me

4 Warna Feses Bayi Tidak Cocok Susu Formula Penting!

Apr 17, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/primagefactory
Ini dia 4 warna feses bayi tidak cocok susu formula untuk kamu ketahui!

Warna Feses Bayi Tidak Cocok Susu Formula — Memenuhi kebutuhan nutrisi bayi adalah sebuah hal penting. Para orang tua biasanya akan melakukan banyak hal untuk memenuhi kebutuhan ini secara optimal. Salah satunya adalah dengan memberikan susu formula terbaik. Tapi, ternyata nggak semua susu formula cocok dikonsumsi oleh bayi. Ada juga bayi yang nggak cocok mengonsumsi susu formula tertentu.

Bayi yang nggak cocok dengan susu formula ternyata bisa kamu ketahui dari warna fesesnya. Apa saja warnanya? Ini dia warna feses bayi tidak cocok susu formula.

Baca Juga :


Feses bayi berwarna kehitaman

WHO merekomendasikan para ibu untuk menyusui secara eksklusif pada 6 bulan pertama kelahiran si kecil. Sayangnya, nggak semua keadaan memungkinkan hal ini. maka dari itu, para ibu pun mengatasi masalah ini dengan memberikan susu formula. Ternyata, warna dan tekstur feses pada bayi bisa menjadi tanda bahwa dia nggak cocok dengan susu formula yang sedang dikonsumsi.

Warna feses bayi tidak cocok susu formula bisa jadi akan terlihat kehitaman. Hal ini menandakan kalau si kecil mengalami alergi makanan. Oleh karena itu, kamu perlu mewaspadainya, terlepas dari pemberian susu formula maupun sebaliknya. Pasalnya, pada umumnya si kecil mendapatkan protein dari yang dia konsumsi, seperti susu formula maupun ASI.

Kalau kamu mendapati fesis sang buah hati warnanya hitam, baik secara keseluruhan atau sebatas bercak, maka hal ini menandakan si kecil mencerna darah pada waktu menyusui langsung dari puting ibu. Kalau mengonsumsi susu formula, bisa jadi hal ini terjadi karena ada peredaran darah yang ditemukan di sistem pencernaannya.

Pada saat mengganti popok bayi, jangan enggan untuk mengecek warna feses si kecil. Hal ini penting sekali dilakukan supaya kamu lebih mudah untuk mengetahui ada nggak sih masalah yang terjadi [da pencernaannya, terlebih sesudah mengonsumsi susu formula. Dengan begitu langkah terbaik dan tepat pun bisa segera diambil untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Feses berwarna gelap dan bertekstur keras

Bayi yang mengonsumsi susu formula atau ASI biasanya memiliki warna feses coklat atau kuning. Selain itu, teksturnya juga sering cair atau bisa pula padat seperti mentega, bukan keras. maka dari itu, kalau kamu menemukan bayi yang mengonsumsi susu formula dan teksturnya keras, maka tubuh si kecil merasa nggak cocok dengan kandungan tertentu pada susu formula yang dikonsumsi.

Kalau sebelumnya bayi mengonsumsi ASI, kemudian berpindah ke susu formula, bisa jadi feses keras menjadi hasil dari si kecil mengalami konstipasi, sebab sistem pencernaannya sedang melakukan adaptasi dengan kandungan susu formula. Hal ini juga terjadi pada bayi yang mulai dikenalkan dengan makanan padat ketika usianya mencapai 6 bulan.

Kamu bisa memastikan apakah tekstur feses bayi padat atau keras setelah mengonsumsi susu formula. Di samping itu, cek juga warna fesesnya. Warna feses bayi tidak cocok susu formula yang juga diikuti dengan tekstur keras biasanya akan terlihat lebih gelap. Untuk itu kamu bisa lebih cermat dan teliti dalam mengetahui hal ini. Jadi, susu formula yang dikonsumsi bayi pun bisa segera dihentikan. 

Warna feses bayi terkadang hijau tua

Secara umum, warna feses bayi yang nggak mengalami masalah pada pencernaannya adalah coklat. Tapi, ternyata ada juga sejumlah bayi yang warna fesesnya berubah dan menjadi sebuah tanda bahwa dia merasa nggak cocok dengan susu formulanya. Hal ini bisa kamu ketahui dengan mengecek feses bayi setelah dia mengonsumsi susu formula tertentu.

Warna feses bayi tidak cocok susu formula berikutnya adalah terkadang kehijauan. Ternyata, feses hijau tua yang ada pada bayi bisa menjadi salah satu tanda bahwa si kecil nggak cocok mengonsumsi susu yang memiliki formula hypoallergenic. Hal yang satu ini perlu kamu ketahui dan waspadai, sehingga akan lebih cepat pula diatasi kalau gejalanya muncul.

Pada kejadian seperti ini, feses sering terlihat pucat. Selain itu, ada kalanya juga berair atau bahkan berbentuk keras. Oleh karena itu, kamu perlu segera mulai melakukan langkah yang tepat pada waktu warna dan ciri feses si kecil seperti di atas muncul. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih mudah untuk membuat si kecil nggak merasa kurang nyaman akibat mengonsumsi susu dengan kandungan di atas.

Kamu bisa mengecek kembali formula yang ada di dalam susu formula. Hal ini akan membantu si kecil nggak lagi mengalami kejadian yang membuatnya merasa nggak nyaman. Selain itu, bisa juga bayi mengalami alergi terhadap susu dengan formula hypoallergenic maupun formula tambahan tertentu yang lainnya.

Warna feses bayi hitam dan memiliki lendir bening

Pada saat si kecil merasa nggak cocok dengan susu formula yang dikonsumsi, maka salah satu indikator yang bisa kamu temukan adalah warnanya hitam. Selain itu, kamu juga bisa menemukan adanya lendir bening di popok bayi yang waktunya juga lama. Hal yang satu ini menjadi tanda bahwa si kecil tengah mengalami alergi pada makanan dan nggak terkecuali dengan alergi protein susu.

Ada banyak banget susu formula yang baik dengan beraneka kandungan di dalamnya. Tapi, pada waktu terjadi perubahan warna dan bentuk, apalagi sampai mengeluarkan lendir pada feses bayi, maka kamu jangan memaksakan si kecil untuk minum susu formula tersebut. Hal ini penting dilakukan supaya nggak membuat keadaan fisiknya makin memburuk dan menjadikannya kurang nyaman.

Pada waktu kamu menemukan ciri warna feses anak yang nggak cocok dengan susu formula, maka menghentikan konsumsi produk tersebut menjadi cara paling aman. Selain itu juga ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan cara tetap memberikan susu yang memiliki formulasi asam amino sebagai sumber nitrogen serta susu formula soya atau kedelai sebagai sumber protein untuk di atas 6 bulan.

Ada juga cara lain yang bisa kamu lakukan, yakni memberikan pijatan lembut pada bagian bawah perut bayi. Pijatan ini bisa dilakukan setelah memandikan si kecil maupun ketika kamu mau menidurkannya. Hal ini dilakukan supaya proses mencerna ketika mengonsumsi susu pun lebih ringan. 


Baca Juga :

Blibli Friends sudah tahu 4 warna feses bayi tidak cocok susu formula. Kamu bisa membeli Susu Formula kalau si kecil nggak mengalami masalah mengonsumsi produk ini. Pembeliannya bisa dilakukan di Blibli, kapan saja dan dari mana saja. Pembeliannya juga bisa kamu lakukan dari mana pun dan kapan pun. Nikmati juga layanan pengiriman cepat dan gratis ongkir agar makin puas!

Tag: