me

9 Cara Menggunakan Setrika Uap, Awas Jangan Keliru!

Apr 23, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/fabrikasimf
Cara menggunakan setrika uap yang lagi populer dengan mudah

Cicilan 0% KAM

Menyetrika termasuk aktivitas rutin harian yang terlihat mudah tapi sebenarnya cukup merepotkan kalau nggak didukung dengan peralatan yang memadai. Misalnya seperti alas atau meja yang tepat dan alat setrika yang mumpuni.

Salah satu alat setrika yang sekarang lagi banyak banget dipilih karena lebih cepat, aman dan mudah adalah setrika uap. Siapa nih yang sudah mulai sering pakai setrika uap? Buat kamu yang belum tahu, setrika uap ini bisa kamu pakai untuk merapikan baju baik secara horizontal maupun vertikal lho, Blibli Friends.

Nah, buat kamu yang mungkin baru aja beli tapi masih bingung cara pakainya, wajib simak artikel ini. Di bawah ini ada penjelasan lengkap cara menggunakan setrika uap dengan benar. Simak yuk!

Baca juga:


Baca Buku Panduan

Baca Buku Panduan
freepik.com/author/freepik

Pertama-tama hal wajib yang harus kamu lakukan adalah membuka dan membaca dulu buku panduan yang ada di dalam paket pembelian setrika uap. Di sana kamu bisa menemukan saran pengoperasian unit tersebut, sesuai dengan modelnya. 

Selain itu, di dalam buku panduan kamu juga bakal dapat informasi tentang bagian-bagian apa saja yang perlu diperhatikan pada setrika uap beserta dengan namanya. Hal-hal dasar dari setrika uap bisa kamu temukan dengan mudah di buku panduan tersebut.

Isi Tangki Airnya

en.techinfus.com

Langkah berikutnya setelah kamu membaca dan memahami alat setrika uap melalui buku panduan yaitu mengisi tangki airnya. Sebaiknya isi tangki dengan air bersih ya, Blibli Friends! 

Beberapa setrika uap punya tangki yang bisa dilepas, tapi ada juga yang nggak bisa dipisahkan dari badan setrikanya nih. Ini dia pentingnya membaca dulu buku panduan, jadi kamu tahu bagaimana cara mengisi air ke dalam tangkinya, harus melepasnya dulu atau tidak.  Kalau tangkinya nggak bisa dilepas, kamu langsung bawa alat setrika ke bawah keran.

Saat kamu membawa setrika ke bawah keran untuk diisi air, pastikan alat tersebut nggak lagi tersambung ke listrik dan dalam kondisi yang dingin. Ini untuk mencegah terjadinya korsleting listrik. Di beberapa tangki setrika uap sudah ada batas air maksimal, jadi sebaiknya kamu mengisinya nggak melewati limit supaya tetap aman saat digunakan.

Hidupkan Setrika Uap

Hidupkan Setrika Uap
freepik.com/author/freepik

Setelah tangki sukses terisi air bersih, kamu bisa mulai menghidupkan setrika uap. Pastikan tangki benar-benar sudah terpasang dengan baik kalau modelnya termasuk yang bisa lepas dari setrika. Kalau termasuk yang nggak bisa dilepas, pastikan sudah tertutup dengan baik dan nggak ada air yang bocor keluar.

Pastikan kondisi di luar kering, termasuk tanganmu juga. Setelah itu hubungkan setrika uap tersebut ke sumber listrik dengan kabelnya. 

Pilih Temperatur

Pilih Temperatur
freepik.com/author/kuprevich

Setelah setrika uap berhasil tersambung ke sumber listrik, kamu tentukan temperatur yang disesuaikan dengan pakaian yang akan disetrika. Pastikan kamu nggak menggunakan temperatur yang sama untuk semua jenis bahan karena bisa merusaknya kalau suhu terlalu tinggi. 

Diamkan dulu setrika sampai panas setelah menentukan temperaturnya. Di beberapa setrika uap ada lampu indikator yang biasanya bakal menyala saat proses pemanasan sedang berlangsung. Nah, lampu indikator ini nantinya bakal mati otomatis saat setrika sudah berada pada suhu yang diinginkan. 

Hidupkan Fitur Uap

Hidupkan Fitur Uap
freepik.com/author/freepik

Langkah berikutnya setelah kamu menentukan temperatur yang diperlukan yaitu menghidupkan fitur uap. Selain itu, kamu juga sebaiknya atur intensitasnya saat setrika uap kamu sudah panas. 

Setelah semua sudah diatur sedemikian rupa nih, kamu bisa mulai menyetrika pakaian seperti biasanya. Nantinya, uap bakal keluar dari sisi bawah setrika secara sendirinya. Tugas kamu adalah menyesuaikan tingkat intensitas dari hembusan uap dengan jenis bahan dari pakaian yang sedang disetrika. 

Pakai Fitur Semprot

Pakai Fitur Semprot

Di beberapa setrika uap disediakan fitur semprot yang bisa kamu manfaatkan saat ingin merapikan pakaian. Fitur ini berguna banget nih kalau pakaian yang ingin kamu setrika dalam kondisi yang sangat kusut. 

Nah, cara pakainya sendiri nggak sulit kok, Blibli Friends! kamu tinggal semprotkan aja air ke permukaan pakaianmu dan setrika dengan segera. 

Setelah itu, gabungan antara uap panas dan air tadi nantinya bakal bekerja secara efektif mengurangi kusut parah yang ada di pakaian kamu. Voila! Baju kamu yang super kusut jadi lembut, halus dan rapi seperti baru dibeli.

Hindari Meletakkan Setrika Panas

Hindari Meletakkan Setrika Panas
freepik.com/author/freepik

Salah satu cara pemakaian yang bisa bikin setrika uap kamu jadi lebih awet dan nggak gampang rusak adalah dengan menghindari meletakkannya ketika dalam kondisi masih panas. Jangan didiamkan terlalu lama di atas permukaan pakaian kamu.

Mungkin kamu sudah sering lihat adegan di sinetron, di mana setrika yang panas diletakkan terlalu lama di atas baju bisa membuatnya rusak. Nah, tentu kamu nggak mau ini terjadi kan? 

Jadi, saat kamu ingin merubah posisi pakaian sebaiknya letakkan setrika uap dalam kondisi berdiri. Bisa juga kamu letakkan di dudukan setrika supaya nggak merusak pakaian kamu.

Ubah Temperatur 

Ubah Temperatur
freepik.com/author/soho-a-studio

Nah, langkah berikutnya ketika kamu sudah selesai memakai setrika uap adalah dengan mengembalikan temperatur ke nol atau posisi awal. Selain itu, segera cabut kabel dari sumber listrik segera setelah selesai digunakan.

Kamu juga wajib mengosongkan tangki air yang mungkin masih menyisakan sedikit air. Sebaiknya diamkan dulu setrika yang masih panas sampai mendingin, baru kamu bisa mulai mengosongkan tangki air. Ini supaya nggak terjadi resiko konsleting atau tangan kamu yang cedera karena panas yang terlalu tinggi. 

Kalau sisa air masih ada, kamu bisa membersihkannya dengan memakai kain microfiber atau lap yang halus. 

Simpan Setrika

Simpan Setrika
freepik.com/author/89stocker

Setelah tangki air sudah kosong dan bersih, serta setrika sudah nggak panas, kamu bisa mulai menyimpannya. Posisikan kabel melingkar ke belakang bagian setrika. Setelah itu simpan di tempat biasanya yang jauh dari jangkauan anak-anak atau anabul kesayangan kamu. 

Nah, buat kamu yang mungkin punya setrika uap dari Philips nih, ada tips khusus. Cara menggunakan setrika uap Philips agar tetap awet dan tahan lama adalah, pastikan simpan dalam keadaan tombol setelan di posisi Calc-Clean. Kemudian goyangkan perlahan supaya air yang ada di dalam tangki keluar semua. Kamu bisa coba cara ini satu kali sebulan.


Baca juga:

Nah, itu dia beberapa cara pakai setrika uap yang banyak beredar di pasaran dan lagi populer banget saat ini. Kalau kamu ingin coba setrika uap nih, coba deh buka Blibli. Di Blibli ada banyak pilihan setrika uap dan peralatan elektronik lainnya dari berbagai merk dengan harga yang bervariasi. Yuk, buka Blibli sekarang juga!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya