me

Cara Jualan Online Agar Laris Untuk Pemula dan Rekomendasi Produknya

Jun 19, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Untuk kamu yang sedang ingin memulai jualan online baca lebih lanjut disini yuk!

Salah satu cara terbaik untuk berbisnis adalah dengan jualan online. Apalagi, sekarang Blibli Friends bisa melakukannya dengan mudah. Caranya yaitu dengan menjadi Blibli Seller. Nah, menjadi penjual di Blibli bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah sederhana aja. Dengan begitu, kamu udah bisa mulai bisnismu sendiri. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Kalau kamu punya mimpi untuk memulai usaha sendiri, ini saatnya. Kamu bisa, kok, berbisnis dengan modal yang minim. Bahkan, tanpa modal juga bisa. Terutama, dengan cara mengelola bisnis online. Nah, kamu bakal lebih mudah memulai bahkan mengelolanya. Banyak benefit yang bisa kamu dapat juga. Langsung aja, untuk mulai, berikut cara jualan online biar ramai pembeli.

Baca juga : 4 Ide Bisnis Menarik Kekinian, Ide Terakhir Dijamin Laku!


Cara Jualan Online untuk Pemula

Cara Jualan Online untuk Pemula
indianretailer.com

Mau mulai jualan online tapi masih ragu mau mulai dari mana? Langsung saja simak caranya di bawah ini:

1. Tentukan Nama Brand dan Produk yang Akan Dijual

Tentukan Nama Brand dan Produk yang Akan Dijual
themuse.com

Pertama, tentukan dulu apa produk yang akan dijual dan apa nama brand yang akan digunakan. Langkah pertama ini mungkin akan melewati proses panjang, tapi ada juga yang bisa dengan cepat menemukan ide paling pas untuk bisnis mereka. 

Pastikan untuk nggak menjual produk dengan harga yang terlalu tinggi. Selain itu, pastikan juga kalau produk yang akan dijual itu ada pasarnya. Jangan lupa pikirkan sumber dayanya, tempat penyimpanan, pengiriman dan lain sebagainya. 

2. Tentukan Unique Selling Point

Tentukan Unique Selling Point
sharpemarketing.co.nz

Produk yang kamu pilih bisa jadi sama sekali baru, tapi mampu menarik perhatian pasar. Bisa juga produknya sudah populer dan sudah pasti ada peminatnya. Masalahnya, produk yang populer pasti kompetitornya banyak. Lalu apa yang membedakan produk kamu dengan kompetitor?

Inilah yang perlu dipikirkan di tahap kedua. Unique Selling Point artinya ada sesuatu yang lebih yang kita tawarkan, berbeda dari produk lainnya yang serupa. Bisakah kita meningkatkan kualitas dari produk yang sudah ada dan bagaimana caranya?

3. Berjualan di E-Commerce atau Marketplace

Berjualan di E-Commerce atau Marketplace
salesupply.com

Sekarang, belanja online makin meningkat jumlahnya. Banyak orang menyukai kenyamanan belanja online, karena itu bisnis kita juga harus bisa memenuhi kebutuhan pelanggan yang satu ini. Nah, ada banyak e-commerce atau marketplace di internet? Mana yang paling cocok dengan bisnismu? 

Blibli hadir sebagai salah satu marketplace yang berkualitas dan terpercaya di Indonesia. Kalau masih bingung bagaimana mulai jualan online, kamu bisa memulai di Blibli dengan masuk ke website khusus seller Blibli. Caranya mudah, cukup klik Daftar dan ikuti langkah selanjutnya yang muncul di layar.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat mendaftarkan toko online di Blibli adalah email aktif, password, nomor handphone aktif dan nama toko online yang sudah kamu pilih. Setelah mendaftar, kode verifikasi akan dikirim ke nomor HP yang kamu daftarkan tadi. Jangan lupa siapkan dokumen seperti:

  • Nomor rekening yang valid
  • Untuk seller perorangan cukup siapkan KTP, NPWP dan NIB
  • Untuk seller perusahaan wajib menyiapkan:
  • KTP Direksi
  • NPWP perusahaan
  • Akta Pendirian dan SK Menkeh
  • Akta Perubahan
  • SIUP/NIB
  • TDP 
  • Surat Domisili. 

4. Aktif di Media Sosial

Aktif di Media Sosial
careerfoundry.com

Produk sudah ada, toko online sudah aktif, langkah selanjutnya adalah promosi. Tentu salah satu cara promosi termudah dan efektif saat ini adalah di media sosial. Pastikan punya akun media sosial yang aktif untuk mengunggah berbagai konten terkait produkmu. 

Tiap kali ada produk baru, promo, atau ikut serta di event tertentu, pastikan untuk mengunggahnya di media sosial. Jangan lupa tautkan link supaya audience dan followers bisa langsung klik link menuju ke toko online

5. Manfaatkan Fitur Ads di Media Sosial

Manfaatkan Fitur Ads di Media Sosial
accesstrade.co.id

Bentuk promosi lain yang bisa kamu coba adalah fitur ads di media sosial, seperti Instagram, TikTok dan Twitter. Cari tahu bagaimana caranya untuk pasang ads di media sosial yang bisnismu gunakan. Cara ini cukup efektif, karena biasanya iklan bisnis kita akan muncul di feed audience yang berpotensi membeli produk kita, karena sekarang sudah menggunakan algoritma, sesuai dengan ketertarikan tiap pengguna.

Mengapa Harus Berjualan Online di Blibli?

Mengapa Harus Berjualan Online di Blibli
hallaminternet.com

Jadi, kenapa harus berjualan online di Blibli? Tentu karena Blibli menawarkan berbagai keunggulan, antara lain adalah:

1. Banyak Bonusnya

Banyak Bonusnya
blibli.com

Khusus bagi seller yang baru bergabung dengan Blibli, ada kesempatan mendapatkan keuntungan Modal Promosi hingga Rp 5.4 juta! Modal Promosi itu apa sih? Bentuknya berupa Saldo Bliklan gratis yang akan masuk ke akun Blibli Seller Center milikmu. 

Bliklan adalah layanan iklan produk yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan promosi produk di Blibli. Tujuannya supaya produk lebih mudah ditemukan oleh pelanggan sehingga nilai penjualan pun meningkat. Nah, kalau dapat Saldo Bliklan gratis, jadi kamu nggak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk berpromosi. 

2. Gratis Ongkir & Asuransi

Gratis Ongkir & Asuransi
hitoko.co.id

Blibli menyediakan layanan gratis ongkir untuk produk yang dikirim secara reguler dan no shipment. Dengan begitu, seller nggak perlu lagi melakukan pembayaran ke pihak logistik, baik yang melakukan dropship maupun penjemputan paket. Nggak hanya itu, Blibli juga menjamin asuransi otomatis untuk pengirimannya, jadi proses klaim asuransi pun akan dibantu oleh Blibli. 

3. Bebas Deposit & Denda

Bebas Deposit & Denda
comschool.com.br

Blibli menggunakan sistem komisi untuk tiap transaksi produk yang terjual di toko, dengan jumlah antara 2.5% – 8%. Jadi seller nggak perlu setor deposit apa pun untuk mulai berjualan. Selain itu, Blibli nggak memberlakukan denda kepada seller. Tentu saja ada peraturan yang diterapkan dan diharapkan setiap seller menjalaninya supaya aktivitas berjualan tetap lancar. 

4. Layanan Terpercaya

Layanan Terpercaya
entrepreneur.com

Sama seperti pembeli, seller juga pasti punya banyak pertanyaan terkait proses berjualan di Blibli. Jika ada pertanyaan, saran hingga keluhan, ada layanan terpercaya lewat Seller Care yang siap membantu seller Blibli setiap hari. Seller Care aktif hari Senin – Minggu mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. 

Layanan Seller Care bisa dihubungi via telepon, email maupun chat, jadi seller bisa memilih cara yang paling mudah. Calon seller juga bisa mengajukan pertanyaan seputar mulai jualan di Blibli. Layanan terpercaya ini mudah dijangkau setiap saat!

Cara Menentukan Produk untuk Memulai Jualan Online

Cara Menentukan Produk untuk Memulai Jualan Online
thebalancemoney.com

Menentukan produk yang akan dijual online bukanlah perkara mudah bagi banyak seller. Ini dia beberapa tips untuk menentukan produk yang tepat.

1. Ciptakan Solusi untuk Pelanggan

Ciptakan Solusi untuk Pelanggan
coursera.org

Cari tahu apa yang dibutuhkan banyak orang dan temukan solusinya. Produk semacam ini biasanya laku keras, tapi memang tidak mudah membuatnya. Bagi yang kreatif dan inovatif, ini merupakan tantangan menarik. 

2. Jual Produk Sesuai Passion

Jual Produk Sesuai Passion
entrepreneur.com

Berjualan yang paling menyenangkan adalah jualan produk yang sesuai dengan passion kita. Tentu tetap ada yang diperhatikan, yaitu produk tetap harus punya nilai jual dan ada pasarnya. Misalnya suka kuliner, maka produk jualannya makanan dan minuman. Suka K-pop maka buka toko yang jualan merchandise K-pop. 

3. Ketahui Produk yang Sedang Tren

Ketahui Produk yang Sedang Tren
foundr.com

Tren selalu berganti. Kalau ingin jualan laku, kita bisa pilih produk yang sedang tren. Misalnya jualan masker saat pandemi atau jualan skincare di masa skincare makin naik daun. Tentu ada risikonya juga, kalau tren hanya berlaku sebentar, maka kita harus cari produk lain lagi yang sedang tren.

4. Baca Review Pelanggan tentang Produk Sejenis

Baca Review Pelanggan tentang Produk Sejenis
adobe.com

Sebelum memutuskan berjualan sesuatu, pastikan lakukan riset dulu. Seperti apa review pelanggan terkait produk serupa yang dijual kompetitor? Dari situ kita bisa tahu apa yang diinginkan pelanggan dan apa kekurangan kompetitor. Dengan begitu, kita bisa hadir dengan produk yang lebih baik. 

5. Manfaatkan Riset Keyword untuk Produk

Manfaatkan Riset Keyword untuk Produk
corpnet.com

Jualannya online, promonya juga biasa online. Salah satu kunci produk mudah ditemukan di dunia maya adalah riset dulu keyword. Kalau tahu apa saja keyword yang berhubungan dengan produk, kita bisa manfaatkan untuk jadi hashtag di media sosial, jadi produk mudah ditemukan.

6. Cari Tahu Produk dengan Keuntungan Besar

Cari Tahu Produk dengan Keuntungan Besar
freepik.com

Tentu setiap seller ingin dapat untung besar. Kamu bisa cari produk apa saja yang memungkinkan kita dapat untung besar dengan modal kecil. Siapa tahu, salah satu produk ada yang cocok dengan konsep berjualan kita.

7. Peka Terhadap Peluang dan Kesempatan

Peka Terhadap Peluang dan Kesempatan
acumenconsulting.ca

Salah satu kunci jualan online yang sukses adalah selalu peka terhadap peluang dan kesempatan. Begitu ada kesempatan baik, pastikan untuk memanfaatkannya dengan baik untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness.

Rekomendasi Produk Terlaris Jualan Online dan Kisaran Modalnya

Rekomendasi Produk Terlaris Jualan Online dan Kisaran Modalnya
forbes.com

Ini dia beberapa rekomendasi produk yang laris lengkap dengan kisaran misalnya:

  • Make Up dan Skincare
Make Up dan Skincare
myshopfind.com

Tren make up dan skincare lagi naik daun beberapa tahun belakangan. Untuk memulai brand sendiri, secara kasar modalnya sekitar Rp 10 juta. Sedangkan untuk jadi reseller, di awal modalnya kira-kira setengahnya saja.

  • Fashion Items Pria/Wanita/Muslim
Fashion Pria Wanita Muslim
freebiesnomy.com

Fashion Items selalu ada peminatnya, dari Baju sampai aksesoris fashion. Pilih salah satu fashion items dan segmen di awal, misalnya khusus baju fashion pria atau fashion wanita atau fashion muslim. Kalau sudah cukup stabil, bisa tambahkan dengan produk fashion items lainnya dan bertambah fashion pria dan wanita. Modal yang di perlukan kisaran Rp.200rb – Rp.5juta, sebenarnya balik lagi dengan masing – masing blibli friends memulai produk fashion itemsnya apa ya!

  • Everything about K-pop Produk
Everything about K-pop
alliexandra.com

Segala sesuatu tentang Korea lagi in banget sekarang, dari produk fashio itemsnya korea sampai foto poster korea oke banget buat jualan online! Kalau mau lebih spesifik lagi, berjualan merchandise K-pop pasti ada selalu pasarnya dan laris banget!. Lebih oke lagi kalau kamu bisa menyediakan merchandise resmi dari Korea. Ohya kisaran modal nya bisa dari Rp.0 loh alias 0 modal!

  • Snacks & Instant Food
Snacks & Instant Food
backcountryfoodie.com

Blibli friends suka nyemil kan? nah produk makanan ringan dan instan oke banget untuk jualan online karna selalu banyak penggemarnya. Kamu bisa fokus di salah satunya, misalnya makanan ringan saja atau makanan instan saja. Setelah bisnis stabil, bisa mulai memadukan kedua jenis makanan ini. Kisaran modal nya dari Rp.1Juta – Rp. 3Juta an !

  • Vitamin/Suplemen
Vitamin Suplemen
psychcentral.com

Produk kesehatan juga peminatnya nggak kalah banyak. Pastikan kamu tahu produk vitamin dan suplemen apa saja yang berkualitas. Selain itu, pastikan sudah ada izin edarnya dan aman untuk diperjual-belikan. 

Rekomendasi Jualan Online dengan Modal Kecil atau Tanpa Modal!

Rekomendasi Jualan Online dengan Modal Kecil Tanpa Modal

Kalau masih mengumpulkan modal untuk punya brand sendiri, kamu bisa tetap jualan online dengan modal kecil, bahkan tanpa modal. Caranya dengan menjadi:

  • Dropshipper
Dropshipper
forbes.com

Dropshipper adalah perantara antara penjual dan pembeli, oleh karna itu modal yang di perlukan bisa 0 rupiah atau bisa dibilang tanpa modal dan jika memerluka modal pastinya modal kecil!. Enak nya sebagai dropshipper kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk penyimpanan stok barang. Ini dia cara menjadi dropshipper:

  1. Temukan pemasok terpercaya
  2. Promosi di media sosial
  3. Bangun hubungan dengan pembeli untuk dapat kepercayaan mereka.
  • Reseller
Reseller
contently.com

Nah kalau ini beda dengan dropshipper, karena reseller harus membeli produk dari pemasok, lalu menjualnya kembali. Modal diperlukan sebagai reseller kecil namun balik lagi dengan blibli friends ya produk yang akan dipilihnya apa! Ini dia cara menjadi reseller:

  1. Temukan pemasok terpercaya 
  2. Mengiklankan toko di marketplace 
  3. Aktif di media sosial
  4. Sediakan layanan yang terpercaya. 
  • Preloved (Barang Bekas)
Jualan Preloved (Barang Bekas)
goodhousekeeping.com

Kamu punya banyak barang yang sudah lama tidak dipakai dan masih oke banget kualitasnya? oke banget untuk di jual preloved! Berjualan barang bekas tetap ada pasarnya selalu dari preloved baju, sepatu, sampai barang elektronik maupun otomotif seperti velg ban. Namun kamu juga bisa menjual produk preloved dengan mecari pemasok nya, seperti preloved produk tas chanel yang sampai sekarang masih tren banget pasarnya!

Ini dia cara berjualan barang bekas: 

  1. Tentukan jenis barang yang akan di preloved
  2. Riset harga produk preloved tersebut di pasar sekarang 
  3. Pasang harga murah tapi tetap ada selisih untung
  4. jual di marketplace Blibli
  5. Aktif pasarkan di media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan Facebook.
  • Jualan Merchandise Artis/K-pop
Jualan Merchandise Artis K-pop
howwesell.asia

Blibli friends pasti tau pasarnya K-Pop tidak akan pernah selalu berkurang! Apalagi buat kamu yang punya passion di K-pop atau menyukai artis tertentu, paling pas mulai bisnis yang ada hubungannya dengan K-Pop. Ini dia cara memulai jualan merchandise K-Pop:

  1. Temukan pemasok terpercaya 
  2. Aktif di media sosial yang banyak digunakan fans lainnya
  3. Adakan giveaway 
  4. Aktif di media sosial
  5. Pasang iklan di media sosial dan marketplace.

Tips Jualan Online Agar Laris Manis

Tips Jualan Online Agar Laris Manis
newsweek.com

Lalu bagaimana cara berjualan supaya laris manis? Beberapa tips jualan ini bisa kamu coba:

  • Jual Produk yang Unik
Jual Produk yang Unik
freepik.com

Kalau bisa muncul ke pasar dengan produk yang sama sekali baru dan dibutuhkan masyarakat, dijamin pasti laku, selama harganya juga masuk akal. Selain itu, kalau produk sudah banyak di pasaran, pastikan ada sisi uniknya supaya bisa tetap dilirik pasar karena mampu menawarkan sisi yang berbeda dari produk kompetitor.

  • Riset Harga Pasar dan Tentukan Harganya
Tentukan Harga
freepik.com

Proses menentukan harga ini sangat penting. Seller nggak bisa mematok harga yang terlalu tinggi, apalagi sampai melebihi harga rata-rata. Di sisi lain, harga yang kelewat murah juga akan merusak pasar. Jadi pastikan pertimbangkan biaya produksi dan harga rata-rata di pasar. Dengan begitu, kamu akan menemukan harga yang pas.

  • Tentukan Target Pembeli
Tentukan Target Pembeli
golocad.com

Apa pun produk yang dijual, penting untuk menentukan target pembeli. Kalau sudah punya target, akan lebih mudah bagi seller untuk menentukan desain kemasan, platform promosi dan merancang konten di media sosial untuk promosi. Tanpa target pembeli, konsep promosi pasti kurang kuat. 

  • Gunakan Platform yang Tepat
Gunakan Platform yang Tepat
orba.co

Masih ada hubungannya dengan mengetahui target pembeli, nih. Kalau seller tahu pasti siapa target mereka, maka bakal mudah menemukan platform yang tepat, baik untuk berjualan online maupun promosi. Platform apa yang lebih banyak digunakan target pembeli? Maka kita akan aktif di platform tersebut. Yamg pastinya platform paling cocok buat kamu di Blibli saja!

  • Aktif di Media Sosial dan Perbanyak Konten
homebusinessmag.com

Kalau sudah tahu apa platform yang tepat untuk berjualan dan promosi, saatnya memperbanyak konten promosi. Tapi ingat, utamakan juga kualitas konten. Atur waktu mengunggah konten dan pastikan isinya berkualitas. Misalnya setiap hari jam 10 pagi atau 4 sore harus ada konten yang naik dan berisi. 

Nah, berbekal berbagai tips di atas, sudah siap kan memulai toko online kamu sendiri? Langsung saja daftar jualan online di Blibli dan nikmati semua keunggulan dan fasilitasnya. Mulai sekarang juga untuk masa depan toko yang lebih sukses!


Baca juga: Rekomendasi Handphone untuk Jualan Online Terbaik!

Barusan kita udah sama-sama membaca tentang cara jualan online. Ini saatnya kamu mulai. Kesempatan udah ada di depan mata, dan peluang bisnis online nggak ada habisnya. Nah, biar kamu lebih mudah memulainya, join Blibli Seller aja. Program Blibli Seller memberikan berbagai macam benefit kepadamu sebagai penjual. Yuk, gabung sekarang.

SEGERA MULAI BISNIS JUALANMU DI SINI

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya