6 Cara Agar Si Kecil Lancar Berjalan

Akhir tahun pertama si kecil adalah momen membahagiakan bagi Moms karena si kecil mulai menunjukkan kemampuannya untuk berdiri dan berjalan, walau di awal mungkin tidak seimbang dan akan sering terjatuh. Ternyata, Moms tidak perlu menuntut si kecil untuk cepat bisa berjalan karena setiap anak punya kemampuan yang berbeda.

Tapi, Moms bisa membantu agar si kecil makin lancar berjalan, lho. Apa aja? Simak artikel ini sampai habis yuk!

1. Beri ruang yang luas dan aman

Ruangan yang terlalu banyak benda akan membuat si kecil sulit untuk berjalan. Karena barang-barang di sekitar menjadi hambatan baginya dalam menentukan arah jalan. Selain itu, ruangan padat juga berbahaya bagi dia yang belum lancar berjalan. Sebab ada kemungkinan tubuhnya tidak seimbang hingga terjatuh. Keberadaan benda di dekatnya bisa membuat ia terantuk.

2. Letakkan beberapa perabot yang kokoh

Furnitur yang kokoh bisa membantu si kecil sesekali berpegangan kala melintasi ruangan. Namun agar tidak berbahaya, singkirkan meja bersudut tajam yang mungkin akan melukainya. Simpan pula benda-benda yang mudah terjatuh, pecah, dan berpotensi membahayakan si kecil atau membuatnya tersandung.

3. Beri pagar pada ujung tangga di rumah

Moms, di masa belajar, terkadang si kecil belum dapat menjaga keseimbangan tubuhnya. Karena itu, penting bagi Moms untuk menjaganya agar tidak menaiki tangga seorang diri. Yang bisa Moms lakukan adalah memasang pagar pada ujung tangga. Bisa juga melakukan pendampingan ekstra ketat, sehingga Moms tidak kecolongan saat ia mencoba menaiki tangga sendiri.

4. Pilih sepatu yang nyaman di kaki

Ketika Moms mengajak si kecil berjalan-jalan di halaman rumah atau berkeliling kompleks, jangan lupa pakaikan alas kaki padanya. Tapi sebaiknya hindari penggunaan sendal jepit. Sebab jemari kakinya yang masih mungil belum bisa mencengkram sendal dengan baik. Hingga ia akan mudah tersandung. Ada baiknya Moms memberikannya sepatu yang nyaman dengan lapisan sol nan lembut dan elastis. Ini berguna agar ia tidak merasa risih dan berat kala melangkah.

5. Pilih alat yang tepat untuk membantu belajar jalan

Dulu, banyak Moms yang menggunakan baby walker untuk mengajarkan si kecil berjalan. Namun sejumlah penelitian menyatakan bila baby walker tidak aman baginya. Bahkan situs Ikatan Dokter Anak Indonesia menuliskan dalam artikel Penggunaan baby walker bila setiap tahunnya banyak balita yang cidera akibat alat bantu jalan itu. Karena itu, Moms sebaiknya pintar memilih alat bantu jalan untuk si kecil. Jika terlanjur membelinya, awasilah pemakaiannya dengan ketat.

6. Beri semangat agar si kecil tidak selalu minta gendong

Agar langkah si kecil bertambah stabil dan lancar, ada baiknya Moms tidak selalu memenuhi keinginannya untuk digendong. Di tahap ini, Moms dapat memberikannya pujian dan apresiasi ketika berhasil berjalan sendiri. Sehingga ia akan lebih percaya diri dan semangat melakukannya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan lupa perhatikan asupan makanan dengan gizi seimbang agar tumbuh kembangnya optimal. Salah satu cara untuk menambah asupan gizi si kecil adalah memberikan susu yang tepat di masa pertumbuhan. Nah, Moms bisa memilih Dancow 1 EXCELNUTRI yang diformulasikan untuk si kecil berusia 1-3 tahun. Tapi tentunya tidak ada yang lebih baik daripada ASI Eksklusif untuk si kecil di bawah satu tahun yaa.

Buat Moms yang ingin membeli produk Dancow, gak perlu repot karena sekarangg Moms bisa membelinya di Blibli.com. manfaatkan berbagai promo dan fasilitas yang dimiliki Blibli.com mulai dari cicilan 0%, gratis ongkir*, beragam cara pembayaran, dan kualitasnya yang terjamin.

KLIK DI SINI UNTUK MEMBELI SUSU DANCOW YANG TEPAT UNTUK MEMENUHI ASUPAN GIZI SI KECIL.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY