Seluruh aktivitas olahraga pastinya membutuhkan komponen penunjang seperti sepatu. Sepatu yang digunakan pun tak bisa asal pakai saja. Bahkan, sebagian orang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mencari sepatu terbaik.

Hal yang sama di dunia futsal, pilihan sepatu yang tepat wajib hukumnya. Sayangnya  kebanyakan orang merasa kebingungan atau bahkan salah dalam membeli sepatu.

Mulai dari pemula, bahkan pemain yang sudah cukup lama bermain pun sering melakukan kesalahan dalam memilih sepatu.

Berikut ini adalah 5 tips bagi Anda untuk memilih peralatan tempur (sepatu futsal) yang baik.

1. Budget

budget

Via bolalob

Ini terpenting untuk jadi pertimbangan yakni kondisi keuangan kamu. Sesuaikan membeli sepatu futsal dengan budget sepatu yang kamu miliki. Namun sekali lagi kamu jangan pula membeli sepatu yang murahan.

Bila kamu memiliki budget yang cukup kamu bisa membeli sepatu dengan mereka lokal. Bila duitmu banyak kamu bisa memilih seperti merek luar yang berada di kelas entry level seperti Nike, Adidas, dan Puma.

2. Sesuaikan Bentuk Kakibentuk-kaki

Via FIFA

Cara pertama yang dilakukan adalah pilihlah sepatu dengan bentuk kaki. Ada dua macam bentuk kaki yang biasa dimiliki setiap orang yaitu slim fit dan wide fit. Sebelum memilih dan membelinya, pastika kamu mengetahui bentuk kaki.

Caranya cukup mudah. Hanya dengan menapakkan kaki dalam keadaan basah ke atas kertas. Dari jejak kaki yang terlihat akan menunjukkan bentuk kakimu seperti apa.

3. Sesuaikan bentuk permainanpermainan

Via futsalzone

Nah selain itu kamu juga perhatikan bentuk permainan kamu di futsal. Bila kamu bertipikal shooter, pilihlah sepatu futsal yang ketat di sisi-sisi kaki kita.

Untuk kamu yang cenderung jadi bertipikal passer, maka pilihlah sepatu yang tapak atau solnya agak melebar. Hal ini akan memudahkan untuk kontrol dan passing.

Khusus untuk pemain yang suka Dribbler. Pilih sepatu yang ringan sehingga memudahkan dalam pergerakan dan akselerasi.


BACA JUGA Mengenal Jenis-Jenis Jersey Sepakbola Yang Terjual Pasar Indonesia


4. Perhatikan ukuran

ukuranVia bolalob

Dalam memilih sepatu memperhatikan ukuran adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Pilihlah ukuran sepatu setidaknya 1 cm lebih besar dibandingkan dengan ukuran kaki. Hal ini akan memaksimalkan rasa yaman pada kaki kamu.

5. Perhatikan bahan luar dan dalam sepatumaxresdefault

Via i.ytimg.com

Cara keempat yakni memperhatikan bahan luar dan dalam sepatu. Untuk bahan luar sepatu, memilih sepatu yang memiliki bahan kulit sintetis dengan bahan terbaik, kain halus, serat karbon adalah pilihan yang tepat.

Bagian upper atau punggung sepatu dengan bahan kulit merupakan pilihan yang baik. Karena upper dengan bahan kulit akan mengikuti bentuk kaki dan tidak kaku.

Sementara bagian sol sepatu, pilihlah bahan yang empuk dan anti slip agar nyaman dipakai serta menghindari terpeleset saat bermain futsal.

Gimana? Apakah kamu sudah tahu mau mencari sepatu futsal yang seperti apa? Blibli.com memiliki berbagai pilihan sepatu futsal untuk kamu Friends. Apalagi, kamu bisa manfaatkan cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia!

Yuk, tunggu apalagi?

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY