5 Buku Inspiratif Karya Penulis Indonesia yang Wajib Si Kutu Buku Miliki!

buku inspiratif

Pasti banyak dari kalian yang sengaja membaca buku untuk mendapatkan inspirasi. Entah itu mengenai kehidupan, percintaan, karir, ataupun aspek lainnya. Buku inspiratif memang bisa jadi penyelamat rahasia. Apalagi dengan banyaknya buku fiksi yang bisa menginspirasi pembaca.

Nah, supaya kamu bisa terus terinspirasi, Blibli Friends sudah menyiapkan rekomendasi buku inspiratif dari penulis-penulis nusantara! Apa saja rekomendasinya? Tengok dulu aja artikel ini!

HEI, BOOKWORMS! LENGKAPI KOLEKSI BUKU NOVELMU, YUK!

1. Burung-Burung Manyar, Y. B. Mangunwijaya (2014)

buku inspiratif
Via – @booknerd90

Salah satu novel Indonesia legendaris yang kamu wajib baca adalah Burung-Burung Manyar karya Y. B. Mangunwijaya. Novel ini mendapatkan rating 4,11 dari 3.007 orang di situs Goodreads, lho. Meskipun diterbitkan pertama kali pada 1981, kisah inspiratif dari Teto dan Ati ini masih relevan hingga sekarang.

Burung-Burung Manyar mengisahkan perjalanan hidup Teto, lelaki Indonesia yang bekerja sebagai tentara Belanda. Teto sering menghadapi pilihan hidup yang sulit, bahkan ketika berhadapan dengan cintanya, Ati, pejuang kemerdekaan sejati. Isu nasionalisme, kemanusiaan, dan cinta disampaikan secara indah oleh Romo Mangun dalam novel sejarah ini.

DAPATKAN NOVEL PEMENANG PENGHARGAAN SEA WRITE AWARDS TAHUN 1983 INI SEKARANG!

2. Seperti Rindu, Dendam Harus Dibayar Tuntas, Eka Kurniawan (2014)

buku inspiratif
Via – Mulpix

Kalau kamu jarang mendengar nama Y. B. Mangunwijaya, bagaimana dengan Eka Kurniawan? Karya penulis kebanggaan Indonesia ini udah banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa, lho. Salah satunya adalah Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas alias Vengeance is Mine, All Others Pay Cash.

Eh, tapi ini buku khusus dewasa, ya. Bahasa yang digunakan Eka Kurniawan memang sangat vulgar tanpa basa-basi. Permasalahan dalam cerita ini adalah Ajo Kawir yang impoten. Rasa frustrasinya berujung pada hidup yang penuh berjibaku. Tapi, penuh dengan pesan-pesan yang pastinya ingin kamu dengar ketika kesulitan.

TEMUKAN BUKU INSPIRATIF DARI EKA KURNIAWAN DI SINI!

3. Negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi (2009)

buku inspiratif
Via – @toreadwhat

Lima tahun setelah diterbitkan, buku inspiratif berjudul Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi ini diadaptasi ke layar lebar. Makanya, pasti kamu udah pernah dengar judul yang satu ini. Bukan isapan jempol, buku inspiratif ini dinilai sangat baik, yaitu 4,06, oleh 10.716 orang di situs Goodreads.

Adalah Alif, anak kampung yang terkesima dengan banyak hal baru dalam hidupnya. Kisah Alif mengubah angan menjadi kenyataan juga akan membuatmu terkesima. Jangan pernah remehkan mimpi sekecil dan sesepele apa pun. Cocok banget buat kamu yang sedang butuh motivasi!

BACA KISAH INSPIRATIFNYA SECARA LENGKAP SEKARANG!

4. Sirkus Pohon, Andrea Hirata (2017)

buku inspiratif
Via – Insomnia

Jangan hanya baca buku Andrea Hirata yang Laskar Pelangi (2007) atau Padang Bulan (2011) aja! Meskipun baru diterbitkan bulan Agustus 2017 lalu, buku ini udah mendapat respons positif dari masyarakat, lho.

Masih khas Andrea Hirata, tokoh dalam Sirkus Pohon sangatlah banyak. Tokoh utamanya kali ini adalah Sobri alias Hob. Lelaki lulusan SMP ini mengakhiri masa penganggurannya dengan bekerja sebagai badut kampung. Siap-siap menemukan banyak hal menarik dari kisah tokoh yang sangat sederhana ini.

TEMUKAN BERAGAM CERITA FIKSI MENGHADIRKAN INSPIRASI NYATA 

5. Tarian Bumi, Oka Rusmini (2000)

buku inspiratif
Via – @warungsastra

Indonesia juga punya perempuan penulis yang keren! Salah satunya adalah Oka Rusmini yang masuk ke dalam dunia sastra Indonesia secara berani. Buku Tarian Bumi sangat kontroversial, bahkan dianggap sebagai pemberontakan terhadap adat Bali seperti yang dituliskan oleh kritikus Tempo.

Novel Tarian Bumi mengupas kelemahan yang ada di balik layar keindahan adat Bali. Kisah tentang kehidupan perempuan Bali yang terbatas pada banyak hal seperti adat dan jenis kelamin. Lewat buku inspiratif ini, kamu akan semakin diingatkan bahwa setiap orang punya cerita perjuangannya sendiri.

UDAH DITERJEMAHKAN KE BAHASA INGGRIS, KLIK DI SINI UNTUK BACA EARTH DANCE KARYA OKA RUSMINI


Sebenarnya, 5 buku inspiratif aja nggak cukup! Masih banyak lagi buku fiksi dan juga nonfiksi yang wajib kamu koleksi. Tapi, baca aja dulu kelima buku di atas. Kalau udah selesai, baru kita lanjut lagi dengan buku lainnya! Jangan lupa, belinya di Blibli.com, ya! Di sana, ada banyak banget buku inspiratif yang menantimu! Yuk, buruan #BlibliSekarang!

LENGKAPI KOLEKSI BUKU INSPIRATIFMU DI SINI SEKARANG!

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY