me

Bikin Aroma Toilet Rumah Seperti Kesegaran Alam, Ini Tipsnya!

Apr 19, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/user13959705
Ini dia cara bikin aroma toilet rumah seperti kesegaran alam!

Cicilan 0% KAM

Bikin Aroma Toilet Rumah Seperti Kesegaran Alam — Toilet menjadi salah satu bagian rumah yang penting dan sering dikunjungi untuk kepentingan mandi dan buang hajat. Hanya saja kebanyakan orang kurang memperhatikan penampilan dan kebersihannya sehingga kurang menarik untuk digunakan. Salah satu hal yang bisa kamu terapkan adalah memasukkan kesegaran alam ke dalamnya. 

Pengen mendapatkan toilet yang lebih segar aromanya? Cek dulu beberapa tips bikin aroma toilet rumah seperti kesegaran alam yang ada di bawah ini!

Baca Juga : 


Utamakan Ventilasi dan Pembersihan Rutin 

Utamakan Ventilasi dan Pembersihan Rutin
freepik.com/author/EyeEm

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan toilet rumah seperti kesegaran alam aromanya adalah memperhatikan pengadaan ventilasi dan juga pembersihan yang rutin. Penting dipahami kalau ventilasi udara menjadi komponen krusial untuk membuat toilet menjadi lebih nyaman digunakan dan juga nggak mudah pengap. 

Toilet yang minim ventilasi membuatnya pengap dan menimbulkan aroma yang nggak enak sehingga sulit untuk memasukkan aroma yang enak ke dalamnya. Pastikan ada ventilasi udara yang mumpuni sehingga sirkulasi kelembapan yang ada di dalamnya bisa terjaga dengan baik. Kemudian jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan setiap saat. 

Paling nggak jangan lupa untuk membersihkan toilet sekali dalam seminggu. Waktu ini sudah dianggap cukup untuk membersihkan kotoran yang menumpuk pada toilet begitu juga dengan baunya. Pembersihan yang rutin membuat lumut dan jamur menjadi nggak bisa tumbuh didukung juga dengan ventilasi yang mumpuni jadinya bisa bikin toilet terjaga aromanya. 

Gunakan Parfum Kloset 

freepik.com/author/vysochynaeugenia

Dibandingkan bagian lainnya, kloset memang harus lebih banyak mendapatkan perhatian karena bagian ini sering digunakan untuk membuang kotoran sebagai salurannya. Selain itu saluran air atau di bagian penutup air kotor juga harus lebih sering dibersihkan. Kamu bisa menggunakan sikat atau cukup menyiramnya secara rutin menggunakan air bersih. 

Jika memungkinkan kamu bisa menambahkan penggunaan tambahan parfum semprot yang khusus digunakan untuk kloset. Tentu saja parfum ini beda dengan parfum yang sudah kamu gunakan dalam ruangan. Biasanya parfum ini ada tambahan anti bakteri dan sterilisasi sehingga membuat klosetnya menjadi lebih sehat saat digunakan kembali. 

Untuk itu jangan lupa memilih parfum kloset yang menonjolkan aroma alami dan segar sehingga saat masuk ke dalam toilet lagi kamu nggak bakalan kepusingan dengan aroma yang terlalu menyengat tentunya. Jangan lupa untuk rajin menyemprotkan parfum tersebut ke bagian kloset setiap setelah selesai digunakan sebelum keluar toiletnya. 

Gunakan Sabun Toilet yang Aromanya Alami 

Gunakan Sabun Toilet yang Aromanya Alami
freepik.com/author/freepik

Tips ketiga yang nggak kalah penting untuk dilakukan adalah memilih penggunaan sabun yang tepat untuk toilet. Kamu bisa memilih tipe sabun yang wanginya alami baik aroma tumbuhan atau bunga dan buah yang segar sehingga ketika kamu menggunakannya di dalam toilet sekaligus memberikan kesan aroma yang lebih alami. 

Kamu bisa menggunakan tipe sabun cair yang dimasukkan ke dalam wadah khusus sehingga lebih steril dan nggak mudah melunak saat digunakan. Sabun batangan memang lebih terjangkau namun kepadatannya yang kurang membuatnya mudah lunak dan meninggalkan bekas saat diletakkan di dalam toilet. 

Selain itu kontaminasi dan perpindahan bakteri dari tangan ke sabun juga lebih rentan jika harus menggunakan sabun batang. Biar nggak bosan kamu bisa mengganti wangi sabun secara berkala tentunya dengan konsep yang sama yakni wangi alam jadinya kamu nggak bakalan bosan nantinya. 

Gunakan Baking Soda untuk Toilet 

Bikin Aroma Toilet Rumah Seperti Kesegaran Alam
freepik.com/author/freepik

Tips keempat yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan toilet yang lebih segar alami adalah dengan memakai baking soda ke dalamnya. Baking soda memang banyak digunakan untuk membuat makanan di dapur namun selain itu fungsi lain yang bisa kamu manfaatkan adalah untuk pembersihan yang maksimal. 

Baking soda mampu mengangkat noda atau kotoran membandel di permukaan dinding toilet sehingga tenaga dan waktu yang kamu butuhkan juga menjadi lebih minim nantinya. Caranya mudah banget kamu hanya perlu mencampurnya dengan air panas untuk membersihkan permukaan dari kamar mandinya sampai tuntas. 

Jangan lupa untuk menggunakan bantuan spons atau sikat khusus yang bisa digunakan untuk menggosoknya sehingga semua kotorannya bisa luntur lebih cepat. Ingat untuk membiarkannya beberapa saat kemudian bilas menggunakan air biasa dan bau yang nggak sedap di dalam kamar mandi bakalan hilang nantinya berganti dengan aroma alami. 

Gunakan Kapas Aroma 

Gunakan Kapas Aroma — Bikin Aroma Toilet Rumah Seperti Kesegaran Alam
freepik.com/author/freepik

Tips kelima yang bisa kamu pertimbangkan untuk mendapatkan aroma toilet yang lebih alami adalah dengan menggunakan kapas aroma. Cara ini sangat cocok untukmu yang pengen membawa aroma dari minyak aromaterapi ke dalam kamar mandi namun nggak punya wadah atau tempat khusus sehingga bisa banget pakai bantuan kapas.

Caranya mudah banget kamu hanya perlu memilih aroma mana dulu yang bakalan digunakan kemudian lengkap dengan kapas yang nantinya dipakai untuk meresapkan minyaknya. Jika sudah celupkan ke dalam minyak aroma tersebut. Pastikan semua bagian dari kapasnya sudah terkena dengan minyak kemudian kamu bisa meletakkan kapas tersebut ke beberapa bagian kamar mandi. 

Biasanya biar aromanya mampu menguar sempurna kamu bisa meletakkannya di tempat tisu tepatnya di bagian atasnya atau ke dalam wadah sikat gigi. 

Gunakan Gosokan Lemon 

Bikin Aroma Toilet Rumah Seperti Kesegaran Alam
freepik.com/author/freepik

Tips keenam yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan aroma toilet yang alami adalah dengan menggunakan gosokan lemon. Penting dipahami kalau lemon memang menjadi buah yang bisa banget digunakan untuk menghilangkan bau dan juga membersihkan secara maksimal namun nggak perlu takut bakalan merusak komponen kamar mandi. 

Alasannya adalah di dalam lemon mengandung kadar asam yang tinggi sehingga mampu meluruhkan kotoran dengan maksimal. Nantinya lemon ini bakalan meninggalkan aroma yang enak banget jadi kamu bisa menghirupnya tanpa khawatir. Tentu saja bisa menjadi alternatif untukmu yang nggak suka dengan aroma bahan kimia. 

Gunakan Karbol Kamar Mandi 

Gunakan Karbol Kamar Mandi
freepik.com/author/ramanouskayanata

Tips ketujuh yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan aroma yang lebih alami adalah menggunakan karbol kamar mandi. Karbol adalah pembersih yang mampu meluruhkan kotoran lebih mudah untuk dinding atau lantai kamar mandi. Tentu saja nggak bakalan merusak permukaan dan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dalam bersih-bersih. 

Nggak hanya itu saja biasanya karbol ini dilengkapi dengan aroma yang enak banget untuk dinikmati lebih ke segar dan alami. Sehingga beres membersihkan kamar mandi wangi yang tertinggal bakalan melekat banget ke ruangan kamar mandinya. Jangan lupa untuk memilih wangi karbol yang memang sesuai dengan keinginanmu. 

Kamu bisa memilih wangi karbol yang alami namun ada juga karbol yang sudah dilengkapi dengan tambahan wangi buah maupun bunga sehingga tetap alami untuk digunakan. 


Baca Juga : 

Tertarik untuk membeli karbol kamar mandi untuk aroma yang lebih alami? Jangan khawatir karena kamu bisa langsung cek semua rekomendasi lengkap pilihannya hanya di Blibli saja. Ada banyak diskon dan potongan harga menarik hanya untukmu!

Tag: