me

Tips Membersihkan Lantai Jadi Keset Dan Nggak Bau Amis!

Jun 26, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Blibli Friends, pasti mau ya punya lantai yang bersih, keset dan wangi? Entah karena cuaca atau udara di lingkungan kita, sering banget lantai cept kotor dan berdebu. Selain itu, nggak jarang juga banyak nih yang setelah ngepel lantai justru malah nggak nyaman karena lengket dan bau amis, ugh! Cek dulu deh, berikut ini tip supaya lantai nggak lengket dan bau amis setelah dipel!

  1. Sapu lantai sebelumnya

Cara pertama yang bisa Blibli Friends lakukan agar lantai hasilnya keset yaitu dengan menyapu lantai dahulu. Soalnya, kotoran yang ada di lantai sebelum di sapu justru akan menyebar ketika kamu langsung mengelap tanpa menyapunya terlebih dahulu. Usahakan menyapu lantai sampai benar-benar bersih sehingga menghemat waktu dan membuat hasil pel lebih bersih dan keset. Meskipun kondisi lantai rumah kamu terlihat bersih bukan berarti nggak ada kotoran di atasnya lho!

 

2. Bersihkan kotoran cairan lebih dulu 

Saat menyapu lantai, mungkin Blibli Friends bakal menemukan kotoran berupa cairan seperti minyak, kecap, dan lain-lain, nih. Karena itu, lap terlebih dahulu dan jangan mengepel di bagian lantai yang terkena minyak tanpa mengelapnya. Kalau dilakukan, minyak justru akan menyebar dan membuat lantai jadi lengket dan licin.

 

3. Mengepel lantai ke kanan dan kiri

Setelah semuanya siap, Blibli Friends bisa mulai mengepel. lakukan proses pel ke kanan dan ke kiri dan posisikan badan kamu dengan mengambil langkah mundur agar kaki kita nggak menginjak hasil pel-nya. Pastikan juga ketika memeras alat pel, jangan sampai terlalu banyak air yang tertinggal supaya cepat kering dan nggak bau amis.

Setelah ngepel, jangan lupa cuci tangan ya Blibli Friends. Bisa coba sabun cuci tangan Sparkle Hand Soap Strawberry beli di sini 

  1. Ganti air pel secara berkala

Kondisi yang sering terjadi biasanya tuh kita malas mengganti air pel yang sudah kotor dengan air baru bersih. Nah, hal ini membuat lantai yang dipel justru menjadi lengket setelah mongering karena kotoran yang ada di lantai tidak terangkat secara sempurna. Selalu ingat untuk mencuci atau membias setiap kamu selesai mengepel di satu ruangan.

Kalau di rumah Blibli Friends nggak tersedia sabun pembersih lantai, ternyata bisa lho menggunakan sabun cuci piring sebagai alternatifnya. Namun, sabun cuci piring yang bisa dipakai untuk membersihkan lantai yaitu sabun cuci piring cair, bukan sabun colek. Sabun cuci piring cair memiliki kemampuan yang sangat efektif dalam membersihkan permukaan suatu benda, menghilangkan noda membandel, dan membuat tekturnya menjadi kesat karena formulanya dibuat untuk membunuh bakteri dan efektif juga kalau dipakai di lantai.

Beli aja di sini : Sparkle Jeruk Nipis Sabun Cuci Piring

 

 

  1. Terlalu banyak menggunakan cairan pembersih

Kondisi lain yang bisa membuat lantai jadi lengket dan susah keset setelah dipel adalah terlalu banyak menuangkan cairan pembersih pada air dalam ember. Dan sebaiknya jangan diabung ya antara cairan pembersih dengan air sabun cuci piring. Soalnya, cairan pembersih yang terlalu banyak justru akan meninggalkan residu lebih banyak di lantai sehingga membuat hasil lantai yang dipel menjadi tidak keset.

Selain itu Blibli Friends jangan menggunakan deterjen pakaian untuk membersihkan lantai. Padahal lantai mempunyai karakteristik yang berbeda dari serat pakaian. Biasanya deterjen ini ditambah dengan bahan pelicin untuk mempermudah kita dalam mencuci pakaian, jadinya kalau kita pakai untuk mengepel, hasilnya adalah tekstur permukaan lantai justru menjadi licin.

Cek juga deh di sini, Sparkle Hand Soap White Musk ; 

 

Nah semoga tips di atas dapat membantu lantai rumah kamu jadi lebih kesat bebas bau amis ya. Banyak warga TikTok yang sudah berhasil menerapkan hal di atas dan terbukti bikin lantai rumah jadi nggak licin lagi! Sekarang giliran Blibli friends untuk mencoba nih!