me

Apa Itu Minecraft? Game Terbaik dan Terlaris Sepanjang Masa!

Apr 05, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

minecraft.net
Simak dulu apa itu Minecraft sebelum mulai main!

Apa Itu Minecraft — Minecraft sebenarnya bukan game baru, tapi masih jadi favorit banyak gamers di tahun 2024. Di tahun 2023, tercatat Minecraft adalah video game terlaris kedua sepanjang sejarah, setelah Tetris. Blibli Friends belum pernah main dan belum tahu apa itu Minecraft? Apa sih yang bikin game ini nagih? Sebelum main, yuk cari tahu info selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 


Apa Itu Minecraft?

Apa Itu Minecraft
minecraft.net

Minecraft adalah sandbox game yang dirilis oleh Mojang Studios di tahun 2011. Sandbox game adalah video game yang dilengkapi dengan elemen permainan yang kreatif dan interaktif, biasanya tanpa gol yang sudah ditentukan sebelumnya, jadi pemain bebas untuk membentuk alur ceritanya sendiri. Sandbox game sering disamakan dengan konsep open world karena konsepnya yang bebas. 

Di Minecraft, pemain bakal diajak menjelajahi dunia 3D yang dibuat berbentuk kotak-kotak, berpiksel, dengan medan virtual yang hampir tak terbatas. Pemain dapat menemukan dan mengambil bahan mentah, alat dan barang-barang untuk membangun, mesin, dan masih banyak lagi. Tergantung dari mode permainan yang kamu pilih, kamu bisa bekerja sama atau bahkan berkompetisi dengan pemain lain. 

Mode game yang bisa dipilih termasuk Survival Mode, di mana pemain harus menemukan berbagai item untuk menjaga kesehatan mereka. Lalu ada Creative Mode, di mana pemain bisa mendapatkan item tak terhingga dan kemampuan terbang. Ada juga Spectator Mode, pemain bisa terbang, menembus dinding, dan masuk ke tubuh pemain lain. 

Mode permainan berikutnya adalah Adventure Mode, di mana pemain harus bertahan tanpa bisa membangun blok-blok seperti mode-mode sebelumnya. Terakhir, ada hardcore Mode, yang merupakan mode permainan paling sulit, pemain harus bertahan hidup dan menghadapi berbagai tantangan. 

Review Game Minecraft

Review Game Minecraft
nintendo.com

Game yang didesain oleh Markus Persson dan Jens Bergensten ini masih digemari sampai sekarang, padahal sudah banyak game lain yang visualnya jauh lebih modern dan alur ceritanya seru. Sebenarnya apa alasan Minecraft tetap menarik? Ini dia beberapa hal yang bikin Minecraft seru:

1. Menarik untuk Anak-anak Hingga Dewasa

Minecraft unik dimainkan sekarang karena tampilan grafisnya yang simpel banget dibandingkan banyak game lainnya. Sistem yang ditawarkan juga sederhana, karena itu Minecraft dapat menarik pemain dari berbagai usia. Bahkan Minecraft sekarang banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja. Wanita dewasa yang suka permainan simpel dan menghibur juga biasanya memilih Minecraft. 

2. Visual Menghibur

Minecraft adalah permainan kreatif yang fokusnya adalah membangun. Semuanya terbuat dari blok dan secara umum visualnya mirip dengan film kartun. Blok-bloknya terbuat dari material yang berbeda-beda. Ada yang dari batu, kayu, lilin, bahkan biji-bijian. Pemain harus mengumpulkan atau menambangnya setelah mereka menjinakkan peledak. Secara keseluruhan, visualnya menarik dan permainannya positif. 

3. Bisa Pilih Main Sendiri atau Bersosialisasi

Minecraft bisa dibilang cocok untuk semua pemain, baik yang lebih suka main sendiri atau yang suka main bareng dengan pemain lain. Untuk yang suka main sendiri, bisa pilih Creative Mode dan nikmati sendiri membangun berbagai bangunan di Minecraft. 

Sementara itu, untuk yang suka main bareng dan bersosialisasi, bisa pilih Survical Mode. Pemain akan mulai tanpa apa-apa sama sekali, mereka harus mengumpulkan sumber daya untuk makan dan membuat peralatan sendiri. Karakter bisa lemah atau bahkan mati karena berbagai hal, misalnya kelaparan, kecelakaan, atau diserang. 

Kalau suka tantangan, pilih Hardcore Mode yang pada dasarnya sama dengan Survival, hanya saja pemain hanya diberikan 1 nyawa saja. Kalau tingkat kesehatan karakter ada di angka 0, maka permainan pun berakhir. 

4. Pemain Diajak Berpikir dan Terus Kreatif

Serunya Minecraft adalah pemain diajak untuk terus kreatif karena di Minecfrat nggak ada cerita yang pasti. Setiap pemain bisa membuat ceritanya sendiri. Semakin kreatif, semakin seru juga permainan yang akan kita jalankan. Selain itu, tiap pemain dituntut untuk terus mengasah keterampilan, terutama waktu harus memecahkan masalah. 

Minecraft nggak memiliki panduan khusus sehingga pemain harus menjelajah dan mencoba berbagai ha sendiri untuk menemukan jawaban dari masalah yang mereka hadapi. Kalau dimainkan dalam waktu yang nggak terlalu kelamaan, maka game ini bagus banget untuk mengasah otak. 

5. Ekspresikan Imajinasimu!

Berkat konsepnya yang bebas, pemain bisa mengekspresikan imajinasi sebebas-bebasnya. Ide-ide yang dimiliki pemain bisa dituangkan di game ini untuk membuat dunia permainan mereka sendiri. Inilah alasan kenapa Minecraft nggak membosankan. 

Influencer yang Berpengaruh Masif pada Minecraft

Influencer yang Berpengaruh Masif pada Minecraft
minecraft.net

Satu hal lagi yang bikin Minecraft masih bertahan sampai sekarang adalah karena pengaruh influencer yang memainkannya di platform mereka. Salah satu YouTuber yang fokus di bidang gaming yang mempopulerkan Minecraft adalah PewDiePie. Bayangkan, dengan jumlah subscriber mencapai 111 juta, jelas saja videonya berpengaruh pada besarnya Minecraft.

Selain PewDiePie, ada juga kanal YouTube Markiplier dengan total subscriber lebih dari 36 juta dan WiederDude dengan total subscriber lebih dari 13 juta. Salah satu video WiederDude tentang Minecraft ada yang ditonton lebih dari 49 juta kali! 

Bukan cuma di YouTube saja, influencer gaming lain yang suka main live di Twitch juga banyak yang main Minecraft. Pihak YouTube sendiri pernah memberi pernyataan ke Business Standard bahwa jumlah kanal yang membuat video terkait Minecraft di YouTube ada sekitar 35.000 kanal! Di tahun 2021, ada sekitar 140 juta orang di seluruh dunia yang memainkan Minecraft. 

Cara Top Up Minecraft

Cara Top Up Minecraft
minecraft.net

Sebelum main Minecraft, pastikan Blibli Friends top up koin Minecraft dulu supaya mainnya lebih optimal, bisa beli berbagai item yang diperlukan. Cara top up sekarang gampang banget di Blibli. Yuk ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Masuk ke situs atau aplikasi Blibli
  • Ketik ‘Voucher Game’ di kolom pencarian
  • Klik ikon Voucher Game yang muncul di hasil pencarian
  • Klik kolom Voucher
  • Geser ke bawah dan klik Minecraft
  • Klik kolom Product dan pilih salah satu antara 1720 Coins atau 3500 Coins
  • Klik tombol biru di kanan bawah untuk melanjutkan ke pembayaran
  • Pilih salah satu opsi pembayaran antara Bliblipay, transfer via Virtual Account, kartu debit, internet banking, uang elektronik, atau bayar di gerai Alfa Group dan Indomaret
  • Selesaikan pembayaran
  • Voucher akan dikirimkan ke akun Blibli dan email yang terhubung ke Blibli kamu. 

Baca Juga: 

Sudah tahu apa itu Minecraft dan cara Top Up Minecraft yang mudah di Blibli, jadi sekarang saatnya kamu main! Yuk, top up koinnya dulu di Blibli dan langsung mainkan Minecraft karena proses dan pembayaran yang cepat dan mudah!