me

Biar Printer Nggak Cepet Rusak, Intip Dulu Tips Memilih Tinta Printer Berikut Ini

Mar 16, 2018.By Jarvis
Bagikan

pexels.com

Pemilihan tinta printer bukan hanya akan berpengaruh pada hasil cetakan, lho, tapi juga pada tingkat keawetan printer. Pasalnya, tinta printer yang kualitasnya sembarangan bisa menyebabkan kerusakan pada printer. Itulah pentingnya memilih tinta printer yang aman dan berkualitas untuk printer kamu.

Supaya kamu nggak salah lagi dalam memilih tinta, kali ini, Blibli Friends punya ulasan mengenai tips memilih tinta printer yang bisa kamu jadikan acuan ketika akan membeli tinta printer. Apa saja ya kira-kira? Yuk, langsung saja simak tips-tipsnya berikut ini!

KLIK DI SINI UNTUK TEMUKAN BERBAGAI PILIHAN TINTA REFILL

1. Pilih merek yang sesuai dengan printer kamu 

memilih tinta printer
pexels.com

Setiap merek tinta biasanya memiliki kekentalan yang berbeda. Jadi, pastikan untuk mengisi tinta printer kamu dengan merek yang sama dengan merek printer agar tingkat kekentalannya pas dan cocok dengan printer kamu. Tinta yang terlalu kental atau terlalu encer pastinya bakal bikin printer kamu jadi cepat rusak.

CARTRIDGE COMBO PACK BLACK & TRI COLOR BUAT PRINTER HP KAMU!

2. Perhatikan kompatibilitas tinta printer

memilih tinta printer
pexels.com

Setelah merek, hal kedua yang harus kamu perhatikan saat memilih tinta printer adalah kompatibilitas printer tersebut. Biasanya tertera di kemasan tinta, printer tipe apa saja yang kompatibel dengan tinta printer tersebut.

Misalnya, Canon Ink Tank PG-88 kompatibel untuk printer Canon E500 dan E600. Kamu mungkin bisa saja menggunakan Canon Ink Tank PG-88 untuk printer Canon tipe lain, namun akan lebih aman menggunakan tinta yang kompatibel dengan tipe printer untuk menjaga kualitas dan ketahanannya.

CANON PG-810 YANG MAMPU MENCETAK HINGGA 220 HALAMAN! 

3. Pilih tinta harga ekonomis boleh aja, tapi…

memilih tinta printer
pexels.com

Pertimbangan ketiga untuk memilih tinta printer tentu adalah mempertimbangkan harganya. Tapi, jangan sampai asal beli, ya! Bisa-bisa yang kamu beli malah tinta merek palsu.

Agar terhindar dari merek palsu, kamu bisa manfaatkan promo yang ada dari berbagai merek terpercaya untuk dapetin tinta dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas. Dengan begitu, kamu bisa dapetin tinta printer yang bagus tapi tetap hemat di kantong!

TINTA REFILL CARTRIDGE DATA PRINT DISKON HINGGA 53%! 

4. Perhatikan kandungan tinta juga penting

memilih tinta printer
pexels.com

Tinta printer yang beredar di pasaran biasanya ada yang memiliki kandungan air atau alkohol di dalamnya. Sebaiknya, hindari tinta printer yang memiliki kandungan alkohol karena dapat merusak printer kamu.

Untuk mengetahui kandungan alkohol di dalam tinta printer, coba kocok botol tinta hingga terlihat gelembung. Jika gelembung mudah hilang, berarti tinta tersebut memiliki campuran air. Jika gelembung hilang dalam waktu cukup lama, berarti tinta tersebut memiliki campuran alkohol. Kalau nggak, pastikan kamu membeli tinta original yang sudah pasti nggak mengandung alkohol.

KLIK DI SINI UNTUK DAPETIN SET TINTA BOTOL EPSON ORIGINAL

5. Pastikan jenis tinta apa yang kamu pakai untuk printer kamu!

pexels.com

Ini merupakan poin terpenting dalam tips memilih tinta printer. Pastikan kamu paham jenis tinta printer mana yang cocok bagi printer kamu. Apakah tinta jenis cartridge atau tinta botol?

Untuk tinta cartridge, kamu bisa melakukan isi ulang dengan cara membeli isian tinta cartridge dan alat suntiknya, sehingga tinta nantinya disuntikkan ke dalam cartridge. Kamu juga bisa membeli tinta cartridge langsung biar lebih praktis. Tinggal pasang, beres!

Jika printer kamu cocok dengan jenis tinta botol, kamu pun akan lebih mudah dalam mengisi ulang. Soalnya, kamu hanya perlu menuangkan isi ulang tinta ke bagian yang sudah tersedia pada printer.

KLIK DI SINI UNTUK TINTA BOTOL EPSON DENGAN DISKON 60%!

Nah, itulah beberapa tips memilih tinta printer yang bisa kamu jadikan referensi saat akan mengisi ulang tinta printer. Tinta yang berkualitas tentunya akan menghasilkan cetakan yang rapi dan warna yang tepat, apalagi jika kamu mencetak dokumen penting.

Biar lebih hemat, kamu juga bisa dapetin diskon menarik hingga 60% untuk berbagai pilihan tinta refill di Blibli.com, lho! Tunggu apa lagi, yuk, segera temukan tinta yang paling tepat buat printer kamu dan dapetin diskon menariknya hanya di #BlibliSekarang!

KLIK DI SINI UNTUK BELI TINTA PRINTER DENGAN DISKON MENARIK 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya