me

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Lebih Sering Pake Batik

Sep 27, 2016.By Nadine
Bagikan

pexels.com

Friends, inget gak sih momen membahagiakan saat batik ditetapkan sebagai Warisan Tak Benda UNESCO 2 Oktober 2009 lalu? Indonesia begitu berbangga. Batik dipakai di mana-mana, bahkan ditetapkan sebagai seragam sekolah atau perusahaan tertentu. Sampai-sampai, tidak ada pesta pernikahan tanpa orang yang memakai batik di dalamnya.

Batik sudah jadi hal wajib di acara resmi atau seremoni. Tapi, udah tahu belum sih kalau batik tuh sebenernya udah bisa dipakai sebagai pakaian sehari-hari? Model batik udah berkembang banget, gak hanya sebagai baju, tapi juga fashion items yang seru banget. Pokoknya, selalu ada alasan buat pakai batik! Hmm, apa aja sih alasannya? Baca artikel ini sampai selesai!

1. Kalau diliat-liat, batik itu fun!

blogspot.com

Batik punya berbagai motif yang seru banget. Kamu bisa pakai berbagai motif batik sesuai dengan acara yang didatangi. Pilihan warnanya juga beragam!

2. Pakai batik sama dengan mendorong roda ekonomi lokal

 

blogspot.com

Di balik selembar batik, ada banyak usaha di baliknya. Mulai dari kain, alat, kancing, hingga menjahit. Ya, kamu bisa mendukung roda ekonomi lokal secara langsung. Apalagi kalau batik yang kamu pakai adalah batik tulis. Ada usaha dan ketekunan juga di baliknya.

3. Kamu jadi nunjukkin banget kalo kamu bangga Indonesia

blogspot.com

Batik itu Indonesia banget! Udah gak perlu diragukan lagi.


BACA JUGA 7 Rahasia Nenek Merawat Batik Awet Hingga Puluhan Tahun


4. Cuma batik yang asik dipakai jadi baju sehari-hari

blogspot.com

Kain batik tidak hanya bisa dipakai untuk acara formal atau resmi. Buat yang cewek, kamu bisa pakai rok batik dipadukan dengan kaus polos. Cowok-cowok juga bisa tetap tampil keren dengan batik lengan pendek dipadukan dengan celana chino atau jeans.

5. Batik bisa dipakai buat nunjukkin kepribadianmu

blogspot.com

Pilih sendiri corak dan warna yang paling “kamu” banget. Orang juga pasti langsung bisa nebak kepribadianmu apa.

6. Kamu bisa jadi duta budaya, buat yang sering ketemu sama orang asing nih!

Seiring sejalan sama titel Warisan Tak Benda UNESCO, kamu bisa dengan bangga kalo batik adalah identitas Indonesia. Jangan lupa bilang sama orang dari negeri lain ya kalau kamu ada kesempatan bertemu.

7. Batik bisa bikin penampilanmu berbeda, tapi tetep elegan

modelmuslims.com

Walau motif dan warnanya beragam dan sering keliatan “nyala” banget, batik tetap bisa membuatmu elegan. Pastikan padu padannya tepat yaa.

Udah tahu kan kenapa kamu harus lebih sering pake batik? Udah punya batik berapa di lemarimu, Friends? Pasti punya dong!

Nah, setelah tahu alasan-alasannya, sekarang kamu harus tahu cara merawatnya. Sayang kan kalau batik yang bisa bikin gaya kamu makin keren tak terawat? Hal yang harus kamu perhatikan adalah cara mencucinya. Batik ternyata harus dicuci dengan lembut dan tidak dijemur di tempat yang terik. Selain itu, gunakan sabun cuci dengan formula khusus yang lembut sehingga tidak merusak batik.

Sst, udah tahu belum kalau Attack sekarang menyediakan satu varian khusus untuk mencuci batik? Sabun bernama Attack Batik Cleaner ini emang khusus diciptakan untuk mencuci batik dan bahan halus lainnya. Kandungan pembersihnya berasal dari bahan alami sehingga warna batik tidak mudah pudar. Yuk cek Blibli.com untuk mendapatkan Attack Batik. Sst, kamu bisa juga liat berbagai koleksi batik yang ada di Blibli.com untuk menambah koleksi batikmu.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya