me

8 Cara Membersihkan Setrika yang Lengket agar Tidak Rusak

Apr 23, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/koldunova-anna
8 cara membersihkan setrika yang lengket agar bisa tetap dipakai.

Cicilan 0% KAM

Setrika di rumah mulai terasa lengket dan berkerak saat digunakan? Bisa jadi memang harus dibersihkan ya, Blibli Friends. Pasalnya, kelengketan pada permukaan setrika memang akan mengganggu kinerja sehingga terasa kurang mulus saat dipakai dan hasilnya tak memuaskan. Selain itu, adanya lapisan lengket berupa kerak juga dapat menempel pada pakaian hingga menyebabkan noda atau merusak seratnya.

Semakin terakumulasi lapisannya, berbagai lapisan lengket pada setrika tersebut juga bisa menimbulkan bahaya seperti timbulnya asap saat setrika dalam keadaan panas. Dengan membersihkan secara benar dan teratur, tentunya kamu bisa memperpanjang usia pakai setrika, ya. Biar nggak bingung, yuk simak beberapa cara membersihkan setrika yang lengket dengan benar!

Baca juga:


Menggunakan Larutan Cuka

freepik.com/author/freepik

Cara menghilangkan lengket di setrika yang pertama bisa dengan menggunakan larutan cuka. Pembuatan larutan cuka dilakukan dengan mencampurkan cuka putih serta air dalam jumlah yang sama atau perbandingan satu banding satu. Sebelum diaplikasikan pada setrika, pastikan kamu sudah memanaskan setrika tersebut sebelumnya, lalu segera matikan daya listrik yang terhubung dengan setrika.

Setelah memastikan semuanya aman dan setrika masih dalam kondisi suhu panas, celupkan sebuah kain bersih yang cukup tebal dan tak menghantarkan panas ke dalam larutan cuka yang sudah kamu buat. Bersihkan permukaan setrika secara lembut khususnya di bagian yang lengket dengan kain tersebut. Jangan lupa untuk menggosoknya dengan perlahan hingga lengketnya dinyatakan hilang.

Memakai Pasta Baking Soda

Memakai Pasta Baking Soda
freepik.com/author/freepik

Menggunakan pasta baking soda dapat menjadi salah satu cara membersihkan setrika lengket dan gosong lho, Blibli Friends. Untuk mendapatkan konsistensi seperti pasta, kamu hanya perlu mencampurkan baking soda dengan sedikit air. Lakukan pengadukan dan sesuaikan komposisi keduanya sampai diperoleh konsistensi seperti pasta. Selain baking soda dan air, jangan lupa siapkan juga lap atau kain pembersihnya ya, Blibli Friends.

Pengaplikasian atau pengolesan pasta baking soda pada permukaan setrika termasuk mirip dengan penggunaan larutan cuka, ya. Oleskan pasta baking soda di bagian lengket yang ingin kamu bersihkan dan kembalikan seperti semula, lalu biarkan selama beberapa menit. Bagian yang lengket dan gosong akan terangkat dan terbawa pasta yang kamu aplikasikan. Setelah selesai, bersihkan dengan memakai kain bersih yang kering sampai tak ada baking soda yang tersisa.

Dengan Larutan Sabun Cair

freepik.com/author/freepik

Kamu juga dapat melakukan cara menghilangkan kerak di setrika yang lengket dengan memanfaatkan sabun cair di rumah. Untuk jenis sabunnya, bisa memakai sabun cuci piring yang cukup aman untuk digunakan karena biasa dipakai untuk membersihkan berbagai peralatan makanan. Campurkan sedikit sabun cair dengan air hangat dan siapkan kain lap bersih.

Bersihkan bagian kerak yang terasa lengket saat digunakan untuk menggosok pada setrika dengan kain lap yang sudah dibasahi dengan larutan sabun cair. Kamu dapat mengganti larutan sabun cair jika airnya sudah terasa dingin ya, Blibli Friends. Jika semua bagian sudah dipastikan licin seperti semula, keringkan permukaan setrika dengan kain berbeda yang bersih dan kering.

Menggunakan Pasta Gigi atau Odol

freepik.com/author/freepik

Meskipun termasuk salah satu cara jadul, pasta gigi alias odol juga bisa jadi andalan saat kamu butuh bantuan untuk menghilangkan kerak pada setrika, nih. Apalagi odol atau pasta gigi juga selalu ada di rumah saat kapanpun, sehingga kamu nggak perlu repot-repot mencari dan membeli bahan ke luar rumah. Hemat dan praktis banget kan cara satu ini, Blibli Friends?

Cara membersihkan setrika lengket dengan odol setelah setrika dimatikan daya listriknya adalah hanya dengan mengoleskannya secara merata pada lapisan kerak yang ingin diangkat. Kandungan bahan abrasif pada pasta gigi akan membantu mengangkat lengketan permukaan setrika dengan lebih baik setelah didiamkan beberapa saat. Jika dirasa sudah selesai, kamu bisa menggosoknya dan membersihkan agar tak ada residu dan kelembapan yang tersisa.

Memakai Pembersih Kaca

Memakai Pembersih Kaca
freepik.com/author/freepik

Buat Blibli Friends yang merasa terlalu repot jika harus membuat larutan-larutan pembersih tertentu, kamu dapat mencoba membersihkan setrika lengket dengan pembersih kaca biasa. Seperti halnya akan mengangkat noda-noda membandel pada kaca, pastinya noda membandel pada setrika juga bisa diangkat dengan mudah oleh larutan pembersih kaca.

Tuangkan sedikit larutan pembersih kaca ke kain atau lap bersih yang sebelumnya telah disiapkan. Selanjutnya, kamu tinggal menggosokkannya di bagian permukaan yang dirasa lengket dan membuat aktivitas menyetrika baju menjadi sangat berat dan kurang efisien. Jangan lupa untuk memastikan ulang apakah semua noda lengket sudah terangkat ya, Blibli Friends.

Memanfaatkan Kertas Majalah

Memanfaatkan Kertas Majalah
freepik.com/author/racool-studio

Tak hanya berbentuk cairan atau larutan saja yang bisa membantu mengangkat lengket pada setrika, pemanfaatan kertas majalah yang tak terpakai juga dapat dilakukan. Sebelum diterapkan untuk mengangkat permukaan yang lengket, kamu harus memastikan setrika sudah dalam keadaan panas terlebih dahulu ya. Kemudian lanjutkan dengan menggosokkan ke selembar kertas majalah.

Kertas majalah yang punya karakter khusus dan berisi deretan tulisan serta gambar akan membantu mengangkat kotoran atau lengketan pada setrika. Hal ini disebabkan karena adanya peran dari tinta yang ada pada kertas majalah. Tinta pada kertas akan membantu mengangkat bagian lengket setrika sehingga setrika dapat kamu gunakan kembali.

Gunakan Sikat Gigi Lama

freepik.com/author/freepik

Biasanya, kemunculan lengketan pada setrika tak harus selalu besar, bisa saja kamu menjumpai lengketan setrika yang cukup kecil. Untuk hal ini, cobalah menggunakan sikat gigi lama yang sudah tak terpakai secara hati-hati saat ingin membersihkan bagian tertentu tersebut. Jangan lupa untuk memastikan bahwa sikat gigi lama yang kamu pakai adalah sikat gigi dalam kondisi kering.

Agar tingkat keberhasilan pengangkatan lengketan pada setrika lebih tinggi, kamu juga dapat mengolaborasikan cara satu ini dengan pemakaian larutan atau pasta pembersih tertentu, misalnya dengan odol atau pasta gigi. Jika semua tahap dilakukan dengan benar, tentunya hasil yang diperoleh juga nggak akan mengecewakan.

Memakai Campuran Lemon dan Garam

Memakai Campuran Lemon dan Garam
freepik.com/author/racool-studio

Kombinasi terakhir yang bisa jadi andalanmu untuk membersihkan atau mengangkat kerak di permukaan setrika adalah menggunakan campuran lemon dan garam. Untuk lemonnya sendiri, gunakan bagian jusnya saja ya, Blibli Friends. Setelah itu, pasta yang sudah dibuat bisa dioles di permukaan yang berkerak dan biarkan selama beberapa waktu sebelum dibersihkan dengan kain basah yang lembut.


Baca juga:

Selain menjaga kebersihan setrika, pastikan kamu juga memilih setrika dengan merek dan jenis yang sudah terjamin kualitasnya ya, Blibli Friends. Kalau bingung dan ragu harus beli peralatan elektronik seperti setrika di mana, kamu bisa mengandalkan Blibli sebagai toko online yang pastinya paling bisa dipercaya dan punya berbagai koleksi terbaik.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya