me

7 Cara Membersihkan Setrika Gosong Jadi Licin Lagi, Cuma Pakai Bahan Sederhana

Apr 23, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/racool-studio
Gampang banget, ini cara dengan praktis

Cicilan 0% KAM

Setrika gosong emang nyebelin banget, ya, Blibli Friends? Baju-baju jadi lengket semua ke permukaan plat setrika. Kalau tetap dipakai bisa bikin pakaianmu rusak. Meski begitu, tapi jangan langsung buang dan beli baru dulu. Karena ada panduan cara agar kembali licin seperti baru lagi. Wah, penasaran gimana tipsnya, nggak, nih?

Yang menarik, ternyata untuk mengatasi permukaan plat setrika yang gosong dan lengket itu super gampang dan praktis, lho. Kamu cuma butuh beberapa bahan sederhana. Selain itu, langkah-langkahnya pun anti ribet-ribet club. Jadi, daripada mengeluarkan uang untuk membeli setrika yang baru dan harganya juga menguras kantong, lebih baik cobain 7 cara di bawah ini:

Baca juga:


Pakai Daun Pisang

Pakai Daun Pisang
freepik.com/author/jiboom

Wah, pasti nggak banyak yang mengira, kan, kalau daun yang biasa digunakan sebagai bungkus makanan ini juga bermanfaat untuk menghilangkan gosong atau kerak yang menumpuk pada permukaan plat besi setrika? Dan ini terbukti efektif, lho. Hal ini karena ada kandungan minyak alami di dalam daun pisang yang dapat merontokkan kerak gosong di setrika dengan mudah.

Kamu hanya perlu menyiapkan daun pisang sebanyak beberapa lembar. Lalu bentangkan di atas meja atau permukaan rata tempat kamu biasanya menyetrika. Setelah itu, panaskan setrika seperti biasa. Jika permukaan udah cukup panas, gosokkan setrika dengan gerakan perlahan di sepanjang daun pisang untuk membersihkan lapisan lengket di bawah setrika.

Jika dalam sekali percobaan plat teflon setrika belum bersih, kamu bisa mengulanginya lagi hingga permukaan yang gosong bersih dan licin kembali seperti baru. Kalau diperlukan, kamu mungkin harus mengganti daun pisang apabila sudah layu dengam daun pisang yang baru, lalu kembali gosok permukaannya sampai bersih sempurna bebas kerak.

Pakai Lilin

Pakai Lilin
freepik.com/author/mdjaff

Lilin juga cukup ampuh sebagai cara menghilangkan gosong apda setrika dengan praktis dan mudah, lho, Blibli Friends. Bahkan noda yang udah mengeras dan menjadi kerak di dasar setrika pun bisa terangkat tanpa kesulitan yang berarti. Sama seperti trik mengatasi setrika yang lengket dengan daun pisang, kamu harus memanaskan setrika dulu sebelumnya.

Nah, jika setrika udah dipanaskan di suhu tertinggi, langkah selanjutnya adalah mematikan setrika. Baru kamu bisa menggosokkan lilin di permukaan setrika yang masih panas. Setelah itu diamkan selama beberapa saat dan biarkan sampai dingin. Nantinya kamu tinggal mengelupas lapisan lilin yang telah membeku di permukaan plat setrika. Gosong dan lengket pun hilang.

Pakai Cuka Putih

freepik.com/author/freepik

Bahan dapur, yakni cuka putih, pun dapat digunakan untuk menghilangkan kerak gosong di permukaan setrika, lho. Langkah pertama adalah membasahi kain lembut dengan cuka yang sebelumnya telah dipanaskan. Kemudian usap permukaan plat setrika yang lengket dengan lembut. Gosok secara berulang sampai noda hilang. Terakhir, usap pakai lap lembab yang baru.

Tapi kalau gosong dan kerak masih membandel, coba tambahkan beberapa sendok garam dapur atau soda kue. Campurkan bahan tersebut ke dalam cuka yang masih panas. Aduk sampai semua bahan tercampur rata dengan cuka. Kemudian semprotkan larutan ke permukaan setrika untuk membersihkan noda dan kerak gosong.

Pakai Jeruk Nipis

Pakai Jeruk Nipis
freepik.com/author/kamranaydinov

Campuran jeruk nipis dan soda kue yang teksturnya seperti pasta juga cukup populer dijadikan sebagai cara menghilangkan noda di setrika. Bahkan metode membersihkan permukaan plat pada setrika dengan dua bahan ini bisa menyulap setrika lama menjadi kinclong seperti baru lagi, lho. Wah, nggak perlu beli-beli setrika, deh, ya, Blibli Friends.

Untuk bahan yang diperlukan adalah air perasan jeruk nipis dan soda kue secukupnya. Campur dan aduk kedua bahan hingga teksturnya kental. Gunakan pasta untuk mengatasi kerak hangus pada setrika dengan mengoleskannya di plat. Biarkan 5-10 menit dan cek apakah gosong sudah terangkat. Jika belum, gosok perlahan dan seka dengan kain lembab. Biarkan setrika kering.

Pakai Odol

Pakai Odol
freepik.com/author/karlyukav

Odol adalah bahan yang memiliki kandungan dengan sifat abrasif. So, nggak ada salahnya kamu pakai pasta gigi di rumah untuk mengembalikan permukaan setrika yang bernoda atau berkerak karena gosong. Tapi berbeda dengan cara sebelumnya yang mengharuskanmu memanaskan setrika lebih dulu, kali ini setrika nggak perlu dipanaskan.

Aplikasikan odol secukupnya di permukaan plat setrika yang hangus. Ratakan dan diamkan selama beberapa saat. Lalu gunakan kain lembab untuk menggosok bagian yang ada noda. Eits, pastikan kamu menggosoknya dengan lembut, ya. Lakukan hingga kotoran dan noda lengket terangkat. Bersihkan dengan kain baru dan biarkan dulu sebelum kamu memakai setrika lagi.

Pakai Sabun

Pakai Sabun
freepik.com/author/jcomp

Detergen ataupun sabun cuci piring juga nggak kalah efektif untuk menghilangkan noda gosong atau kerak hangus pada setrika lamamu. Campurkan sedikit detergen atau sabun cuci piring dengan air hangat. Aduk hingga rata, lalu basahi kain atau kapas dengan larutan sabun tersebut dan langsung gunakan untuk mengelap bagian yang gosong atau bernoda ada setrika di rumah.

Gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan permukaan plat teflon atau stainless steel pada setrika yang sebelumnya dilap dengan sabun. Lakukan hingga nggak ada sisa sabun tertinggal. Jika masih ada noda yang belum bersih, ulangi langkah-langkah sampai nggak ada sisa kerak dan noda. Nah, setrikamu pun siap digunakan lagi seperti sediakala.

Pakai Handuk Basah

Pakai Handuk Basah
freepik.com/author/whitebearstudio

Handuk jadi salah satu cara membersihkan setrika yang gosong paling simple dan praktis dan bisa kamu gunakan untuk mengatasi permukaan plat setrika yang lengket karena gosong, lho. Ini sangat membantu, terutama kalau di rumah nggak ada bahan-bahan lain yang dibutuhkan untuk menyingkirkan noda atau kotoran di setrika. Jadi nggak perlu alasan menunda lagi, ya.

Basahi handuk dan peras sampai nggak terlalu basah. Kemudian gunakan handuk untuk mengelap plat setrika yang berkerak. Jika perlu ulangi sampai beberapa kali hingga noda hangus hilang dan permukaan jadi kinclong lagi. Karena nggak pakai bahan-bahan apapun yang memiliki sifat abrasif, jadi cara ini cuma akan berhasil jika kerak dan gosong nggak terlalu parah.

Rekomendasi cara untuk mengatasi noda hangus atau kerak gosong yang cukup membandel bisa kamu tambahkan hidrogen peroksida. Yang perlu dilakukan cuma merendam handuk bekas di hidrogen peroksida, kemudian tempelkan langsung di bagian plat setrika. Diamkan agar kerak melunak dan bersihkan noda dengan kain bersih supaya bisa dipakai lagi.


Baca juga:

Itulah 7 cara membersihkan setrika yang gosong agar kembali licin dan kinclong lagi, Blibli Friends. Nggak perlu mahal, ternyata cukup pakai bahan-bahan murah yang mudah ditemukan untuk mengatasi setrika hangus dan lengket. Nah, buat yang ingin ciptakan hunian nyaman, Blibli punya promo menarik berbagai produk Peralatan Elektronik branded, lho. Cuss, checkout!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya