me

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sanken 1 Tabung dan 2 Tabung

Apr 09, 2024.By Jarvis
Bagikan

sanken.co.id
Simak cara menggunakan mesin cuci Sanken 1 tabung dan 2 tabung ini sebelum beli!

Cicilan 0% KAM

Mesin cuci penting banget di rumah tangga untuk mempermudah pekerjaan dan menghemat waktu. Salah satu merek mesin cuci yang jadi favorit di Indonesia adalah Sanken. Ini adalah merek elektronik lokal yang berdiri sejak tahun 1995 di Jakarta. Sebelum mencari tahu bagaimana cara menggunakan mesin cuci Sanken, cari tahu beberapa kelebihannya dulu, yuk. 

Sanken menyediakan seri dan tipe mesin cuci yang lengkap, ada mesin cuci 2 tabung dan 1 tabung. Tersedia fitur hemat listrik sehingga bayar listrik nggak perlu merogoh kocek dalam. Kelebihan lainnya adalah kerja motornya stabil, jari lebih tahan lama masa pakainya dan nggak gampang rusak. Selain itu, cara penggunaannya pun mudah. Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga:


Kenali Dulu Tombol dan Fungsinya

Kenali Dulu Tombol dan Fungsinya
sanken.co.id

Cara memakai mesin cuci Sanken yang pertama adalah kenali dulu apa saja tombol mesin cuci dan fungsinya. Mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung punya tombol yang berbeda. Kita mulai dari mesin cuci 2 tabung dulu, ya. Ini dia beberapa tombol dan fungsinya:

  • Waktu: fungsinya untuk mengatur durasi mencuci sesuai kebutuhan kamu. 
  • Input: saluran khusus yang bisa kamu gunakan untuk mengisi air dengan cara manual. 
  • Program: fungsinya untuk memilih pencucian normal, keras, atau untuk mengeringkan air.
  • Pengering: sama dengan timer atau tombol waktu, tombol ini fungsinya untuk mengatur durasi proses mengeringkan pakaian. 

Sementara itu, tombol yang ada di mesin cuci 1 tabung biasanya lebih banyak. Berikut ini jenis tombol dan fungsinya pada mesin cuci Sanken 1 tabung:

  • Power: fungsinya untuk menyalakan atau mematikan mesin cuci 1 tabung. 
  • Start/Pause: fungsinya untuk memulai kerja mesin cuci atau menghentikan proses mencuci untuk sementara. 
  • Water Level: fungsinya untuk mengatur ketinggian air di dalam tabung, bisa dilakukan secara manual maupun otomatis. 
  • Program: fungsinya untuk mengatur proses mencuci sesuai dengan jenis kain. 
  • Function: fungsinya untuk memilih tugas yang dilakukan, yaitu mencuci, membilas, atau mengeringkan pakaian. 
  • Delay: fungsinya untuk mengatur proses merendam pakaian. 

Letakkan Mesin Cuci di Permukaan yang Datar

Letakkan Mesin Cuci di Permukaan yang Datar
sanken.co.id

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan mesin cuci Sanken dan mesin cuci lainnya adalah posisi mesin cucinya. Mesin cuci yang diletakkan di lantai atau permukaan yang miring, maka mesin cuci bisa bergetar dan menimbulkan suara yang kadang mengganggu banget. 

Masalah ini sering terjadi di mesin cuci 2 tabung, tapi bisa juga terjadi pada mesin cuci 1 tabung. Kalau dibiarkan begitu setiap kali mencuci, kerusakan memang nggak terjadi di mesin, tapi mungkin saja di kaki-kaki mesin cuci lama-kelamaan bakal aus. 

Paling tepat kalau pilih permukaan datar sebelum mencuci. Kalau memang kaki-kaki mesin cuci kurang rata, kamu bisa gunakan bantuan bantalan mesin cuci yang biasanya dijual dari bahan plastik. Ada juga yang membuatnya sendiri dengan kayu. 

Pasang Kabel ke Stop Kontak 

freepik.com/author/pixel-shot-com

Langkah berikutnya untuk menggunakan mesin cuci Sanken 1 tabung maupun 2 tabung adalah masukkan kabel ke stop kontak. Sepertinya sepele, tapi memasang kabel pun harus tepat dan terpasang dengan rapat. Selain itu, usahakan jangan sampai kabel mesin cuci tergenang air. Kalau tergenang, bisa berbahaya dan menyebabkan hubungan arus pendek alias korslet. 

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sanken 1 Tabung

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sanken 1 Tabung
sanken.co.id

Beli mesin cuci Sanken di Sanken Official Store pasti lebih terjamin karena produknya berkualitas dan dapat garansi resmi. Selain itu, ada buku manual yang memudahkan Blibli Friends untuk mempelajari cara menggunakannya. Nah, kalau yang kamu beli mesin cuci 1 tabung, cara menggunakannya lebih simpel karena cuma ada 1 tabung untuk melakukan semua tugas mesin cuci. 

Setelah memasukkan kabel ke stop kontak, pasang selang mesin cuci ke keran air supaya selama mencuci pasokan airnya cukup. Lalu masukkan pakaian kotor ke tabung, pastikan sesuai kapasitas. Setelah itu, pilih durasi mencuci sesuai kebutuhan. Tutup pintu mesin cuci dan pastikan benar-benar rapat supaya bisa bekerja dengan baik. 

Setelah itu, masukkan detergen di dalam tempat khusus yang di mesin cuci Sanken biasanya ada di sebelah kiri atas. Tutup wadah detergen, baru aktifkan mesin cuci. Mesin bekerja mulai dari mencuci, membilas, dan mengeringkan, jadi kita tinggal menunggu mesin bekerja sampai tuntas. 

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sanken 2 Tabung

sanken.co.id

Sekarang saatnya cari tahu cara menggunakan mesin cuci Sanken 2 tabung. Mesin cuci 2 tabung masih jadi favorit meskipun proses mencucinya bisa dibilang manual. Artinya, pertama kita harus mengatur tombol mencuci, setelah itu atur tombol untuk membilas, dan terakhir pindahkan pakaian yang sudah kering ke tabung pengering, baru atur proses pengeringannya. 

Untuk menggunakan mesin cuci Sanken 2 tabung, langkah pertama adalah isi tabung cuci dengan pakaian kotor sesuai dengan kapasitasnya. Isi tabung cuci dengan air hingga pakaian kotor terendam. Proses mengisi air bisa dilakukan dengan cara manual menggunakan selang terpisah atau sambungkan selang mesin cuci ke keran. Cara mana pun yang kamu pilih, nggak masalah. 

Setelah airnya cukup, masukkan detergen secukupnya dan atur durasi mencuci sesuai kebutuhan. Setelah selesai, buang dulu airnya dengan memutar tombol ke Drain. Kalau air sudah keluar semua, putar lagi tombol Drain ke Normal, lalu isi lagi dengan air bersih untuk proses membilas. Kamu bisa melakukan proses membilas 1-2 kali, sesuai kebutuhan masing-masing. 

Kalau proses membilas sudah selesai, putar lagi tombol ke Drain. Lalu pindahkan pakaian yang sudah dibilas ini ke tabung pengering sesuai kapasitas. Biasanya, tabung pengering ukurannya lebih kecil, jadi jangan dipaksakan mengeringkan 1x kalau memang sudah penuh. Tutup tabung pengering dengan baik dan putar tombol untuk mengeringkan, lalu tunggu sampai prosesnya selesai. 


Baca Juga:

Baik pada mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung sebaiknya pakaian dijemur lagi setelah dikeringkan, karena biasanya nggak belum 100% kering. Yang pasti, cara menggunakan mesin cuci Sanken nggak sulit, kan? Kamu bisa pilih jenis mesin cuci sesuai kebutuhan di rumah. Nah, kalau sudah punya pilihan, pastikan beli mesin cuci di lama Peralatan Elektronik Blibli. 

Pilihan mesin cuci di Blibli lengkap, mulai dari mesin cuci 2 tabung, mesin cuci 1 tabung yang top loading, dan yang front loading. Pastinya Blibli Friends bisa beli langsung dari toko resmi Sanken, jadi produknya lebih terjamin dengan proses pengiriman yang aman dan cepat. Jadi tunggu apa lagi? Langsung saja meluncur ke Blibli dan pilih mesin cuci Sanken incaranmu! 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya