me

Tips Memilih Baju Lebaran Yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh

Mar 25, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Pernah gak sih pas kamu order baju di marketplace saat melihat bajunya dipakai si A lucu banget, begitu sampai dan dipakai oleh kita malah terlihat kurang cocok? 

Ternyata, tidak semua model baju cocok untuk semua bentuk tubuh.  Karenanya, penting untuk mengetahui jenis tubuh kita sebelum memutuskan untuk membeli atau membuat sebuah pakaian. Tak hanya model, tapi harus diperhatikan juga jenis bahan, potongan, warna hingga ukuran yang memang harus dipastikan terlebih dahulu apakah sesuai dengan bentuk badan kita.

Jangan sampai salah memilih model baju, terlebih baju lebaran yang notabene kita akan bersilahturahmi dengan sanak sodara. Sebab, begitu salah pilih baju kedepannya akan disindir terus, duh.. jangan sampai  ya. Nah, bagaimana sih baiknya jika ingin tampil kece saat Hari Raya tanpa harus ada drama salah pilih baju? 

Yuk, simak tips memilih baju lebaran yang sesuai dengan bentuk tubuh kamu dibawah ini:

Mix and Match baju dengan bentuk tubuh gemuk

Memiliki tubuh gemuk itu bukan aib ya Blibli friends, bukan pula buat ditutupi dengan model baju yang terlalu lebar. Jika kamu bisa memilih jenis baju yang sesuai dengan bentuk tubuh gemuk dan menonjolkan apa yang dimiliki, kita bisa kok tampil stylish dan bergaya. 

Caranya, hindarilah pemilihan baju yang terlalu ketat tapi tidak terlalu longgar juga. Misalnya memilih baju terusan atau gamis model princess supaya bagian bawah tidak terlihat gemuk. Bisa juga memilih model baju berjenis kaftan drapery. Pilih ukuran yang benar – benar pas dengan bentuk tubuh ya, jangan berukuran terlalu besar. Jika kamu memilih ukuran besar atau lebar bukannya memberikan ilusi tubuh  yang lebih ramping malah tubuhmu akan terlihat semakin besar.  

Jika kamu ingin memakai baju two pieces, pilihlah atasan atau tunik dengan warna gelap untuk memberikan ilusi ramping. Bisa juga dipadu padan dengan outer/sweater berwarna pastel atau bermotif vertikal. Untuk bawahan bisa memilih rok model pensil/maxi atau celana berpotongan high waist

Pilih baju berpotongan lebar untuk si tubuh kurus

Jika kamu memiliki bentuk tubuh kurus, baiknya berikan perhatian pada cara menambahkan lekuk tubuh agar terlihat berisi. Pilih baju muslim yang berpotongan pinggang. Misalnya gamis atau abaya yang dilengkapi detail pada bagian pinggang. 

Atau Kamu juga bisa memilih baju oversized yang lagi trendi saat ini. Mengenakan gamis dengan model potongan lebar dibagian bawah atau model clock bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk berbadan kurus. 

Tidak usah khawatir dengan potongan lebar di bagian bawah akan membuatmu semakin terlihat kurus. Justru dengan potongan tersebut akan membuat ilusi tubuh lebih berisi dan modis. 

Terlihat berjenjang untuk pemilik tubuh mungil

Tinggimu dibawah rata – rata orang asia pada umumnya, bingung saat Lebaran tiba baju apa yang cocok untuk dipakai?

 Memang memiliki tubuh mungil, apalagi saat usia yang sudah tidak memungkinkan tubuh untuk bertambah tinggi lagi terkadang membuat kita menjadi minder dalam memilih baju yang cocok ya. 

Tapi tenang Blibli Friends, dewasa ini banyak model pakaian yang dapat memberikan ilusi tubuh yang lebih tinggi. Contohnya skinny jeans yang membuat kaki terlihat berjenjang atau gamis dengan potongan dibagian pinggang yang fungsinya menjaga agar gamis tidak terlalu jatuh kebagian bawah tubuh yang akan membuat kamu tampak tenggelam. Solusi lainnya kamu bisa memilih baju muslim two pieces atau menjahit sendiri model gamis khusus untuk tubuh mungilmu. 

Baju A-Line untuk kamu yang bertubuh tinggi

Sebenarnya, memiliki bentuk tubuh tinggi itu gampang di mix and match bajunya. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti jika memilih gamis. Pilihlah dengan model cutting umbrella atau potongan dibagian bawah dada untuk memberikan kesan berisi dan kamu bisa memilih bahan yang ringan dan flowy untuk memperlihatkan jenjang tubuhmu. Perlu diingat, jangan memilih model gamis yang kependekan karena akan memberikan kesan menggantung. Serta hindari gamis berpotongan lurus karena tidak akan memberikan dimensi pada bentuk tubuh. 

Solusi lain, kamu bisa memakai baju dengan aksen tumpuk agar tubuh lebih berisi. Atau bisa mengakali dengan mix and match atasan hijab dengan efek puff. Misalnya lengan atasan yang dikenakan atau bagian bawah yang terlihat menggembung diimbangi dengan bawahan yang sesuai agar terlihat proposional. Efek puff tidak hanya untuk atasan saja melainkan bisa digunakan untuk bawahan seperti celana ala Aladdin atau jogger pants yang tidak terlalu ketat. Jika kamu lebih menyukai rok Panjang pilihlah rok A-Line atau full skirt yang bersifat lebar. 

Baju longgar untuk pemilik pinggul besar 

Bagi kamu pemilik pinggul besar atau biasa disebut bentuk badan pear tentunya wajib memilih baju yang bisa menutup area pinggul sampai paha. Pilihlah baju yang mampu menyeimbangkan baju dan bagian pinggul. 

Pilihlah gamis yang berpotongan longgar tanpa aksen apapun dan biarkan gamis jatuh saat dipakai. Tambahan lain, kamu bisa memberikan detail beads pada bagian kerah atau bros untuk mempercantik penampilan. Hindari memakai jeans ketat, pilih celana dengan potongan bootleg atau cutbrai di bagian bawah untuk menutupi kekuranganmu. 

Bagaimana, sudah tahu model baju untuk lebaran seperti apa yang cocok dengan bentuk tubuhmu? Kalau sudah dapat gambaran, saatnya kamu belanja baju mumpung masih Ramadan dan menjelang Lebaran. Kamu tidak perlu kemana-mana untuk belanja baju yang sesuai bentuk tubuh, karena kamu bisa belanja di Blibli dengan banyak pilihan baju dan juga diskon menarik.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya