me

Aksesoris Laptop yang Wajib Dimiliki untuk Laptop Kesayangan

Nov 09, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: pexels

Aksesoris Laptop yang Wajib Dimiliki – Laptop merupakan salah satu gawai terbaik yang bisa memudahkan dan mendukung pekerjaanmu baik untuk bekerja di kantor atau pun pekerjaan di sekolah maupun anak kuliahan. Nah, untuk menjaga kualitas laptop ini, kamu perlu beberapa aksesori laptop yang wajib dimiliki. Sudah punya belum?

________________________________

Baca juga: Tanda-tanda Kalo Laptop Kamu Kudu Diganti Sama yang Baru

Pengisi Daya Portable

DELL Power Companion Powerbank (18000 mAh)

Aksesori laptop yang wajib dimiliki yang pertama ini sangatlah dibutuhkan terutama olehmu yang mobilitasnya tinggi. Kamu sangat memerlukan pengisi daya portable terutama ketika di luar ruangan. Ketika sedang bekerja di luar ruangan dan laptop kehabisan daya, pastinya itu akan membuatmu kelabakan. Apalagi di luar ruangan nggak selalu ada stop kontak untuk mengisi dayanya. Dengan pengisi daya portable, sekarang kamu bisa mengisi daya laptop dengan lebih efisien serta ringkas. Ukuran pengisi daya laptop ini enggak terlalu besar. Dengan begitu, kamu tentu nggak memberatkan diri untuk membawanya. Blibli Friends juga bisa bekerja dengan tenang di mana pun tanpa khawatir baterai tiba-tiba habis ketika sedang bekerja. 

Cooling Pad

Coretech Penta-Fan Cooling Pad Kipas Fan Pendingin Laptop Portable

Ketika bekerja di luar ruangan, biasanya laptop akan mudah panas karena terpengaruh suhu luar ruangan. Nggak cuman itu, laptop juga biasanya akan cepat memanas kalau kamu menggunakannya dalam waktu lama. Suhu yang panas sangat mempengaruhi kinerja laptop. Laptop menjadi lemot dan kinerjanya menurun. Kalau dibiarkan suhu itu terus-menerus, suhu panas itu bisa saja malah merusak mesin laptop.

Untuk mengatasi suhu panas, biasanya di dalam laptop juga dibekali pendingin khusus. Akan tetapi, beberapa pendingin biasanya kurang kuat. Untuk itu, cooling pad menjadi aksesoris laptop yang wajib dimiliki. Cooling pad ini sangat penting untuk menjaga suhu laptop tetap dingin atau minimal normal. Dengan itu, laptop bisa bekerja secara optimal meski sudah dipakai berjam-jam atau dipakai di luar ruangan. Pendingin laptop ini sekarang bermacam-macam. Ada yang kecil, besar, satu kipas, dua kipas, dan banyak lagi. Bahkan, ada juga pendingin yang sudah disertai dengan pengaturan kecepatan kipas. Sesuaikan saja cooling pad dengan dana yang kamu miliki, ya. 

Mouse

Logitech M220 Silent Wireless Mouse - Grey

Aksesori yang satu ini biasanya disertakan dalam paket pembelian laptop. Tapi, ada juga yang nggak. Fungsi utamanya tentu untuk mengarahkan atau mengatur kursor pada layar monitor. Meski pada laptop sudah ada touchpad yang berfungsi sebagai penggerak kursor, banyak orang tetap memilih mouse terutama ketika perlu bekerja dengan detail kecil atau perlu menggerakkan kursor dengan cepat. Mouse sangatlah membantu untuk meng-klik fitur dengan lebih mudah. 

Mouse sebenarnya juga bisa meminimalisasi potensi kerusakan laptop terutama kalau kamu bekerja untuk mengedit gambar, musik, video, dan lain sebagainya. Kini, mouse ada yang berbentuk nirkabel juga sehingga kamu bisa lebih nyaman untuk bekerja. Mouse yang berkualitas juga memiliki beragam desain yang tentunya juga akan lebih menyenangkan ketika dipakai untuk bermain game. 

HDD atau SSD Eksternal 

ADATA ED600 Enclosure Eksternal Case Harddisk / SSD Eksternal 2.5 Inch - Hitam

Penyimpanan internal laptop ada yang besar dan ada pula yang kecil. Penyimpanan laptop ini sangatlah penting untuk menyimpan data pekerjaan maupun hiburan. Usahakan agar isi penyimpanan enggak sampai merah atau penuh karena kinerja laptop bisa menurun ketika penyimpanan internal penuh atau hampir penuh. Kalau kamu termasuk orang yang membutuhkan penyimpanan besar karena data-data yang disimpan itu besar, pilih aksesori berupa HDD atau SSD Eksternal. 

HDD atau hard disk eksternal merupakan ruang penyimpanan tambahan yang kapasitasnya besar. Minimal, kapasitas ruang penyimpanannya adalah 500 GB. Dengan HDD eksternal ini kamu bisa melakukan backup data atau menyimpan data yang ukurannya besar. Nah, selain HDD, sekarang juga ada teknologi berupa SSD internal yang fungsinya sama. Perbedaannya adalah SSD internal bisa menyimpan data lebih cepat, dan kualitas data sangat terjamin aman. Hanya saja, kamu memang butuh merogoh kocek agak dalam. Namun, mengingat pentingnya aksesoris laptop satu ini, aksesoris ini menjadi wajib untuk dimiliki. 

USB Flash Disk

SanDisk Ultra 32GB Flash Drive USB3.0 Stylish Sleek Design Flashdisk (SDCZ48-032G-U46)

Masih memiliki fungsi yang sama dengan HDD dan SSD eksternal, Flash disk atau flash drive merupakan penyimpanan tambahan sementara yang bisa dipakai untuk memindah data atau menyimpan data yang enggak besar. Ukuran flash drive jauh lebih kecil dan ringan sehingga sangat mudah diselipkan di mana pun. Dibandingkan dengan SSD dan HDD eksternal, harga flash disk ini juga jauh lebih murah meski jumlah penyimpanannya juga lebih kecil.

Kalau HDD atau SSD eksternal bisa dipakai untuk penyimpanan data backup, flash disk lebih berfungsi untuk memindahkan data sementara. Sekarang, ukuran Flash Drive ini ada yang mencapai 64 GB. Bentuk flash drive juga sangat beragam. Ada yang berupa kartu tipis, bahkan ada yang berupa bentuk-bentuk hewan atau karakter lucu. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang kamu miliki. 

Tas Laptop

– Orange” images=”https://www.static-src.com/wcsstore/Indraprastha/images/catalog/full//104/MTA-8559185/tropis_studio_tropis_studio_sunrise_floret_laptop_case_15inch_trop15_tas_wanita_-_full02_ikjljynt.jpg” url=”https://www.blibli.com/p/tropis-studio-trop15-sunrise-floret-laptop-case-tas-wanita-15-inch-orange/ps–TRS-60115-00016?ds=TRS-60115-00016-00001&source=SEARCH&sid=0f4c5d32eef36aae&cnc=false&pickupPointCode=PP-3132683&pid=TRS-60115-00016&tag=2HD” button=”Blibli Sekarang”]

Aksesori berikutnya ini sangat diperlukan olehmu yang memiliki mobilitas tinggi. Memiliki tas khusus untuk laptop akan sangat memudahkanmu membawa laptop dan juga aksesori lainnya seperti charger, mouse, hingga cooling pad. Dengan tas khusus ini, membawa laptop akan jauh lebih nyaman, aman, dan ringkas. Kini, tas laptop juga sudah semakin beragam bentuknya karena ada yang berupa tas jinjing, ransel, dan selempang. 

Headphone

Rexus Headset Bluetooth M1

Banyak orang yang terbiasa bekerja sembari mendengarkan musik. Kalau kamu salah satunya, tentunya wajib memiliki headphone ini. Nggak cuman itu, headphone sangatlah berguna bagi kamu yang bekerja sebagai editor video, penerjemah, customer service, copy writer, dan masih banyak lagi. Pilih saja jenis headphone nirkabel yang lebih praktis dan kini sudah banyak tersedia di lapangan. 

Cleaning Kit

JPC KEMANG DK Power Super Cleaning Kit Camera Lens Cleaner Pembersih Lensa Kamera Laptop ORIGINAL

Kalau kamu memakai laptop setiap hari, biasanya laptop akan berdebu dan kotor. Debu yang menumpuk terutama di keyboard dan layar dalam waktu lama bisa mempengaruhi kinerja laptop. Untuk itu, bersihkan laptop milikmu dengan cleaning kit. 

Pelindung Layar

Screen Ward Screen Protector Pelindung Layar 14

Layar laptop sangatlah penting untuk menampilkan pekerjaanmu. Untuk itu, memastikan layarnya nggak tergores atau terkena bekas keyboard tentu hal yang penting. Nah, kamu perlu untuk melapisi layar dengan pelindung layar khusus, ya. 

Pelindung Keyboard

Shiny Toys Silicon Protector Anti Debu Cover Penutup Pelindung Keyboard Notebook

Bukan hanya layar yang butuh untuk dilindungi, keyboard pun juga. Kamu perlu melapisi bagian atas keyboard dengan penutup keyboard supaya debu nggak menumpuk di bagian atasnya. Debu yang menumpuk di atas keyboard bisa membuat keyboard menjadi enggak bisa bekerja dengan baik, dan bahkan bisa rusak. Kalau sudah rusak, maka butuh biaya yang cukup besar untuk mengganti keseluruhan keyboard.

_____________________

Baca juga: Alesan Kenapa Kudu Selalu Backup Data Laptop

Nah, itulah beberapa aksesoris laptop yang wajib dimiliki. Agar kamu bisa tetap produktif ketika bekerja maupun ketika mengerjakan tugas, tentu kamu butuh laptop yang kualitasnya terjaga. Nah, kamu bisa menjaga kualitas laptop ini dengan beragam aksesori di atas. Beberapa jenis aksesori juga sangat penting untuk membuat pekerjaan semakin lancar. Untuk mendapatkan beragam aksesori laptop di atas kini sudah semakin mudah. Kamu bisa mencarinya di Blibli. Toko online terlengkap di Indonesia ini menyediakan beragam aksesori laptop terbaik dan banyak pilihannya, lho!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya