me

4 Seni Bela Diri Terbaik Paling Populer di Dunia

Oct 25, 2022.By Rio
Bagikan

image source: pexels

Sebagian orang awalnya tertarik belajar bela diri setelah menonton film laga yang menyuguhkan atraksi memukau. Selain itu disisi lain ada yang iseng ikut-ikutan karena diajak teman.

Ada juga jatuh cinta setelah latihan beberapa tahun dan menjadikan bela diri sebagai jalan hidup.

Ilmu bela diri sejatinya diciptakan untuk mempertahankan diri dari serangan dan ancaman dari luar. Terdapat banyak ilmu bela diri yang unik di berbagai belahan dunia sekarang ini.

Keunikan tehnik seni bela diri tersebut ikut dipengaruni oleh budaya negara dan kearifan lokal. Berikut 4 jenis bela diri yang layak kamu ketahui atau mungkin kamu ingin dipelajari:

1. Ju-jitsu

image source: usjjf.org

Jujitsu merupakan seni beladiri asal Jepang yang fokusnya adalah melakukan kuncian terhadap lawan. Dimana beladiri ini pesilat menerapkan gerakan yang memanfaatkan lawan sehingga lawan merasa sakit dan pada sebagian gerakan. Selain itu olahraga juga membuat lawan tidak bisa bergerak.

2. Karate

image source: gannett-cdn.com

Karate adalah seni beladiri yang berasal dari daratan cina yang akhirnya berkembang dan populer di Jepang. Rata rata gerakan di Karate mengandalkan kekuatan tangan.

Teknik Karate terbagi menjadi tiga bagian utama : Kihon (teknik dasar), Kata(jurus) dan Kumite (pertarungan).


BACA JUGA Biar Tetap Aman di Kala Genting, Ini 7 Bela Diri yang Wajib Kamu Pelajari!


3. Judo

image source: ijf.org

Judo adalah olahraga yang juga berasal dari Negeri Sakura Jepang. Judo merupakan akar dari bela diri karate. Judo mengutamakan Teknik Teknik bantingan. Judo menggunakan momentum lawan untuk membantingnya, sehingga, idealnya, orang kecil juga dapat membanting orang yang besar.

Saat ini, judo telah dipertandingkan di Olimpiade dan digunakan oleh polisi di berbagai negara sebagai beladiri resminya.

Aturan utama alat pertahanan diri judo adalah bahwa orang-orang yang berlatih seni ini tidak harus mengalahkan kekuatan dari diri mereka sendiri.

4. Taekwondo

image source: olympic.org.nz

Taekwondo merupakan bela diri yang berasal dari negeri ginseng alias Korea. Satu hal unik yang menjadi ciri khas Taekwondo adalah bela diri ini lebih banyak menggunakan gerakan kaki atau tendangan.

Dalam beladiri ini juga berkonsentrasi pada stamina, keseimbangan, kecepatan, fleksibilitas dan kekuatan untuk melakukan yang satu ini. Praktek Takewondo telah meningkat setelah Perang Dunia II dan merupakan salah satu seni yang dipraktekkan di Olimpiade.

Hayoo, kamu pilih bela diri yang mana nih Friends? Semuanya memiliki fungsi yang sama, berolahraga sekalian menjaga diri. Sebelum kamu berlatih, miliki dulu perlengkapan bela dirimu di sini Friends. Dapatkan cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia kalau kamu belanja di Blibli.com.

Olahraga itu penting lho Friends!

Tag: