Kendaraan bermotor biasanya menjadi alat transportasi penting untuk mobilitas sehari-hari, seperti pergi ke tempat kerja atau jalan-jalan saat weekend. Agar kendaraan bermotor selalu nyaman dan aman saat dipakai, perlu dilakukan perawatan mulai dari mengganti oli hingga mengganti suku cadang yang sudah aus atau rusak.

Mencari suku cadang, sebaiknya di tempat terpercaya, agar tidak salah, apalagi tertipu. Sebab sekarang ini banyak suku cadang dengan label asli ternyata barangnya palsu. Kamu bisa mencari suku cadang kendaraan bermotor orisinil bisa di Blibli.com. Di Blibli.com kualitas produk terjamin dan kamu bisa mendapatkan manfaat lain seperti bebas ongkos kirim.

Mengapa sih harus membeli suku cadang asli? Berikut ini beberapa alasan penting mengapa kamu sebaiknya membeli suku cadang asli untuk kendaraan bermotor milikmu:

 Nggak bikin kamu sering ke bengkel

ganti suku cadang

Via motozonemotorsports

Satu hal paling diakui dari suku cadang asli adalah kualitasnya. Ganti suku cadang yang rusak dengan produk asli yang kualitasnya setara dengan suku cadang bawaan pabrik saat kamu pertama membeli kendaraan. Suku cadang ini biasanya lebih awet dan masa pakainya lebih lama. Jadi kamu tak perlu sering pergi ke bengkel untuk mengganti suku cadang kendaraan.

Bila dihitung-hitung harganya lebih irit

suku cadang 2

Suku cadang asli sering dicap sebagai suku cadang yang harganya tidak bersahabat dengan kantong. Benarkah seperti itu? Oke, sebagai contoh adalah suku cadang shockbreaker asli seperti ini, harganya berkisar Rp200 ribu. Untuk pemakaian di jalan raya, usia pakainya bisa 3-4 tahun. Sementara untuk suku cadang tidak asli, harganya mungkin hanya Rp150 ribu, tapi umumnya hanya terpakai 1-2 tahun. Dihitung dari usia pakai, kira-kira lebih murah mana? Suku cadang asli jatuhnya ternyata lebih efisien!

Kendaraan lebih nyaman dikendarai

kendaraan aman

Suku cadang asli juga menawarkan kenyamanan dalam berkendaraan. Masih shockbreaker sebagai contoh. Suku cadang asli akan memberikan kenyamanan dan kendali yang baik saat digunakan di jalan bergelombang. Sementara suku cadang imitasi, biasanya shockbreaker terasa lebih keras dan mungkin sulit dikendalikan di jalanan bergelombang.

Membuat selamat sampai tujuan

selamat sampai tujuan

Via autoevolution

 Rem sangat penting untuk mendukung keselamatan. Apa jadinya bila rem sudah kamu tekan tapi motor tetap ngeloyor? Kualitas suku cadang pengereman seperti kampas dan master rem yang asli menjamin kinerja pengereman bekerja dengan baik dan menjamin kamu selamat sampai tujuan. Risiko kendaraan ngeloyor saat direm bisa dihindari.

Kendaraan bisa berumur lebih panjang

kendaraan

Via i.ytimg

 Mengganti suku cadang kendaraan, khususnya bagian mesin, sebaiknya jangan mencoba suku cadang non-orisinil. Misalnya saat mengganti filter oli seperti ini, kualitas filter oli orisinil bisa menyaring oli dengan baik dan kualitas oli terjaga. Oli kualitas baik sangat menentukan keawetan mesin kendaraan. Bila menggunakan filter oli tidak standar dan oli tidak dalam kondisi bersih, sangat mungkin umur mesin kendaraan bisa lebih pendek karena oli cepat kotor.

Harga jual kembali tetap tinggi

harga jual

 Via catalog-moto

Kendaraan yang suku cadangnya masih orisinil biasanya ketika dijual lagi harganya rata-rata lebih tinggi dibanding yang perawatannya sembarangan. Apalagi kalau sudah teruji dengan keawetannya. Dibanding yang sudah banyak diganti dengan yang imitasi, tentu yang asli akan membuat orang merasa lebih nyaman ketika membeli. Kamu sendiri pasti juga lebih senang punya barang asli dibanding yang kualitas imitasi kan?

 

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY