Biar Tahan Lama, Cek Tips Ini Sebelum Membeli Furnitur

Photo via Instagram @dekoruma

Setiap orang tentu ingin memiliki rumah yang nyaman. Untuk menyempurnakan sebuah hunian impian, tentu diperlukan furnitur yang mendukungnya. Walau tren rumah silih berganti setiap tahunnya, didukung dengan perabot yang melengkapi untuk menyesuaikan tren tersebut, bukan berarti kamu harus terus menerus membeli furnitur untuk menambah kesegaran pada tampilan rumah.

Banyak kok cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan perabot rumah tetap selaras dengan tren yang ada, tanpa perlu terus menerus membeli furnitur untuk jadikan hunian tetap update. Penasaran apa saja?

1.  Pastikan fungsinya

Photo via Instagram @dekoruma

Saat membeli furnitur, pastikan fungsinya terlebih dahulu. Sebisa mungkin pilih yang memiliki fungsi optimal seperti laci kabinet yang bisa dipakai sebagai tempat penyimpanan dan juga meja TV. Contoh lainnya saat membeli sofa, kamu bisa memilih sofa yang memiliki fungsi ganda. Jika sedang mencari sofa untuk di ruang TV, pilih sofa bed, sehingga di saat ada tamu yang bermalam, kamu bisa mengubah sofa tersebut menjadi tempat tidur.

Fungsi yang optimal seperti ini tentu membuat furnitur memiliki nilai lebih yang bisa membuat furnitur lebih tahan lama.

PILIHAN MEJA TV BERGAYA MINIMALIS

2. Pilih model klasik 

Photo via Instagram @dekoruma

Yang dimaksud dengan model klasik disini bukanlah desain bergaya klasik yang penuh ukir dan lain sebagainya. Klasik adalah model yang minimalis dan mampu bertahan sepanjang masa. Furnitur berdesain simple nggak pernah ketinggalan zaman. Model tersebut sangat netral dan bisa masuk ke dalam tren apapun. Bahkan furnitur berdesain klasik juga lebih mudah dikreasikan. Terutama saat kamu merasa bosan, maka kamu bisa membuat sedikit perubahan. Contohnya pada tempat tidur. Saat merasa bosan, kamu bisa cat ulang tempat tidur dengan warna yang diinginkan, sehingga akan memberikan kesan ‘baru’ yang menyegarkan suasana ruang.

MEJA KOPI KAYU OLAHAN DENGAN NUANSA HANGAT

3. Pilih warna netral 

Photo via Instagram @dekoruma

Warna netral adalah pilihan tepat saat membeli furnitur. Di saat kamu memilih warna netral seperti cokelat tua, beige, hitam, atau putih, maka warna tersebut bisa bersepadu selaras dengan nuansa ruangan yang kamu miliki. Jadi, di saat kamu mengganti warna cat tembok, maka kamu nggak perlu lagi memikirkan perabotan rumah yang ada. Karena warna furnitur yang dimiliki sangat bisa dipadukan dengan warna apapun.

RAK SUSUN SERBAGUNA UNTUK SEMPURNAKAN SUDUT RUANG

4. Pastikan material yang baik 

Photo via Instagram @dekoruma

Pilihan furnitur kini semakin beragam. Harganya juga semakin bersaing. Jangan hanya karena harga murah kamu langsung membeli perabot tersebut. Pertimbangkan kembali, material furnitur yang akan kamu pilih. Pilih material yang kuat dan tahan lama, sehingga kamu nggak perlu terlalu sering berganti furnitur. Plywood, kayu jati, adalah jenis material yang tahan air dan awet, sehingga jenis material tersebut adalah pilihan baik untuk mengoptimalkan usia furnitur yang kamu miliki.

SHOE CABINET DENGAN KOMBINASI KACA YANG MODERN

5. Pertimbangkan perawatannya

Photo via Instagram @dekoruma

Memiliki furnitur juga harus dirawat agar tetap bagus dan tahan lama. Saat membeli furnitur, usahakan untuk memilih material yang mudah dirawat atau dibersihkan. Bayangkan jika kamu membeli sofa dengan material velvet atau suede. Bahan tersebut adalah material yang sulit dibersihkan, sehingga saat terkena kotoran bisa menimbulkan noda yang memberikan kesan jorok. Atau, jika bisa dibersihkan maka membutuhkan tenaga profesional lain, di mana kita harus mengeluarkan sejumlah biaya tertentu untuk merawat furnitur tersebut. Tentunya, ini akan sangat merepotkan.

Dengan mempertimbangkan tips dan trik di atas, tentu kini kamu bisa memilih furnitur yang lebih awet dan tahan lama tanpa harus berganti perabot terlalu sering. Bagi kamu yang sedang berencana membeli perabot rumah tangga, maka Blibli.com menghadirkan diskon spesial. Deretan pilihan furnitur rumah tangga dari Dekoruma, siap membantu kamu untuk mewujudkan hunian yang hangat. Koleksi meja, sofa, chest of drawers, hingga wardrobe, hadir untuk sempurnakan suasana rumah. Jadi, tunggu apa lagi? cek di sini promo selengkapnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY