me

2 Cara Membuat Kacang Coklat untuk Lebaran, Sajian Simpel yang Banyak Disuka

Mar 26, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

fimela.com

Menjelang hari Lebaran, kamu pasti sedang sibuk-sibuknya mikirin mau menyuguhkan makanan apa di meja. Lebaran memang nggak hanya identik sama ketupat dan opor ayam, tapi juga kue-kue kering nan manis. Nggak heran kalau memasuki bulan puasa kamu akan menemukan banyak banget penjual kue kering. Kalau mau lebih hemat, kamu juga bisa kok membuat kue sendiri untuk suguhan para tamu. 

Salah satu kue paling simpel yang bisa kamu buat sendiri adalah kacang coklat. Cara membuatnya sangat simpel tapi dijamin semua tamu akan suka, terutama anak-anak. Selain praktis dan nggak ribet, kamu juga bisa berkreasi sesuka hati saat membuat kue ini. Nah, di bawah ini adalah cara membuat kacang coklat untuk Lebaran yang bisa kamu coba!

Baca juga: 6 Tradisi Menjelang Ramadhan. Yuk Nostalgia, Blibli Friends!


Sebelum lanjut membaca artikel ini, Sudah pada tau belum Blibli Friends saat ini Blibli lagi ada Promo Lebaran Sale! Kamu dan keluarga mu bisa menikmati berbelanja dengan adanya diskon hingga 80% sampai Cashback hingga 300Rb! Promo Lebaran Sale berlangsung dari tanggal 25 April – 28 April 2023 aja! Yuk, Belanja kebutuhan Ramadhan kamu hanya di Blibli sekarang juga!

Promo Lebaran Sale 25 - 28 April 2023

Kue kacang coklat merupakan salah satu camilan manis yang sering kita temui di momen Lebaran. Sesuai dengan namanya, kue manis dan renyah yang satu ini terbuat dari bahan utama kacang dan coklat yang dilelehkan. Rasanya dijamin manis dan awet renyah kalau penyimpanannya dilakukan dengan baik. Penasaran sama cara membuatnya? Simak resep kue kacang coklat di bawah ini!

Resep Kue Kacang Coklat Kering

fimela.com

Kue kacang coklat kering nggak hanya bisa disajikan saat lebaran, tapi juga cocok dinikmati sambil minum teh atau kopi panas. Jadi, misalnya Lebaran masih jauh, kamu bisa membuatnya sekarang buat camilan keluarga di rumah.  Cara membuatnya super simpel dan bahan-bahannya gampang banget ditemukan di toko sekitar. Ini dia bahan dan cara membuat kue kacang coklat kering:

Bahan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue kacang coklat kering sangat sederhana dan gampang ditemukan di pasar. Semua bahannya pun dijual dengan harga yang murah sehingga nggak akan menguras kantong kamu. So, ini dia beberapa bahan yang perlu dipersiapkan.

  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 gram kacang mete yang sudah disangrai dan dicincang halus (bisa juga diganti menggunakan kacang tanah)
  • 100 gram gula halus (kalau nggak punya, kamu bisa membuat sendiri dari gula pasir yang diblender atau dihaluskan)
  • 50 gram gula pasir
  • 2 butir putih telur
  • Coklat masak secukupnya
  • Margarin secukupnya untuk olesan

Cara Membuat Kacang Coklat Kering

Setelah menyiapkan semua bahan-bahannya lengkap, kamu bisa langsung membuatnya. Kalau sedang bulan puasa, sebaiknya buatlah saat malam hari setelah sholat tarawih biar bisa langsung mencicipinya. Penampilan kue kacang coklat kering yang sangat menarik memang sering bikin ngiler, nih. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat kue kacang coklat kering yang manis dan renyah.

  1. Siapkan sebuah loyang pipih dan pisau pemotong kue yang sudah diolesi margarin. Panaskan loyang di dalam pemanggang atau oven dengan suhu 160 derajat Celcius.
  2. Siapkan wadah, tuangkan tepung terigu, kacang mete cincang, gula halus, dan gula pasir. Aduk bahan-bahan menggunakan spatula sampai merata.
  3. Masukkan putih telur kemudian uleni adonan sampai bisa dibentuk.
  4. Pipihkan adonan tersebut sampai setebal kurang lebih 0,5 cm. Potong sesuai keinginan dengan menggunakan pemotong kue kemudian tata rapi di atas loyang.
  5. Panggang kue di dalam oven atau pemanggang selama kurang lebih 20 menit.
  6. Angkat dan diamkan kue sampai dingin.
  7. Sambil menunggu kue dingin, lelehkan coklat masak secukupnya.
  8. Setelah itu, celupkan kue ke dalam lelehan coklat masak, biarkan sampai mengeras.
  9. Tambahkan topping sesuai selera agar tampilan kue menjadi semakin manis.
  10. Simpan kue di dalam stoples yang kedap udara agar tetap renyah. Setelah mengambilnya, pastikan untuk selalu menutup stoples dengan rapat biar kue nggak melempem.

Resep Kue Kacang Coklat Spesial

puncatraining.id

Cara membuat kacang coklat untuk lebaran ini bisa jadi pilihan buat kamu yang pengen bikin kue sendiri tapi nggak ada banyak waktu luang. Pasalnya, untuk membuatnya kamu hanya memerlukan waktu yang singkat dan bahan-bahan sederhana. Apalagi bahan-bahannya juga gampang banget ditemukan di sekitar kita. Kalau penasaran mau mencoba membuatnya, ikuti resepnya di bawah ini!

Bahan

Resep yang satu ini hanya memerlukan bahan-bahan yang super simpel tapi rasanya dijamin nggak kalah enak dari rekomendasi sebelumnya. Kamu juga memerlukan biaya yang lebih sedikit untuk membuat kue coklat spesial ini. Selain itu, waktu pembuatannya juga lebih singkat daripada kue kacang coklat kering di atas. So, ini dia beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu:

  • 500 gram kacang tanah yang sudah dikupas bersih (pastikan memilih kacang berkualitas terbaik biar rasanya lebih enak)
  • 500 gram dark chocolate (gunakan merek yang bagus kalau mau hasilnya lebih memuaskan)
  • 2 sdm margarin
  • Gula halus secukupnya

Cara Membuat Kacang Coklat Spesial

Van Houten Almonds 90 gr Chocolate

Setelah kamu membeli semua bahan-bahannya, sekarang tinggal melanjutkan ke proses pembuatan. Kue yang super simpel ini bisa kamu selesaikan hanya dalam waktu kurang dari satu jam saja, loh. Jadi, kamu bisa membuatnya kapan saja saat waktu luang. Berikut ini cara membuat kacang coklat spesial yang super simpel tapi rasanya dijamin bikin ketagihan:

  1. Oven kacang tanah dengan suhu yang kecil. Kalau nggak mempunyai oven, kacang tanah bisa disangrai di atas wajan. Setelah itu, sisihkan kacang yang sudah di-oven atau disangrai tersebut.
  2. Potong atau sisir dark chocolate menjadi kecil-kecil kemudian tim sampai benar-benar cair di atas api sedang.
  3. Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan ke dalam cokelat untuk menambah rasa gurihnya.
  4. Kemudian tambahkan juga gula halus sambil terus ditim dan diaduk-aduk.
  5. Jika dirasa sudah cukup cair dan tercampur dengan baik, matikan api.
  6. Masukkan kacang tadi ke dalam lelehan coklat kemudian aduk rata. Pastikan semua kacang sudah terbaluri coklat secara sempurna. 
  7. Tuangkan kacang coklat ke dalam loyang sedikit demi sedikit dan tunggu sampai mengeras. Setelah itu kamu tinggal potong-potong sesuai selera.
  8. Kamu bisa juga langsung menuangkannya ke kertas cetakan roti biar lebih manis.
  9. Tambahkan topping sprinkle warna-warni agar kue buatanmu semakin menarik perhatian.
  10. Tata di dalam toples kedap udara dan sajikan saat hari Lebaran nanti.

Baca juga: 5 Kumpulan Resep Kue Kering Lebaran Lengkap, Bahannya Murah dan Mudah Ditiru!

Itulah dia 2 cara membuat kacang coklat untuk lebaran yang bisa kamu praktekkan di rumah. Kamu bisa membeli bahan-bahannya seperti kacang tanah dan coklat melalui aplikasi belanja Blibli. Kalau nggak mau ribet kamu bisa membeli berbagai pilihan kue dan  makanan halal lainnya untuk sajian lebaran di sana.  Pilihannya banyak banget sehingga kamu tinggal klik saja mau beli yang mana.

Apalagi sekarang ada program Blibli Hasanah yang menawarkan berbagai produk halal dan perlengkapan ibadah terlengkap. Ada fashion muslim, mukena, sarung, buku-buku keislaman, hingga produk kesehatan. Pokoknya, semua tersedia dengan harga yang murah dan kualitas terbaik di Blibli. Yuk, belanja semua kebutuhan menjelang hari Lebaran kamu hanya di Blibli!

Tag: