Saat ini, orang-orang lebih memilih untuk seharian bermain game di komputer, komunikasi lebih sering terjadi melalui gadget dibandingkan berbicara langsung, serta jika ingin berkumpul bareng teman-teman, pergi ke mall menjadi opsi satu-satunya.

Berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, saat ini bisa dikatakan sebagian besar masyarakat cenderung kurang berinteraksi atau menikmati keindahan alam karena sudah terpaku dengan gadget-nya.

Hal ini sangat disayangkan karena sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mendekatkan diri dengan alam, loh! Berikut beberapa manfaat utama di antaranya.

1. Menghilangkan stres dalam sekejap

menghilangkan stress

Orang yang tinggal di daerah kota cenderung memiliki tingkat stres yang lebih tinggi, khususnya mereka yang sering menghabiskan waktu di depan komputer dan gadget.

Kalau kamu mempunyai kebiasaan yang sama, maka kamu perlu mencoba mendekatkan diri dengan alam karena sudah lebih dari 100 penelitian yang menemukan bahwa suasana alam dapat menenangkan otak dan menjernihkan pikiran, loh!

Lebih spesifiknya, lebih dekat dengan alam dapat mengurangi hormon stress, mengurangi tekanan darah, ketegangan otot, serta menstabilkan detak jantung. Kamu akan menjadi lebih rileks, merasa lebih bahagia, dan juga meningkatkan kesehatan mentalmu.

2. Meningkatkan kemampuan berfokus

fokus

Kalau kamu sering merasa mudah pecah fokus dalam mengerjakan kegiatan sehari-hari, maka kamu perlu mengenal manfaat kedua ini. Dengan mendekatkan diri dengan alam, kamu akan lebih mudah fokus terhadap prioritas kamu, baik dalam belajar, bekerja, maupun mengerjakan hal-hal yang melelahkan atau membosankan.

Ketika bersama alam, manusia akan secara alami berfokus menikmati pemandangan, pepohonan dan bunga, sert hewan-hewan di sekitarnya. Dari pengalaman ini, tingkat kemampuan berfokus kamu akan semakin terlatih dan meningkat.

3. Meningkatkan kesehatan fisik dan mempercepat pemulihankekuatan

Via Army Medicine

Berdasarkan hasil penelitian Roger S. Ulrich, PhD di Universitas Texas A&M, pasien cenderung lebih cepat pulih setelah selesai operasi, menghabiskan waktu rawat inap yang lebih singkat, serta membutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih sedikit ketika jendela kamar pasien mengarah ke pemandangan alam hijau, seperti taman dan pepohonan.

Manusia memang diciptakan untuk mendekatkan diri dengan alam. Ketika mendekatkan diri dengan alam, tubuh kita akan serasa kembali ke ‘rumah’ yang asri dan tenteram.

Fokus pada alam hijau sangat efektif mengalihkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang sedang dialami pasien sehingga proses pemulihan menjadi lebih cepat. Membantu menyembuhkan yang sakit, menyehatkan yang sehat.


BACA JUGA Indonesia Dicinta Pemusik Dunia, 5 Festival Musik Ini Buktinya


4. Meningkatkan kepercayaan diri

percaya diri

Apakah kamu sering merasa minder atau kurang percaya diri? Ternyata berinteraksi dengan alam melalui kegiatan-kegiatan outdoor bisa membantumu, lho. Kamu bisa mencoba tantangan seperti paintball, rafting, atau hiking bersama teman.

Kalau kegiatan-kegiatan tersebut terlalu mainstream, kamu juga bisa mengikuti festival musik outdoor seperti Lalala Festival. Selain alam hijau yang nyaman, alunan musik semakin membantu kamu untuk merasa lebih baik secara jiwa dan raga.

Psikologi membuktikan bahwa melakukan aktivitas yang berkaitan dengan alam bisa membantu meningkatkan kepercayaan dirimu. Setelah otak kamu merasa “segar”, pola pikir positif pun meningkat dan membuat kamu bisa lebih menghargai diri sendiri.

5. Mendekatkan sesama manusiajarak

Via Evil Erin

Menurut penelitian oleh Kuo dan Coley  dalam Laboratorium Penelitian Manusia-Lingkungan, mendekatkan diri dengan alam dapat memperkuat hubungan sesama manusia.

Hal ini juga didukung hasil penelitian Universitas Illinois, dimana warga yang tinggal di perumahan yang dikelilingi pepohonan dan padang rumput cenderung lebih saling kenal, akrab, dan peduli antar sesama. Hal itu terjadi karena ketika manusia “dekat” dengan alam, ia akan mengalami peningkatan rasa empati dan kasih sayang.

Berbeda dengan ketika tinggal di daerah kota yang padat, otak akan memberi sinyal takut dan gelisah sehingga membuat kamu menjadi frustrasi dan lebih cuek dengan orang lain.

Sebetulnya, Indonesia memiliki keindahan alam yang luas sekali. Idealnya, masyarakat Indonesia dapat fokus pada keindahan alam tersebut, dan menjadi lebih sehat sejahtera, jiwa dan raga.

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY