7 Perlengkapan Menyusui yang Perlu Disiapkan untuk Moms Baru

Masa-masa menjelang kelahiran anak pertama adalah momen yang menyenangkan dan sibuk. Moms begitu bersemangat menyambut kelahiran si kecil dengan menyiapkan berbagai kebutuhan bayi. Beberapa jenis barang yang ada di dalam daftar belanja adalah perlengkapan menyusui yang bisa mendukung Moms saat memberikan nutrisi terbaik untuk si kecil kelak.

Tetapi, calon ibu baru biasanya masih bingung memilih produk yang tepat. Berikut ini beberapa perlengkapan menyusui yang perlu Moms siapkan sebelum si kecil lahir.

Nipple Cream

Photo by Instagram – Mothercare

Namanya juga baru menyusui anak pertama kali, terkadang Moms masih melakukan kesalahan saat memasukkan puting ke dalam mulut bayi. Pelekatan yang tidak sempurna saat menyusui tersebut menyebabkan puting lecet sehingga Moms merasa tidak nyaman.

Makanya, Moms perlu menyiapkan nipple cream sebagai salah satu perlengkapan menyusui. Jadi, kalau nanti Moms mengalami puting lecet, tinggal oleskan nipple cream untuk melembapkan payudara dan melindunginya dari kekeringan. Sebagai bonus, nipple cream bisa juga digunakan untuk melembapkan kulit bayi yang kering dan ruam.

IT’S YOUR BODY NIPPLE CREAM DARI MOTHERCARE INI DIFORMULASIKAN DENGAN VITAMIN E YANG COCOK BUAT IBU MENYUSUI.

Maternity Bra

Photo by Instagram – @mooimom.id

Moms perlu mengganti bra biasa dengan maternity bra sejak masa kehamilan. Maternity bra akan membuat Moms merasa nyaman karena mampu menyangga payudara yang mulai membesar dan dalam proses pembentukan saluran ASI. Nah, setelah melahirkan nanti, Moms bisa mendapat manfaat maternity bra yang lebih besar karena memudahkan saat proses menyusui.

Kalau Moms sudah menggunakan maternity bra selama masa kehamilan, tak ada salahnya menambah koleksi perlengkapan menyusui ini sebelum anak pertama lahir. Pilihlah bra dengan bahan yang halus dan lembut, memungkinkan sirkulasi udara yang bagus, serta desain yang memudahkan Moms untuk menyusui.

MATERNITY BRA DARI FERTILE MINDE INI DIBUAT DARI BAHAN YANG HALUS DAN NYAMAN LHO MOMS.

Pompa ASI

Photo by Instagram – @mooimom.id

Pompa ASI bukan hanya kebutuhan ibu bekerja saja. Moms yang sehari-hari tinggal di rumah pun perlu memompa ASI secara rutin agar terhindar dari masalah saluran ASI tersumbat, dan meningkatkan produksi ASI.

Di pasaran, Moms akan menemukan berbagai pilihan pompa ASI, baik yang manual maupun elektrik. Moms bisa memilih pompa tergantung kebutuhan dan kemampuan. Pompa manual tentu harganya lebih murah, tapi butuh banyak energi untuk pengoperasiannya. Sementara pompa elektrik lebih mahal, namun Moms dapat menghemat waktu dan tenaga saat menggunakannya.

WOW! STERILIZER BOTOL DARI MOTHERCARE INI MAMPU MEMBERSIHKAN BOTOL, POMPA ASI, DAN PERALATAN MAKAN BAYI DALAM 7 MENIT SAJA!

Botol Susu

Photo by Stocksnap

Nah, kalau sudah punya ASI perahan (ASIP), maka Moms pasti memerlukan botol susu juga dong. Botol tersebut digunakan untuk meminumkan ASIP pada si kecil. Tapi, meski menyediakan botol susu dan ASIP, Moms tetap harus sering menyusui langsung agar tidak kehilangan momen khusus dengan anak pertama.

Memilih botol susu bayi juga nggak boleh sembarangan Moms. Sebelum membeli, perhatikan tanda bebas BPA, yaitu bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan. Jangan lupa cek juga kode penomoran di bawah botol susu yang bertanda angka 2, artinya dari bahan high-density polyethylene (HDPE).

LAGI CARI BOTOL SUSU BAYI? INI PILIHAN DARI NUBY.

Botol dan Kantong Penyimpan ASIP

Photo by Instagram – @momsthermalbag

ASIP yang tidak langsung diberikan kepada bayi bisa disimpan di lemari pendingin dan bertahan hingga beberapa bulan. Perlengkapan menyusui yang perlu disiapkan untuk menyimpan stok ASIP ini adalah botol kaca atau kantong plastik khusus ASI.

Botol kaca dirancang menyesuaikan pompa ASI dan bisa dipakai ulang, namun harganya mahal dan memakan banyak tempat di dalam ruang freezer. Sementara kantong plastik khusus ASI menghemat ruang di lemari es, dan mudah dibawa, serta dilengkapi ruang untuk label. Namun kantong plastik hanya bisa digunakan sekali saja, rentan bocor, dan terkadang sulit dituangkan ke botol.

CEK PILIHAN KANTONG ASI DARI GABAG YANG TERBUAT DARI PLASTIK YANG TIDAK MUDAH ROBEK INI.

Burp Cloth

Photo by Overallgirl

Setelah menyusui, Moms perlu membantu si kecil untuk mengeluarkan gas yang masuk saat menyusu dan terjebak di dalam saluran pencernaannya. Salah satu caranya dengan benar adalah dengan menggendong bayi di dada dengan dagu tertumpu pada pundak Moms. Kemudian Moms menepuk-nepuk atau mengusap halus punggung bayi agar bisa mengeluarkan gas dari dalam perutnya.

Pada saat inilah burp cloth diperlukan sebagai alas pundak untuk melindungi pakaian Moms agar tidak terkena air liur si kecil. Pilihlah burp cloth dengan 100 persen kapas alami agar bayi nyaman bersandar di atas kain yang lembut.

JANGAN LUPA TAMBAHKAN BURP CLOTH DARI CRIBCOT INI DI DAFTAR BELANJA MOMS.

Nursing Cover

Photo by Instagram – @mooimom.id

Ada kalanya keinginan bayi menyusu timbul saat Moms dan si kecil tidak sedang berada di rumah. Si kecil bisa saja meminta menyusu ketika Moms sedang membawanya ke tempat umum seperti ruang tunggu dokter tempat kontrol kesehatan bayi. Dengan nursing cover, Moms bisa menyusui saat itu juga tanpa harus repot mencari nursery room.

Nursing cover yang bagus terbuat dari bahan katun yang lembut saat bersentuhan dengan kulit bayi. Selain itu, pilih nursing cover yang memungkinkan Moms tetap melihat bayi saat menyusui. Saat ini, Moms bisa menemukan berbagai pilIhan nursing cover dengan model yang trendi, bahkan multifungsi sehingga bisa digunakan sebagai scarf juga.

CEK PILIHAN NURSING COVER DARI MOOIMOM DI SINI.

Belanja perlengkapan menyusui di saat sedang hamil besar seperti sekarang terbilang berat dan melelahkan. Kalau Moms terlalu mager buat keliling toko perlengkapan bayi, belanja saja di Blibli.com. Moms bisa menemukan berbagai pilihan produk perlengkapan menyusui dari merek ternama yang 100% original. Blibli.com juga menyediakan layanan fast delivery yang memastikan barang pesanan Moms sampai di rumah dengan cepat.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY