me

6 Buah yang Mengandung Gula Rendah, Apa Aja Ya?

Nov 24, 2021.By
Bagikan

Image Source : genpi.co

Blibli Friends perlu tahu aneka buah yang mengandung gula rendah. Soalnya, ini penting buat kesehatan kamu. Langsung aja, yuk, simak ulasannya.

Baca Juga : Gejala dan Penyebab Diabetes, Cek Yuk!

__________________________________________________

Rekomendasi Produk Buah dengan Gula Rendah

Berikut rekomendasi buah dengan kandungan gula rendah:

Jeruk

Jeruk Peras Manis

Kisaran harga jeruk yaitu Rp 17.000 per 1 kg isi 8-12 buah. Buah ini memiliki manfaat yang sangat baik buat kesehatan kamu. Menurut Boldsky, manfaat utama jeruk adalah melancarkan pencernaan. Hal tersebut berkat kandungan serat di dalam jeruk. Serat mempermudah pengeluaran kotoran, sekaligus mencegah iritasi pada usus besar.

Di samping itu, jeruk juga dapat menurunkan tekanan darah. Terdapat kandungan magnesium pada jeruk untuk mengatur tekanan darah agar terkendali. Selain itu, kandungan vitamin C serta senyawa limonene dalam jeruk, membuatnya ampuh untuk mencegah kanker.

Nggak cuma itu aja. Jeruk juga mengandung antioksidan yang mampu mengatasi kerusakan dari radikal bebas, serta mencegah terjadinya oksidasi kolesterol. Jadi kolesterol nggak akan menempel di dalam arteri, sehingga suplai darah mengalir dengan baik ke jantung. Maka, jantung juga menjadi lebih sehat.

Kemudian, sekali lagi vitamin C pada jeruk bermanfaat besar, karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, tubuh akan jadi kuat, sehingga mampu lebih baik dalam melawan infeksi, sekaligus mencegah penyakit. Kandungan polifenol di dalam jeruk juga membunuh virus supaya nggak bisa masuk ke dalam tubuh, sehingga nggak terjadi infeksi.

Jambu Biji

Rumah Sayur Alam Sutera Jambu Biji Merah 500 g

Kisaran harga jambu biji yaitu Rp 7.800 per 500 gram. Jambu biji memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap untuk kesehatan. Dalam jambu biji, terdapat kandungan air, protein, lemak rendah, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, beta karoten, karoten total, vitamin B1 dan B2, niasin, dan vitamin C.

Jadi, nggak heran kalau manfaat buah ini juga banyak banget. Seperti salah satunya jeruk mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Jika radikal bebas berlebihan di dalam tubuh, bisa berisiko terhadap penyakit serius, seperti kardiovaskular atau kanker.

Nah, manfaat lainnya yakni jeruk bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini berkat kandungan vitamin C yang termasuk dalam senyawa antioksidan. Senyawa ini bekerja dengan cara memperbaiki kerusakan jaringan di dalam tubuh, dan mengatasi radikal bebas.

Manfaat lain dari jeruk yaitu mampu membantu meredakan flu dan juga batuk, karena kandungan antioksidan serta antibakteri. Jeruk juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kandungan kalium dalam jeruk berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah. Sementara, kandungan seratnya bisa menurunkan kolesterol sehingga menyehatkan jantung juga.

Semangka

DUTA BUAH Pusat Semangka Merah Non Biji 4-6kg/pcs

Kisaran harga semangka yaitu Rp 53.000 per pcs dengan berat 4-6 kg. Kamu juga bisa dapetin semangka merah non-biji, udah banyak dijual online. Nah, semangka ini juga punya banyak manfaat buat tubuh kita. Manfaat utama semangka yaitu dapat menghidrasi tubuh. Ini karena kandungan semangka adalah 92 persen air.

Ditambah dengan kandungan serat yang tinggi. Berkat kandungan air dan serat, semangka bikin kenyang tanpa menambah banyak kalori tubuh. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C, yang bisa menangkal kerusakan sel tubuh yang diakibatkan radikal bebas.

Nggak cuma itu aja. Buah semangka juga mengandung karotenoid, sejenis senyawa tanaman, termasuk alfa-karoten dan beta-karoten, yang bisa diubah jadi vitamin A oleh tubuh. Nah, vitamin A dapat membantu menyehatkan mata. Di samping itu, semangka juga membantu memperlancar pencernaan, berkat kandungan serat dan air.

Kemudian, kandungan likopen yang dimiliki semangka, bisa membantu menurunkan risiko kanker. Selain itu, likopen ini juga bisa bantu untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Lalu, semangka juga punya kandungan asam amino yang bisa tingkatkan nitrat oksida, sehingga pembuluh darah berkembang, dan tekanan darah menurun.

Stroberi

Strawberry 250 gr - Buah ABOVE

Kisaran harga stroberi yaitu Rp 22.000 per 250 gram. Buah stroberi sangat menyehatkan. Stroberi memiliki kandungan antioksidan dan kalium yang dapat menyehatkan jantung. Selain itu, berkat kandungan tersebut, stroberi juga bisa menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, dan mengurangi peradangan di pembuluh darah.

Lalu, stroberi yang kaya vitamin C juga baik buat kesehatan kulit, khususnya mencegah terjadinya penuaan dini. Vitamin C dan asam elagik dalam stroberi, bisa mengatasi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan kolagen. Kalau kolagen rusak, maka muncul garis-garis halus di kulit.

Nggak cuma itu aja, loh. Stroberi juga punya sifat antiinflamasi buat mengurangi semua peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Seperti radang sendi, juga peradangan lainnya yang disebabkan alergi dan infeksi. Selain itu, kandungan vitamin C stroberi bisa membentuk kolagen. Nah, kolagen ini adalah senyawa yang membentuk struktur kornea mata. Jadi, stroberi membantu mengurangi risiko katarak.

Di samping itu, stroberi juga memiliki kandungan antioksidan, seperti asam elagik dan antosianin, yang mampu menetralkan atau menangkal radikal bebas yang dapat memicu kanker. Banyak, kan, manfaatnya. Untuk cara mengonsumsi stroberi bisa dengan dijadikan jus buah yang segar. Pastikan menggunakan stroberi segar, dan hindari jus dengan gula tinggi.

Lemon

Simply Fresh Lemon Lokal 500 gr

Kisaran harga lemon yaitu Rp 4.900 per 500 gram. Manfaat buah lemon ada banyak. Dalam 100 gram lemon terdapat kandungan 29 kalori beserta nutrisi seperti karbohidrat, protein, gula, serat, kalium, kalsium, serta vitamin A, B6, dan C. Lalu, ada juga kandungan magnesium, zinc, fosfor, dan antioksidan.

Adapun manfaat lemon yaitu meningkatkan imunitas tubuh, memperlancar saluran pencernaan, serta menyehatkan jantung. Selain itu, lemon juga dapat mencegah anemia karena kandungan vitamin C di dalamnya, yang bisa mengoptimalkan penyerapan zat besi.

Di samping itu, lemon juga dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Lemon bahkan diyakini bisa memecah batu ginjal agar jadi lebih kecil, sehingga mudah keluar bersama urine. Kemudian, lemon juga bisa menjaga berat badan ideal, karena kandungan kalori dan lemaknya rendah.

Alpukat

Alpukat Mentega Reguler Bergaransi Avocadoid

Kisaran harga alpukat yaitu Rp 29.000 per 1 kg isi 4-5 buah. Ini adalah harga untuk alpukat mentega. Nah, alpukat ini nggak cuma rendah gula. Alpukat juga mengandung lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Di samping itu, alpukat memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan serat.

Lalu, kandungan nutrisi lainnya yakni magnesium, kalium, folat, lutein, dan aneka vitamin, yaitu vitamin A, B, C, E, dan K. Sementara, manfaat alpukat antara lain yaitu menjaga berat badan karena membuat rasa kenyang bertahan lama. Alpukat juga baik untuk kesehatan jantung karena bisa mengurangi LDL (kadar kolesterol jahat) dan menambah HDL (kadar kolesterol baik) di dalam tubuh.

Alpukat juga menyehatkan mata berkat kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Selain itu, alpukat membantu membuat tekanan darah stabil. Ini berkat kalium dalam alpukat, sehingga tekanan darah nggak akan melonjak tinggi.

__________________________________________________

Baca Juga : Untuk Tahun Baru yang Lebih Sehat, Coba Makan Makanan Organik dari Javara, Yuk!

Itu tadi aneka buah yang mengandung gula rendah. Bisa dibikin jus juga, loh. Semua produk buah tersebut tersedia di Blibli dengan berbagai penawaran yang menarik. Oh iya, jangan lupa pakai Puravita untuk pemanis yang sehat dan aman.

Tag: