Yuk, Kenalan dengan Bagian-Bagian Kamera DSLR

Source by pinterest.com

Perangkat kamera DSLR adalah salah satu modal utama buat kamu yang ingin menekuni bidang fotografi. Jenis kamera ini memang bisa hasilkan kualitas foto yang tajam dan jernih banget. Jadi, nggak heran kalau banyak banget fotografer senior yang sarankan kamu buat miliki kamera DSLR. Supaya kamu bisa dapatkan hasil foto yang maksimal, Blibli Friends wajib tahu bagian-bagian kamera DSLR tersebut sekaligus fungsinya. Yuk, kenali lebih dekat bagian-bagian dari kamera DSLR berikut ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Kamera Terlaris untuk Temani Aktivitas Fotografimu

_________________________

  1. Bodi

Press Release] Canon Umumkan DSLR Entry Level Canon EOS 1200D - Rumor Kamera

Source by canon.com

Salah satu bagian dari kamera DSLR yang paling utama adalah bodi. Pada bodi kamera inilah sebagian besar fitur-fitur tombol pada kamera berada. Mulai dari tombol pengaturan, sensor gambar, serta cermin refleks semuanya ada pada bagian bodi. Kamu bahkan bisa memasangkan lensa kamera pada bagian lubang besar di bagian tengah-tengah bodi.

Selain itu, bodi kamera DSLR ini juga mengusung grip atau lekukan khusus yang jadi tempat buat tanganmu saat menggenggam kamera ini. Pada bagian bawah bodi kamera terdapat ulir dudukan. Fungsi dari ulir dudukan itu tak lain adalah sebagai alas saat kamu memasangkan kamera tersebut pada tripod. Jadi, kamu bisa mengambil foto panorama dengan lebih stabil dan maksimal.

  1. Lensa

 

Selain bodi, lensa juga jadi bagian paling penting pada kamera DSLR. Beda dari jenis kamera mirrorless, lensa kamera DSLR dijual terpisah dari bodinya. Buat memotret, kamu harus memasang lensa tersebut pada bagian bodi terlebih dulu. Karena sifatnya yang bisa dibongkar pasang, kamu bisa pasang lensa DSLR jenis apapun sesuai dengan kebutuhan.

Tapi, Blibli Friends harus hati-hati banget dalam menyimpan kamera ini. Soalnya, hasil jepretanmu bisa jadi nggak maksimal kalau ada goresan sekecil apapun pada lensa kameramu.

  1. View Finder

Image Source: Titik Fokus Kamera

View finder adalah jendela intip yang dapat bantu kamu menemukan angle foto yang tepat. View finder lebih banyak ditemukan di kamera DSLR model lawas. Buat kamera DSLR keluaran terbaru, keberadaan view finder biasanya digantikan dengan jenis layar LCD. Walaupun punya nama yang beda, baik view finder maupun layar LCD punya fungsi yang kurang lebih sama.

Lewat jendela ini, kamu bisa memantau objek foto dan cari angle yang tepat sebelum menekan tombol. Selain itu, ada satu lagi fitur di view finder yang belum bisa dipenuhi oleh layar kamera LCD. Yaitu, fitur fokus yang berguna banget buat kamu yang memiliki mata minus atau plus.

  1. Tombol Shutter

Punya Bodi Ringan, Sony Hadirkan Kamera Full Frame Alpha 7C dengan Lensa Zoom | Gadgetren

Source by pinterest.com

Salah satu bagian-bagian kamera yang nggak kalah penting adalah tombol shutter. Tombol ini memicu aksi memotret pada kamera dalam hitungan detik. Kamu bahkan bisa memasangkan tombol shutter tersebut dengan aksesoris lainnya untuk dapatkan hasil foto yang lebih memukau. Buat memudahkanmu, tombol shutter ini biasanya dibuat dengan desain yang ergonomis. Sehingga, kamu bisa langsung mengeksekusi foto dengan nyaman. Sebelum menekan tombol shutter, pastikan Blibli Friends sudah memasang setelan yang diinginkan.

  1. Baterai

Jual Baterai Camera Canon LPE12 - Kota Bandung - YUZAKARTA | Tokopedia

Source by blibli.com

Sama seperti perangkat elektronik portable lainnya, kameramu juga butuh baterai agar bisa berfungsi dengan baik. Baterai perangkat kamera DSLR ada di bagian bawah bodi dan bisa kamu bongkar pasang untuk isi ulang daya. Buat kamu yang hobi foto-foto dengan durasi yang panjang banget, sebaiknya bawa baterai cadangan. Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir akan kehilangan momen yang berharga gara-gara baterai habis.

_________________________

BACA JUGA: Rekomendasi 4 Monopod Kamera Terbaik

Butuh beli aksesoris atau bagian-bagian kamera? Beli saja di toko online Blibli. Kamu bisa temukan bodi kamera, lensa kamera, hingga pengisi daya baterai dengan harga yang bervariasi. Nggak cuma itu, Blibli Friends juga bisa beli perangkat aksesoris kamera lainnya buat mendukung aktivitas fotografimu. Sesi foto-fotomu pun dijamin bakal terasa lebih seru dan menyenangkan!

BELI KAMERA TERBAIK DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY