5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Koper

Traveling bukan sekadar menyiapkan destinasi dan itinerary, tapi juga koper yang tepat buat membawa segala keperluan yang dibutuhkan. Kehadiran koper ini sudah layaknya teman bertualang yang akan menemani kamu kemanapun. Sebagai teman bertualang, pastinya kamu ingin menjatuhkan pilihan yang terbaik yang tentunya bikin perjalanan semakin nyaman.

Memilih koper memang bisa jadi hal yang tricky. Mulai dari ketahanannya, bobotnya, semua hal harus diperhatikan supaya koper yang kamu pilih juga bisa tahan banting dan berumur panjang. Nah, kalau kamu punya rencana membeli koper baru buat menemani liburan di akhir tahun, ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan supaya enggak salah pilih. Simak ya!

Pilih Material Sesuai Kebutuhan

Koper biasanya terdiri dari dua jenis bahan, yaitu soft case dan hard case. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Koper berjenis soft case biasanya akan lebih tahan terhadap guncangan atau benturan jika dibandingkan dengan yang hard case. Sebaliknya, koper berjenis hard case lebih bersahabat terhadap cuaca, seperti tahan air sehingga barang-barang yang ada di dalamnya akan aman saat kamu bepergian di tengah musim hujan.

Meski begitu, kamu tetap bisa menyiasati kedua pilihan dengan memeriksa detail bahan. Misalnya kamu memilih koper berjenis hard case, pilih koper berbahan polycarbonate yang cukup ringan dan enggak mudah retak seperti koleksi dari American Tourister Armada berikut. Buat yang jenisnya soft case, kini pun sudah ada koper yang dilengkapi dengan bahan ballistic nylon sehingga cukup awet, enggak mudah sobek, dan tentunya juga bersahabat dengan cuaca.

CARI KOPER DENGAN BAHAN POLYCARBONATE YANG KUAT DI SINI

Sesuaikan Ukuran Dengan Kapasitas Barang

Besar atau kecilnya koper yang kamu pilih juga bisa disesuaikan dengan banyak faktor, seperti panjang perjalanan atau pilihan maskapai penerbangan. Kalau liburanmu tergolong singkat, 2 hingga 3 hari perjalanan, koper berukuran kabin atau kecil cukup untuk di bawa. Biasanya beberapa maskapai mengizinkan seseorang membawa koper yang berukuran kabin dengan regulasi tertentu. Jadi, enggak semua koper yang berukuran kecil pasti bisa kamu bawa ke dalam kabin. Umumnya, ukuran koper yang boleh kamu bawa ke dalam kabin enggak lebih dari 56 cm x 36 cm x 23 cm. Samsonite Optic berikut bisa jadi pilihan koper berukuran kabin yang pas untuk kamu miliki.

Jika perjalananmu akan lebih panjang, kamu bisa memilih koper yang berukuran sedang hingga besar, yang akan punya space lebih leluasa. Meski begitu tetap perhatikan berat keseluruhan koper dan barang bawaanmu supaya enggak melebihi batas maksimum yang diperbolehkan oleh maskapai ya.

PILIH KOPER KABIN YANG SESUAI KEINGINANMU DI SINI

Perhatikan Handle

Memang terlihat sepele, tapi ini jadi salah satu hal yang wajib kamu perhatikan supaya perjalananmu semakin nyaman. Mulai dari tinggi handle yang disesuaikan dengan tinggi badanmu, hingga grip yang terdiri dari satau atau dua bar buat kenyamanan kamu menggenggam dan menggeret koper. Lirik koleksi dari Polo Milano ini dimana handle grip pada gagang koper dirancang anti slip untuk membuat genggaman lebih nyaman dan kuat.

Selain itu, perhatikan juga jenis handle supaya enggak mempengaruhi kapasitas penyimpanan koper. Karena ada jenis handle yang terletak di dalam koper dan jelas ini akan mengurangi space penyimpanan. Kelebihannya, posisi ini akan buat handle lebih terlindungi dan enggak mudah rusak. Tapi buat kamu yang lebih mementingkan kapasitas, bisa pilih handle yang letaknya di luar koper supaya memiliki ruang yang lebih luas buat barang-barangmu.

CARI KOPER DENGAN POSISI HANDLE YANG SESUAI KEBUTUHANMU DI SINI

Mempertimbangkan Jumlah Roda

Ini juga enggak kalah pentingnya dalam memilih koper. Ada dua jenis roda yang umumnya perlu kamu perhatikan kelebihan dan kekurangannya saat memilih koper. Koper dengan dua roda (roller) biasanya lebih kuat saat harus digeret di permukaan yang enggak terlalu mulus dan rata. Kekurangannya, koper ini enggak terlalu praktis di bawa saat kamu perlu membawa barang bawaan lainnya dan tentunya memiliki bobot yang lebih berat saat digeret.

Pilihan lainnya, koper dengan 4 roda (spinner) jelas akan terasa lebih praktis dan ringan dalam membawanya. Kendalanya, saat kamu membawanya pada permukaan yang kurang rata dan mulus, jenis roda ini biasanya akan sering mengalami hambatan yang akhirnya kamu akan membawanya dengan posisi ditarik layaknya koper beroda dua. Kalau setelah mempertimbangkan hal di atas pilihan kamu jatuh pada koper dengan jenis roda spinner, bisa lirik koleksi dari Polo Team 040 berikut. Koper ini juga akan terasa lebih ringan dan bergerak dengan leluasa. Plus, dengan desain dan warna yang trendi bikin kamu makin semangat buat bepergian.

LIRIK KOPER LAIN BERTIPE RODA SPINNER DI SINI

Perhatikan Keamanan Dari Koper

Pilihan kunci atau gembok juga perlu diperhatikan saat membeli koper buat memastikan keamanannya. Sekarang ini, sudah banyak tersedia koper dengan standar keamanan internasional yang dilengkapi dengan kunci standar TSA (Travel Sentry Approved) seperti koleksi Samsonite 55-20 Crosslite ini. Karena enggak menutup kemungkinan kalau sewaktu-waktu petugas bandara akan memeriksa bagasi dari setiap penumpang. Dengan jenis kunci ini, akan lebih mudah bagi petugas bagasi di bandara membuka koper milikmu untuk keperluan pemeriksaan tanpa harus merusak kunci koper secara paksa.

PILIH KOPER DENGAN KEAMANAN YANG TERJAMIN DI SINI

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli koper. Semua jenis koper di atas bisa kamu dapatkan di Blibli.com. Belanja di Blibli.com semua produk dijamin 100% original. Kamu juga bisa menikmati penawaran diskon menarik hingga free ongkos kirim. Tunggu apalagi, yuk belanja di Blibli.com sekarang juga!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY