaksi setelah menyentuh, memakan, meminum atau berada di lingkungan tertentu.

Reaksi alergi biasanya akan muncul berupa radang kemerahan di area pipi, siku atau lutut.

  1. Infeksi

Infeksi akibat bakteri juga bisa menyebabkan kulit anak gatal-gatal, lho, Blibli Friends. Penyebab infeksi bakteri ada bermacam-macam. Salah satunya karena si kecil tertular dari orang lain atau lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya.

Jika anak mengalami infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, biasanya pada kulit muncul bercak berwarna kemerahan yang terasa sangat gatal dan nggak jarang bisa membengkak seiring semakin parahnya infeksi.

  1. Biang Keringat

Nah, kalau penyebab gatal pada anak yang satu ini udah nggak asing lagi bagi para orangtua, ya, blibli Friends? Biang keringat emang rentan banget dialami bayi dan anak-anak karena pori-pori kulit mereka memiliki ukuran lebih kecil ketimbang orang dewasa.

Apabila kulit mereka tersumbat, maka keringat akan sulit keluar. Inilah yang membuat pori-pori kulit si kecil membengkak dan terlihat seperti bintik-bintik kecil serta sangat gatal.

Untuk mencegah dan mengatasi gatal pada bayi maupun anak agar kondisi nggak semakin parah bisa dengan berbagai macam cara. Seperti mandi dengan air hangat, mengeringkan tubuh anak dengan benar setelah mandi, menjaga agar kulit si kecil tetap lembab, segera membersihkan keringat pakai kain lap yang lembut, atau kamu juga bisa memberikan obat gatal untuk anak yang bagus dan ampuh, Blibli Friends.

7 Rekomendasi Obat Gatal untuk Anak

Berikut ini adalah daftar obat gatal untuk anak yang ampuh dan aman untuk membantu mengurangi rasa gatal yang menyiksa dan mengganggu aktivitas mereka:

  1. Lotion atau Krim Pelembab

Rasa gatal bisa muncul karena kulit si kecil yang terlalu kering. Nah, kalau mereka dibiarkan menggaruknya, kulit bisa terluka dan infeksi. Untuk meringankan rasa gatal karena kulit kering, produk pelembab berbentuk krim atau lotion bisa kamu aplikasikan, lho.

Ada banyak banget produk pelembab kulit yang bagus dan aman untuk buah hati di pasaran dan bisa kamu beli tanpa harus pakai resep dokter. Tapi pastikan hanya memilih produk yang terbuat dari bahan ringan tanpa kandungan zat iritatif, seperti pewangi dan pewarna yang bisa memperparah reaksi gatal yang dirasakan anak, ya, Blibli Friends.

NIVEA Body Care Intensive Lotion 400ml - Twin Pack

  1. Salep Kortikosteroid

Biasanya salep kortikosteroid dijadikan sebagai obat gatal untuk mengatasi masalah kulit seperti, dermatitis, radang dan lainnya. Produk ini adalah obat topikal yang penggunaannya cukup dioleskan di bagian kulit luar yang mengalami masalah.

Merk salep kortikosteroid yang umum dan bisa kamu beli di apotek ada beberapa. Mulai dari Desoximetasone, Kalcinol, Hydrocortisone dan brand lainnya. Kamu bisa mengaplikasikan salep tipis-tipis di area kulit si kecil yang gatal-gatal sebanyak 2-3 kali sehari atau sesuai petunjuk.

INERSON 15 GRAM SALEP

  1. Vistaril

Jangan salah, obat ini nggak cuma bisa dipakai untuk mengatasi gangguan kecemasan, lho, Blibli Friends. Vistaril cukup umum digunakan untuk membantu meredakan gatal karena alergi. Tapi obat ini nggak bisa dibeli sembarangan. Kamu butuh resep dokter untuk menebus Vistaril.

Selain itu, penggunaan Vistaril juga harus sesuai aturan, Blibli Friends. Kalau nggak, hati-hati, karena obat ini bisa menimbulkan efek samping yang cukup serius, seperti keracunan.

vastarel MR

  1. Atarax

Kalau obat pereda gatal satu ini bisa kamu beli tanpa harus menunjukkan resep dari dokter, Blibli Friends. Meski begitu, penggunaannya nggak boleh sembarangan. Hanya dalam kondisi terpaksa dan tetap atas anjuran dokter. Obat gatal anak Atarax berbentuk tablet yang mudah dikonsumsi.

  1. Krim Calendula

Cara mengobati dermatitis atau alergi pada kulit si kecil, membasuh area yang teriritasi dengan air hangat dan sabun khusus bisa jadi solusi, Blibli Friends. Tapi kalau mau efektif, krim calendula adalah jagonya, Blibli Friends.

FYI, bunga calendula menyimpan beragam manfaat menakjubkan bagi tubuh kita. Salah satunya adalah mengatasi iritasi kulit. So, untuk membantu meringankan gatal pada kulit buah hati, bahkan menghilangkan jerawat di wajahmu, yang perlu kamu lakukan cukup mengoleskan krim bunga calendula doang.

Cetaphil Baby Multi-Purpose Advanced Protection Cream with Organic Calendula

  1. Oatmeal

Dengan kandungan fenol yang punya sifat menenangkan, oatmeal seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit berjerawat hingga alergi.

Untuk menggunakannya, kamu bisa membuat bubur dari bahan oatmeal yang dicampur air secukupnya. Lalu balurkan pada area kulit yang gatal dan biarkan selama beberapa saat atau sampai kering. Setelah itu bilaslah dengan air hingga bersih.

Tenten Instant Oatmeal (400 g + 100 g)

  1. Aloe Vera

Well, khasiat gel lidah buaya untuk kecantikan emang nggak perlu diragukan lagi. Tapi kamu tahu nggak, kalau aloe wera juga bisa banget membantu mengatasi alergi dan gatal-gatal pada anak? Yups, lendir dari tanaman tropis ini terbukti sangat efektif meredakan gatal yang teramat sangat pada kulit si kecil.

Gampang banget, kok, kalau mau memanfaatkan lidah buaya sebagai obat gatal. Yang perlu kamu lakukan cuma memisahkan getah atau gel lidah buaya dari kulitnya dan oleskan gel ke bagian kulit yang mengalami iritasi dan gatal-gatal.

Tapi kalau ogah ribet, kamu bisa membeli gel lidah buaya kemasan yang kini tersedia dari berbagai macam merk, Blibli Friends.

Nature Republic 92% Aloe Vera Soothing Gel Body Lotion - Aloevera (300 mL)


Baca juga: 5 Penyebab Bisul yang Harus Dihindari

Mulai dari lotion pelembab, krim bunga calendula, lidah buaya dari brand terkenal hingga oatmeal dan berbagai pilihan obat gatal untuk anak yang bagus lainnya bisa kamu beli di Blibli. Nggak perlu resep dokter, harganya dijamin bersahabat dan ada banyak promo menarik. So, pastikan cuma Blibli tempat belanja kamu untuk memenuhi segala kebutuhan.

DAPATKAN OBAT GATAL TERBAIK DAN TERLENGKAP HANYA DI SINI!

Tag: