Keindahan bawah laut Indonesia nggak akan pernah habis untuk dibahas, Friends. Nggak heran kalau banyak banget turis mancanegara yang berbondong-bondong datang untuk menyelami lautan Indonesia. Nah, kamu sendiri gimana? Sudah pernah? Kalau belum, ini saatnya kamu untuk mencoba hal yang baru, belajar menyelam!

Belajar menyelam itu nggak sulit, asal kamu melakukannya dengan benar. Untuk membantu kamu sebagai pemula, Pak Mancil, diving instructor dari Professional Association of Diving Instructors (PADI), akan berbagi tips dan trik khusus. Penasaran, kan? Berikut 5 hal yang wajib kamu tahu saat menyelam!

MAU BELAJAR MENYELAM? CEK DULU PERALATAN YANG KAMU BUTUHKAN DI SINI!!

1. Cari tahu dulu batas dan kemampuanmu!

belajar menyelam
Via – @Mancils

Pak Mancil mengatakan bahwa menyelam merupakan kegiatan menyenangkan, namun beresiko. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang nggak diinginkan, keamanan diri tentu harus dinomorsatukan. Keamanan ini bisa dilihat dari dua kondisi, yaitu kesehatan dan kemampuan diri.

Apabila kamu merasa sedang nggak sehat atau merasa nggak mampu, jangan dulu belajar menyelam. Tunggu sampai kamu betul-betul dalam kondisi yang mumpuni. Ingat, niat dan keinginan aja nggak pernah cukup, Friends. Keduanya harus sejalan dengan kemampuan. Jadi, kalau di awal sudah merasa belum mampu, jangan dipaksakan!

MAU BELAJAR MENYELAM? CEK DULU PERALATAN YANG KAMU BUTUHKAN DI SINI!!

2. Pastikan semua alat sudah lengkap dan pas

belajar menyelam
Via – @Mancils

Kalau nggak ada masalah dan bisa mulai menyelam, pastikan alat yang akan digunakan sudah lengkap dan dalam kondisi baik. Alat dasar pribadi yang wajib dibawa setiap menyelam cukup banyak, yaitu masker, snorkel selam, regulator set, buoyancy control device (BCD), fins, diving computer, pemberat, dan scuba tank.

Dari versi Pak Mancil, urusan alat sebetulnya nggak begitu sulit. Soalnya, mulai banyak tempat diving yang menyewakan peralatan menyelam. Akan tetapi, yang jadi masalahnya, alat-alat tersebut belum tentu membuatmu nyaman. Untuk itu, apabila kamu memutuskan untuk menyewa satu atau dua alat, pastikan kenyamanannya. Kalau nggak nyaman, cari lah alat yang lain, jangan malah langsung terjun ke air!

CARI PERALATAN MENYELAM YANG SESUAI DENGAN KEINGINANMU? DI SINI AJA!!!

3. Biarkan tubuh beradaptasi

belajar menyelam
Via – @Mancils

Saat kamu mulai masuk ke air, tentunya ada beberapa hal kecil yang terasa berubah. Perubahannya biasa terasa pada bagian paru-paru dan telinga. Untuk mengatasi hal itu, Pak Mancil mengatakan bahwa ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan.

Kamu bisa menghilangan tekanan pada paru-paru dengan beradaptasi, bernapas sepeti biasa melalui udara yang dibawa dalam tank. Lalu, untuk tekanan pada telinga bisa dihilangkan dengan melakukan equalizing, yaitu dengan menggerak-gerakan rahang ke kiri dan ke kanan. Kalau belum berhasil, kamu juga bisa menutup lubang hidung dengan lembut, lalu meniup atau memompa udara dari dalam tubuh melalui hidung.

SEMUA PERLENGKAPAN DIVING YANG NYAMAN DI TUBUH BISA KAMU DAPATKAN SEKARANG JUGA!!!

4. Jangan panik!

belajar menyelam
Via – @Mancils

Banyak orang yang panik ketika sedang belajar menyelam. Pak Mancil menyebutkan bahwa hal yang biasanya membuat panik itu antara lain perbedaan cara bernapas yang menggunakan mulut, rasa sedikit pedih di mata ketika air masuk ke masker, rasa takut untuk melihat ke bawah karena air berwarna biru gelap, dan rasa terkejut karena banyaknya koral dengan bentuk-bentuk yang tidak awam.

Kepanikan ini hal yang wajar bagi pemula, kok, Friends. Nah, agar kepanikan tidak terulang terus menerus, kamu wajib mengambil pelatihan dari afiliasi selam, seperti PADI, SSI, NAUI, RAID, dan POSSI-CMAS.

PERSIAPKAN SEMUANYA SEKARANG JUGA SUPAYA KAMU NGGAK PANIK DI TENGAH JALAN!!!

5. Jangan pernah menyelam sendirian!

belajar menyelam
Via – @Mancils

You’ll never dive alone. Ingat, ya, Friends, jangan pernah menyelam sendirian. Pastikan kamu selalu didampingi instruktur yang berpengalaman. Ikuti petunjuknya dan jangan sungkan untuk berkomunikasi dengan instrukturmu.

Sebagai penutup, Pak Mancil berpesan agar para penyelam pemula menikmati setiap perjalanan menyelam yang dilakukan. Agar kamu tidak mengalami dekompresi, selalu pastikan bahwa kedalaman dan waktu menyelam kamu sudah sesuai. Kemudian, selalu lakukan safety stop di kedalaman 5 meter saat ingin mengakhiri penyelaman agar sisa nitrogen dalam tubuh terbuang. Jangan rusak ekosistem bawah laut, cukup melihat tanpa menyentuh koral dan hewan laut yang ada. Selamat menyelam!

SEKARANG SAATNYA BELI PERLENGKAPAN MENYELAM YANG KAMU BUTUHKAN!!!


Itu dia lima hal yang wajib kamu ketahui sebelum belajar menyelam. Apabila ada hal yang kurang jelas, kamu bisa langsung tanya sendiri ke Pak Mancil di Instagram beliau, @Mancils. Nggak hanya soal menyelam, Pak Mancil juga ahli di bidang fotografi dan hobi travelling. Bagi kamu yang mau belajar menyelam sekaligus kerja sama, dipersilakan hubungi Pak Mancil langsung, ya, Friends.

Nah, kalau urusan peralatan dan perlengkapan menyelam, kamu bisa cari di Blibli.com. Semua alat yang kamu mau dijual dengan harga terbaik. Khusus di bulan Juli ini, kamu bisa dapat promo spesial, yaitu diskon hingga 60%! Menarik banget, kan, Friends? Daripada kehabisan, langsung aja #BlibliSekarang!

SEMUA PERALATAN MENYELAM YANG KAMU MAU BISA DITEMUKAN DI SINI!!!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY