Gadget sekarang semakin canggih. Berbagai game menarik membuat anak-anak sering kali asyik dengan dunia di gadget mereka. Sesekali bermain game di gadget tidak jadi masalah. Sayangnya banyak yang sulit lepas dari gadget. Bahkan tak jarang ada yang sampai lupa makan. Repot kalau sudah begini.

Ada baiknya Moms mulai memberikan variasi permainan, utamanya yang bisa membuat anak aktif bergerak dan bisa membangun imajinasi mereka. Jadi si kecil tidak menghabiskan waktu seharian memegang gadget dan tidak bergerak dari sofa atau tempat tidur.

Apa kegiatan untuk mengalihkan perhatiannya? Tenang, ada banyak kok mainan edukatif yang bisa Moms pilih untuk mengasah motorik dan imajinasi anak.

Yuk, coba beberapa permainan ini untuk mengalihkan keasyikannya bermain gadget:

  1. Menyusun rumah, mobil, dan robot dengan legomenyusun lego

Via 3.bp.blogspot.com

Lego sudah dikenal sejak lama sebagai mainan edukatif. Menyusun lego sangat baik untuk mengasah saraf motorik halus anak dan juga mengasah imajinasi. Lewat potongan-potongan lego, anak bisa berimajinasi membangun rumah, mobil, dan juga robot yang keren. Moms bisa membelikan lego keren di Blibli.com yang bisa dicicil 0%.

  1. Camping seru di sekitar rumahcamping

Via matadornetwork

Salah satu kegiatan seru yang disukai anak-anak adalah camping. Namun, waktu dan lokasi yang jauh membuat kegiatan ini jarang dilakukan. Jika ia suka bertualang, Moms bisa membeli tenda seperti agar si kecil tetap bisa camping di sekitar rumah kapan pun yang dia inginkan. Belajar mendirikan tenda bisa mengasah saraf motorik dan mengajarinya bekerja sistematis.

  1. Ajak bermain peran dengan teman sebayamainanAnak bisa asyik bermain jika ada teman sebaya. Untuk itu, coba belikan permainan peran minimarket seperti ini. Anak Moms bisa jadi kasir, dan temannya bergantian jadi pembeli, atau sebaliknya. Ini akan membuatnya belajar berinteraksi dan bermain imajinasi.
  1. Ajak jadi chef cilik chef cilik

Via htekidsnews

 Waktu Moms masih kecil, bermain masak-masakan mungkin jadi aktivitas seru yang sering dilakukan. Ajak si kecil, khususnya anak perempuan, untuk mencoba permainan klasik ini. Belikan mainan masak-masakan seperti kompor, panci, wajan, dan lainnya. Si kecil sepertinya akan menyukai dan Moms bisa mengenalkan cara memasak yang baik.

  1. Bermain dan beradu gasing gasing

Gasing adalah permainan tradisional yang bertahan hingga sekarang. Bedanya, sekarang umumnya permainan ini menggunakan gasing modern yang lebih mudah dimainkan dan bisa menyala warna-warni. Mengadu gasing bisa menjadi kegiatan seru bagi si kecil, apalagi bila teman-temannya ikut bermain dan mengadu gasing dengan si kecil. Pasti seru dan dia bisa melupakan gadget-nya.

Dengan aneka permainan tadi, semoga anak-anak bisa lebih aktif dan terjauhkan dari kecanduan gadget ya Moms.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY