Siapa sih yang nggak suka bicara tentang skandal? Biasanya kalau kamu mendengar gosip atau berita skandal, pasti akan ada rasa ketertarikan tersendiri. Apalagi kalau skandalnya dilakukan oleh orang-orang terkenal.

Nggak hanya artis dan politisi saja yang punya banyak skandal, atlet-atlet yang kelihatannya ‘kalem’ pun ternyata juga punya banyak gosip lho.

Reputasi seorang atlet yang penuh prestasi bisa dengan cepat berubah ketika mereka melakukan hal-hal yang nggak sedap di mata publik.

Mau tahu atlet-atlet mana saja yang paling banyak tingkah? Yuk, lihat 7 atlet paling kontroversial yang pernah menggugah dunia perolahragaan.

1. Mike Tyson

mike tyson

Via comicvine.gamespot.com

Nama Mike Tyson pasti sudah nggak asing lagi buat kamu. Mike adalah petinju termuda yang pernah memenangkan kejuaraan kelas berat. Nggak cuma itu, prestasi Mike pun membuatnya menjadi salah satu legenda dan atlet petinju yang nggak terkalahkan.

Tapi, sayangnya legenda ini mempunyai kecanduan yang menghancurkan karirnya sebagai petinju. Ya, kasus besar pertama Mike Tyson adalah tentang pelecehan seksual dan pemerkosaan model kontes kecantikan, Desiree Washington.

Mike Tyson memang nggak pernah mengakui perbuatannya ini. Menurut dia, Desiree Washington mendatangi Mike sendiri di kamar hotelnya pada jam 2 pagi. Tapi, sayangnya Mike Tyson tetap dihakimi dan dijatuhi hukuman sebagai pelaku pemerkosaan.

Karena kasus ini, Mike Tyson harus mendekam di penjara selama 6 tahun. Yang membuat orang-orang makin kaget, di dalam penjara pun Mike Tyson masih tetap ‘bermain’ perempuan.

Setelah berhasil keluar penjara, Mike Tyson pun kembali terlibat kasus narkoba yang menyebabkan hidupnya menjadi bangkrut total.

Dalam autobiografi-nya, Mike Tyson pernah bilang kalau dia ingin menjadi pembunuh supaya dia bisa kembali hidup di dalam penjara.

Nggak hanya itu, Mike Tyson pun pernah mengedarkan berita palsu tentang dirinya sendiri. Dia berkata kalau dirinya mengidap penyakit AIDS walaupun sebenarnya dia nggak sakit apa-apa.

2. Lance Armstrong

lance armstrong

Via SedonaKarma

Selain Mike Tyson, ada lagi atlet legenda yang ternyata sering disebut pembohong besar. Memenangi kejuaraan Tour de France selama 7 tahun berturut-turut mengangkat nama Lance Armstrong ke puncak dunia.

Lance Armstrong adalah seseorang atlet sepeda yang selamat dari kanker testis yang sudah cukup parah. Kanker-nya sempat menyebar ke bagian paru-paru dan otak.

Karena berhasil mengalahkan penyakit kronis ini, Lance Armstrong pun mendonasikan penghasilannya dan mendirikan yayasan yang bernama Livestrong.

Kejayanan Lance mengundang banyak kecurigaan. Setelah diselidiki, ternyata munculah berita kalau Lance Armstrong sebenarnya menggunakan obat-obatan terlarang. Lance pada akhirnya mengakui kalau dirinya menggunakan narkoba yang bisa menstimulasi stamina dan aliran oksigen pada tubuh.

Jadi singkatnya, alasan dibalik kesuksesan Lance Armstrong adalah karena dia selalu menggunakan obat-obatan yang “memberikan stamina tambahan” sebelum menggoes.

Karena terus-terusan melindungi reputasinya ini, Lance Armstrong pun harus keluar banyak uang untuk menyogok. Lance Armstrong juga pernah kehilangan sponsor sebesar US$ 75 juta dalam satu hari. Semua berkat prestasi “bohongan” Lance Armstrong.

3. Dennis Rodman

dennis rodman

Via Ms sportingnews.com

Mantan pemain bola basket yang satu ini memang punya berita-berita yang nggak sedap. Pertama, ia memiliki skandal hubungan gelap dengan penyayi yang bernama Madonna di tahun 2005 lalu.

Menurut berita, Madonna pernah menelepon Dennis secara desperate untuk bercinta. Berita ini pun langsung tersebar dan mengangkat nama Dennis Rodman.

Dennis Rodman dikatakan pernah terlibat hubungan seksual dengan lebih dari 2000 wanita, dan 500 diantaranya dihina Dennis sebagai wanita matre.

Nggak cuma itu, Dennis Rodman juga menjalin persahabatan dengan diktator Korea Utara, Kim Jong Un! Buktinya, walaupun dia pernah mabuk dan muntah di negara tersebut, Dennis masih bisa keluar masuk Korea Utara dengan nyaman tuh.

Berita heboh mengenai Dennis Rodman pun terus berlanjut. Tahun ini, dia dikabarkan akan menikahi saudari perempuan dari Kim Jong Un. Bahkan, Dennis Rodman berkomentar kalau Korea Utara itu seperti surga dunia.

4. Michael Vick

michael vick

Via post-gazette.com

Bagi kamu yang mempunyai “hati khusus” terhadap hewan, kamu pasti akan sangat membenci atlet football (atau rugby) yang satu ini. Michael Vick memang berprestasi dalam karirnya, tapi sayangnya Michael Vick mempunyai sisi lain yang kejam.

Michael terlibat dalam pertarungan ilegal antar anjing di Virginia, Amerika. Walaupun awalnya Michael Vick membantah hal ini, pada akhirnya atlet ini terbukti secara hukum terlibat.

Bahkan, Michael menamai tempat pertarungan itu “Bad Newz”. Yang lebih sadisnya lagi, atlet ini menggantung dan membunuh anjing-anjing petarungnya yang nggak mempunyai performa bagus.

Berkat kasus ini, Michael Vick mendapat hukuman kurungan selama 23 bulan di penjara dengan keamanan minim. Michael Vick juga harus membayar denda sebesar 2.500 USD atau sekitar Rp 32 juta.

Putusan hukum ini banyak diprotes oleh beberapa orang khususnya pecinta hewan, karena 23 bulan dan denda masih dinilai nggak cukup. Sakit bacanya!

5. Tonya Harding

tonya harding

Via – wsj.com

Kamu mungkin nggak terlalu mengetahui banyak mengenai kasus ini, karena memang cabang olahraga ini nggak terlalu populer di Indonesia. Walaupun begitu, kasus atlet ice skating ini sangat terkenal di negara luar sehingga banyak dokumenter yang dibuat.

Karena kepopulerannya ini, dibuat juga film layar lebar berjudul “I, Tonya” yang menceritakan kehidupan atlet ini.

Tonya Harding, altet ice skating yang sedang naik daun pada awal 90-an berhasil lolos untuk masuk ke kejuaraan Olimpiade dunia tahun 1994 dan sanggup bersaing dengan Nancy Kerrigan. Nancy Kerrigan merupakan atlet ice skating terbaik pada saat itu.

Karena merasa pesimis dan takut tersaingi, Tonya Harding melakukan suatu hal yang sangat brutal. Kasus ini diawali dengan suami Tonya yang menyewa orang untuk mematahkan kaki lawannya, Nancy, beberapa minggu sebelum Olimpiade dimulai.

Kasus ini menyebabkan Nancy Kerrigan kehilangan kesempatan untuk berlomba pada tahun tersebut. Sadis banget ya!

Menurut pengadilan hukum, memang benar terbukti kalau suami Tonya yang menelepon dan menyuruh orang untuk melukai Nancy. Nggak hanya itu, Tonya pun membantu suaminya ini dengan memperlambat investigasi polisi.

Izin Tonya untuk tetap berkarir sebagai peluncur profesional pun dihentikan dan Tonya harus mundur dari cabang olahraga tersebut. Yang lebih menyedihkannya lagi, Nancy pun ikut mengundurkan diri sebagai peluncur profesional.

6. Tiger Woods

tiger woods

Via gazettereview.com

Begitu mendengar kata ”golf”, pasti nama pertama yang muncul di otak kamu adalah Tiger Woods. Pada setiap pertandingan atau kejuaraan golf, pasti akan selalu ada nama Tiger Woods sebagai salah satu pemenang atau bahkan malah juaranya.

Tapi sayangnya, atlet ini juga terlibat dengan banyak kasus. Pada tahun 2008, istri dari Tiger Woods menemukan banyak bukti kalau suaminya ternyata sudah berbulan-bulan mempunyai hubungan gelap dengan wanita lain. Parahnya, hubungan gelap ini nggak hanya dengan satu wanita saja.

Tiger Woods mendapat julukan internet sebagai “serial cheater” karena saking banyaknya wanita yang pernah berhubungan gelap dengan atlet ini.

Kasus ini mendapat banyak perhatian media karena istri Tiger Woods nggak menanggapi kasus ini dengan tenang. Mereka nggak malu-malu menunjukkan pertengkarannya di muka publik.

Berkat kasus ini, pendapatan Tiger Woods berkurang sebanyak 50% dan namanya pun nggak pernah membaik sepenuhnya.

7. Ryan Giggs

ryan giggs

Via Taddlr

Tahun 2010, para pecinta sepakbola pun harus bersedih karena skandal yang mencemari nama baik pemain veteran dari Manchester United yang satu ini. Siapa sih yang nggak tahu Ryan Giggs? Legenda yang berhasil memenangkan 34 piala selama 23 tahun perjalanan karirnya.

Tahun 2010 lalu, Ryan Giggs sempat terlibat kasus heboh antar keluarganya. Seperti sejumlah atlet di atas, Ryan Giggs tetap nggak puas memiliki satu wanita saja di hidupnya. Dia menjalani hubungan gelap dengan istri kakaknya sendiri selama 8 tahun. Wah, nggak disangka-sangka kan?

Setelah hubungan gelap ini dibuka ke dunia media massa, Ryan Giggs pun segera mengeluarkan permintaan maaf. Kasus ini nggak berakhir begitu saja, pacar gelap Ryan yang bernama Natasha ini memutuskan untuk menguak semua kisahnya bersama.

Bertahun-tahun setelah itu, Ryan Giggs mengulangi perbuatannya, dia kembali berselingkuh dengan pelayan yang bekerja di restoran miliknya sendiri. Kasus ini berhasil membuat istri Ryan Giggs menggugat permintaan cerai.

Kalau kamu perhatikan, kasus yang dialami atlet-atlet terkenal ini kebanyakan berputar sekitar seks dan narkoba. Nah, coba ambil pelajarannya. Jika kamu ingin dikenal, jangan pernah melakukan perbuatan-perbuatan seperti ini.

Cukup fokus berlatih agar kamu bisa menjadi atlet yang dikenal karena prestasi kamu, bukan oleh perbuatan yang ugal-ugalan. Untuk melatih kemampuan kamu secara maksimal, pastikan juga kamu mempunyai perlengkapan yang sesuai, kamu bisa mencarinya via Blibli.com.

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY