Cara Membersihkan Motor Sendiri yang Murah & Mudah

sumber: inibaru.id

Sepeda motor yang bersih nggak hanya membuat kamu merasa lebih nyaman dan percaya diri. Mencuci sepeda motor secara rutin juga bisa bantu menjaga komponen mesin tetap awet. Apalagi, kalau kamu sering berkendara jarak jauh dan terpapar perubahan cuaca ekstrim. Debu dan lumpur memang rawan bikin komponen mesin sepeda motormu jadi berkarat dan rusak. Makanya, cucilah sepeda motormu secara rutin, paling nggak sekali seminggu. Bagaimana kalau kamu lagi nggak ada uang untuk membawanya ke tempat pencucian sepeda motor? Kamu masih bisa mencucinya di rumah sendiri, kok. Toh, cara membersihkan motor juga gampang banget. Yuk, simak ulasan caranya berikut ini.

______________________________________

  1. Pilih Waktu yang Tepat

    sumber: pixabay.com

Walaupun terdengar sepele, faktor cuaca ternyata berpengaruh terhadap kebersihan sepeda motormu nanti, lho. Waktu yang ideal untuk mencuci sepeda motormu adalah di pagi atau sore hari. Dengan kata lain, pilihlah waktu saat cuaca teduh. Soalnya, paparan sinar matahari langsung ternyata bisa bikin hasil mencuci sepeda motor jadi kurang maksimal.

Sinar matahari yang terik bisa mengakibatkan sabun mengering lebih cepat. Akibatnya, kandungan kimia sabun tersebut pun jadi menempel dan mengakibatkan bodi sepeda motormu jadi berjamur. Nggak banget, kan? Apalagi, kamu harus bekerja dobel gara-garanya. Kalau pun terpaksa mencuci di siang hari, pastikan tempat mencuci sepeda motor punya kanopi buat melindungi sepeda motor dari sinar matahari.

  1. Mulai Mencuci Sepeda Motor

Setelah kamu menemukan tempat yang tepat buat mencuci sepeda motor, kamu bisa lakukan langkah kedua dari cara membersihkan motor ini. Kamu perlu membasahi semua bagian sepeda motor terlebih dulu. Gunakan air mengalir dari selang buat mempermudah pekerjaanmu. Setelah semua bagian motor basah, barulah kamu bisa menyabuni bagian-bagian dari sepeda motor milikmu.

BELI SAMPO MOTOR DI SINI

  1. Sabuni Mulai dari Bagian Bawah

Selama ini, banyak yang salah kaprah dalam mempraktekkan cara membersihkan motor. Mereka selalu menyabuni bagian atas sepeda motor terlebih dulu. Padahal, idealnya justru bagian bawah-lah yang harus kamu prioritaskan. Soalnya, bagian bawah memang yang paling rawan terkena kotoran dan debu. Kamu bisa memulai dengan menyabuni bagian spakbor, rem, dan roda.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian shockbreaker. Selain itu, bagian-bagian lain yang nggak boleh dilewatkan adalah kolong sepeda motor. Saat membersihkan celah-celah mesin yang sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas yang sudah diberi sabun.

Saat sedang menyabuni bagian bawah sepeda motor, kamu juga perlu sekaligus pengecekan pada bagian bearing roda dan rantai. Kamu perlu membersihkan bagian-bagian mesin tersebut dengan maksimal. Bilas semua bagian dengan air bersih yang mengalir. Pastikan jangan sampai ada sisa sabun yang masih menempel, ya.

  1. Setelah Itu, Lanjutkan dengan Mencuci Bagian Ata

Setelah kamu tuntas mencuci bagian bawah sepeda motor, selanjutnya adalah bagian atas. Dibandingkan bagian bawah, bagian atas sepeda motor memang cuma membutuhkan waktu yang lebih singkat. Usapkan sabun pada bagian bodi sepeda motor, mulai dari sayap, batok lampu, body samping, lampu belakang, dan spakbor depan. Setelah itu, barulah kamu membilas semua bagian tersebut dengan menggunakan air bersih mengalir. Pastikan jangan sampai ada busa yang menempel.

  1. Keringkan Sepeda Motor

Setelah sepeda motormu tuntas dicuci, kini saatnya proses pengeringan. Untuk mengeringkan sepeda motor, gunakan kain microfiber. Hindari mengusap sepeda motor dengan kain handuk atau kain lainnya dengan tekstur yang kasar. Soalnya, hal tersebut berpotensi bikin body sepeda motormu jadi tergores. Gunakan lap tersebut buat mengeringkan semua bagian sepeda motor hingga kering.

BELI KANEBO DI SINI

______________________________________

Itulah beberapa cara membersihkan motor. Gampang banget, kan? Blibli Friends bisa beli perlengkapan buat cuci sepeda motormu di Blibli, lho. Dengan begitu, kamu pun nggak perlu pergi ke luar rumah buat beli kebutuhan sepeda motormu. Di masa seperti ini sebaiknya memang harus di rumah aja kan, jadi jangan buang-buang waktu dan tenaga untuk keluar rumah ya!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY