me

Cara Memilih Alpukat Mentega yang Bagus, Cek di Sini!

Mar 10, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Cara Memilih Alpukat Mentega yang Bagus

Siapa sih yang nggak tahu alpukat? Buah dengan berbagai manfaat ini menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian orang. Salah satu manfaatnya adalah untuk menurunkan kolesterol jahat dan resiko penyakit jantung. Oleh karena mengandung lemak baik, akhirnya banyak dicari, apalagi yang jenis alpukat mentega yang memang memiliki daging lebih lembut. Apalagi harga alpukat yang cukup terjangkau.

Kamu mungkin kebingungan tentang bagaimana cara memilih alpukat mentega yang bagus. Sayang kalau sudah beli alpukat mentega yang digadang-gadang akan memiliki daging tebal debgan tekstur kenyal serta aroma yang khas, ternyata setelah sampai rumah masih belum matang ataupun ternyata nggak bagus. Simak cara mengetahui ciri-ciri dan cara memilih alpukat mentega yang bagus berikut ini.

Avocadron Alpukat Reguler

Baca Juga: Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Manis, Simak di Sini!

Supermarket Online BLM

__________________________________________________

Tentang Alpukat Mentega

Alpukat mentega sebenarnya merupakan spesies yang berasal dari benua Amerika. Dikenal sebagai alpukat mentega karena daging buahnya lebih tebal dan lembut jika dibandingkan dengan alpukat biasa. Oleh karena itu banyak yang memilih alpukat mentega sebagai buah kesukaan. Apalagi nutrisinya sangat banyak seperti karbohidrat, serat, vitamin A, K, E, dan B. kemudian juga kandungan kolesterol baik.

Kandungan seratnya yang cukup tinggi ini membuat buah alpukat mentega sangat baik untuk pencernaan dan menurunkan berat badan. Apalagi sifat buah satu ini bisa menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan jumlah kolesterol HDL. Pastinya konsumsinya harus pas matang ya! Yuk, simak cara mengetahui alpukat mentega yang bagus dan siap konsumsi rekomendasi Blibli berikut ini.

Cara Memilih Alpukat Mentega yang Bagus

ALPUKAT MENTEGA REGULER AVOCADRON

  • Amati Warna Kulit Alpukat Mentega

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui alpukat mentega yang akan dibeli sudah bagus dan siap konsumsi atau belum adalah dengan cek warna kulitnya. Jika ingin segera dimakan, kamu harus beli alpukat mentega dengan warna hijau keunguan serta cerah mengkilap. Jangan beli yang sudah ungu kusam dan terasa lembek, karena itu artinya sudah terlewat matang bahkan menjelang busuk.

Jika memang masih mau menyimpannya untuk beberapa waktu, cari yang kulitnya berwarna hijau tua dan mengkilap. Alpukat mentega dengan warna kulit tersebut biasanya sudah matang atau tua tetapi belum terlalu lembut daging buahnya, jadi masih bisa disimpan untuk beberapa hari. Kenapa cari yang mengkilap? Karena biasanya kualitas daging buahnya cukup bagus.

  • Rasakan Tekstur Permukaan Kulit Alpukat

Selain dengan mengamati warna kulitnya, kamu bisa langsung memegang dan merasakan tekstur permukaan dari kulit alpukat mentega. Buah tersebut jika sudah matang sempurna nggak akan terlalu keras dan cenderung lebih empuk. Cara mengecek yang benar adalah dengan menggunakan seluruh telapak tangan dan mengusapnya secara perlahan.

Jangan hanya menggunakan satu jari saja saat meraba buah karena bisa-bisa merusak kulitnya. Cara ini juga bisa membuat kamu menghemat waktu karena bisa memeriksa lebih banyak alpukat dengan waktu yang singkat. Tekstur dari kulit buah alpukat memang nggak 100% halus, jadi nggak masalah jika masih sedikit kasar, asal warna kulitnya sudah mengkilap dan nggak keriput (keriput berarti masih mudah).

Selain itu untuk memastikan tekstur dalamnya, coba pegang dan tekan dengan lembut. Jangan sampai menekan daging buah terlalu dalam. Biasanya yang sudah matang, ditekan sedikit saja sudah terasa empuk. Kalau masih keras, berarti memang masih membutuhkan beberapa hari untuk kematangan sempurnanya.

  • Cek Kondisi Biji Alpukat Mentega

Alpukat mentega yang sudah matang sempurna, bijinya akan gampang dilepas. Kamu nggak perlu membuka buah untuk mengetahui ciri satu ini. Untuk mengetahui kualitas kematangannya, kamu tinggal goyangkan buahnya. Jika terdengar bunyi, berarti biji buah sudah terlepas dari dagingnya. Tandanya, alpukat mentega tersebut sudah bisa dinikmati.

  • Periksa Tangkai Buah

Cara memilih buah alpukat mentega yang bagus dan siap konsumsi selanjutnya adalah dengan cek tangkai buahnya, apalagi jika kamu baru petik dari pohon dan tangkai masih tersisa. Kamu bisa coba petik tangkai tersebut secara perlahan. Kemudian amati bekas lubang yang ditinggalkan oleg tangkainya tadi. Lubang ini akan menjadi indikator tingkat kesiapan buah untuk dikonsumsi dan cukup efektif.

Jika kamu menemukan bekas tangkai tersebut berwarna hijau berarti alpukat mentega sudah matang dan daging buahnya siap disantap. Tetapi jika warna bekas tangkai adalah coklat mudah, itu berarti alpukat tersebut belum matang dan butuh pemeraman kembali. Terakhir jika warna lubangnya coklat gelap, bahkan hitam bisa jadi alpukat tersebut sudah terlalu matang dan daging buahnya sudah nggak bagus lagi.

  • Buah Akan Lebih Mudah Dikupas

Jika selesai membeli dan masih penasaran kematangan buahnya, bisa cek dengan mengupas kulitnya. Jika kulit alpukat mentega gampang dikupas, berarti buah tersebut sudah benar-benar matang. Cara mengupasnya juga ada trik khusus. Coba kupas dari tengah secara horizontal, jangan dari tangkai dan secara vertikal.  Nantinya kamu akan menemukan apakah buah mudah dikupas atau masih menempel.

  • Cek Daging Buahnya

Banyak buah alpukat mentega yang dijual sudah dikupas dan dipotong sekalian. Untuk menentukan mana yang masih bagus dan pastinya memiliki rasa yang lezat, cara yang paling mudah adalah dengan cek fisik dari dekat. Alpukat mentega yang masih bagus dengan tingkat kematangan yang pas biasanya memiliki daging buah lembut dan bersih. Jika sudah muncul beberapa serat warna hitam berarti sudah terlalu tua.

  • Jangan Pilih Alpukat Mentega yang Terlalu Lembek

Ciri alpukat mentega yang bagus selanjutnya adalah daging buah yang lembut tetapi nggak lembek. Jangan sampai kamu membeli buah alpukat yang dagingnya sudah lembek, apalagi kulitnya sudah berubah warna. Alpukat yang sudah lembek bahkan terlalu lunak menandakan bahwa sudah lewat kematangannya dan akan segera busuk. Coba beli yang masih agak keras saja, diamkan beberapa hari sampai matang.

Cara Mematangkan Alpukat Mentega yang Mudah

Alpukat Mentega Reguler Bergaransi Avocadoid

Jika kamu memang terlanjur membeli yang belum matang, cobalah untuk mematangkannya sendiri dengan catatan buahnya sudah tua. Buah alpukat mentega yang sudah tua ditandai dengan kulitnya yang nggak keriput. Untuk mematangkannya, simpan buah dalam Koran atau kantung plastic dan letakkan pada suhu ruang. Tunggu sam;pai warna kulit dan tekstur buah agak berubah yang tandanya sudah matang.

__________________________________________________

Baca Juga: 6 Buah yang Mengandung Gula Rendah, Apa Aja Ya?

Bagaimana Blibli Friends? Cukup mudah bukan cara untuk mengetahui buah alpukat mentega yang bagus dan sudah bisa dikonsumsi? Dengan cara tersebut, dijamin kamu akan mendapatkan alpukat dengan kualitas baik dan nggak akan terkena zonk. Kalau masih ragu dengan warna kulit dan teksturnya, atau masih ingin memakannya lain waktu, kamu bisa beli yang sudah tua tetapi belum matang.

Alpukat mentega memang salah satu pilihan buah yang nggak bisa dilewatkan. Jika kamu ingin menikmati lezatnya alpukat mentega, bisa banget cek penawarannya di Blibli. Tenang saja, kamu bisa mendapatkan harga alpukat mentega terbaik dengan kematangan sesuai yang diinginkan. Selain itu, akan banyak promo menanti membuat belanja jadi lebih hemat.

Tag: