Alesan Kenapa Orang-orang Pasti Nyediain Ketupat Pas Lebaran

Photo via graceanata.com

Kalo mau Lebaran, pasti gak jauh-jauh sama ketupat deh. Soalnya pada laper kan tuh abis salam-salaman sama ortu, sodara, tetangga trus langsung makan ketupat, behhh enakk banget. Biar rasanya makin enak,, ketupat bisa ditambahin pake daging, ayam, kuah labu siem, telor, dan semur tahu. Nikmat mana lagi yang kau dustakan….

Cuma, pernah mikir gak sih kenapa ketupat selalu ada pas Lebaran? Apalagi orang-orang nyediainnya banyakkk buangett buat sekeluarga. Padahal kan isinya nasi-nasi juga, sama aja kayak makan nasi biasa, cuma bedanya dibentuk pake daun kelapa muda. Daripada kelamaan mikir, mending cari tau yuk alesannya. 

Ternyata ada arti dibalik bentuk ketupat nihhh. Ketupat “ngaku lepatartinya ngakuin dosa dan ada empat makna sisi ketupat. Pertama, artinya Lebaran, dari kata “lebar”. Intinya, segala kesalahan kamu sama orang-orang insya Allah bakal dimaafin, mau dosa kecil atau gede. Auto suci deh pas Lebaran hahaha…

Kedua, maknanya tuh Luberan. Dari kata “Luber”, artinya rejeki selalu ada, dimudahin rejekinya, dan selalu ngasih sedekah pas Lebaran. Asikkk bagi-bagi duit emang nambah pahala ceilahhh.

Ketiga, Leburan asalnya dari kata “Lebur”, artinya diapus semua dosa yang dilakuin selama setaun. Keempat, dari kata Laburan yang artinya suci, bersih, gak ada dosa sedikit pun. Ibaratnya, kek bayi yang baru lahir belom ada kesalahan apa pun. Alhamdulillah dosa-dosa pada ilang. Moga-moga gak pada buat dosa lagi yak hihihi…

Kalo ada ketupat pas Lebaran, emang mau makan aja gak sih? Mumpung setaun sekali kan. Apalagi makannya bareng keluarga tercinta, quality time emang gak bisa diulang. Momen begini bakal dikangenin buat setaun ke depan haha.

Langsung deh sediain ketupat buat sekeluarga, biar pada makan dah orang-orang rumah. Apalagi kalo makannya barengan, udah pasti kekeluargaannya dapettt. Oh iya, buat ngegampangin bikin ketupat, BLIBLI NYEDIAIN ALAT MASAKNYA NIH.. Ada panci presto, rice cooker yang multifungsi, dan masih banyak lagi alat masak lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pokoknya mah, kualitasnya gak kaleng-kaleng dan bakalan bikin ketupat bikinan kamu mantep bener rasanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY