Agar Aman Berenang bareng Anak, Lakukan Hal Ini Yuk, Moms!

Hampir semua anak-anak suka main air dan berenang, tak terkecuali si kecil kesayangan moms. Berenang memang bisa memberikan banyak manfaat buat anak. Berenang dapat menguatkan otot tubuh, menyehatkan jantung dan paru-paru, sampai menambah kepercayaan diri.

Jadi, moms jangan ragu untuk mencemplungkan anak ke dalam air. Berikut beberapa tip agar aktivitas berenang bersama anak tetap aman, nyaman, dan terasa menyenangkan.

Memakaikan Baju Renang yang Nyaman

Photo by pexels.com

Baju renang anak yang nyaman biasanya terbuat dari bahan spandex nylon, nylon, atau spandex lycra. Bahan-bahan tersebut elastis, memiliki daya serap tinggi, dan lembut. Selain itu, baju renang anak harus disesuaikan dengan ukuran tubuh. Biasanya, penjual baju renang punya catatan ukuran baju renang yang disesuaikan usia, lingkar dada, hingga panjang celana.

Agar si kecil semakin semangat berenang, moms bisa membelikan baju dengan gambar karakter tokoh animasi yang disukainya. Namun, apabila moms ingin membelikan baju renang polos, pilihlah yang berwarna cerah agar lebih mudah mengenali si kecil di tengah keramaian kolam renang umum.

MOMS BISA MEMILIH BAJU RENANG BERANEKA MOTIF YANG UNIK INI, DIJAMIN GAK PASARAN.

Pilih Pelampung yang Sesuai

Photo by stocksnap

Saat berenang bersama anak, moms selalu berusaha menjaganya berada dalam jangkauan. Tetapi ada kalanya si kecil ingin menjelajah kolam sendiri. Untuk menjaga keamanan anak yang belum bisa berenang dengan sempurna, moms bisa membekalinya dengan pelampung agar tidak tenggelam.

Pilihan pelampung bisa disesuaikan dengan usia. Untuk anak usia 1,5 tahun, bisa memakai pelampung tipe arm ring atau ban berbentuk donat dengan lubang kaki. Sementara untuk anak yang berusia lebih dari tiga tahun bisa memakai pelampung berbentuk O saja. Sesuaikan ukuran pelampung tipe O dengan lingkar dada anak agar si kecil tidak merasa terlalu sesak atau malah merosot lepas dari ban.

PELAMPUNG RENANG ANAK BERBENTUK ROUND INI DESAINNYA FUN DAN PLAYFUL

Mengoleskan Tabir Surya

Photo by Pexels.com

Saat berenang di kolam renang umum outdoor, sebagian besar kulit anak akan terkena sinar matahari secara langsung. Jadi, mos tidak boleh lupa untuk mengoleskan tabir surya untuk melindungi kulit si kecil.

Krim tabir surya yang cocok untuk anak biasanya berlabel “broad spectrum” yang artinya memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari cahaya ultraviolet (UV) A maupun B. Selain itu, moms juga bisa memilih sunblock yang mengandung Sun Protection Factor (SPF) alami yang aman dipakai bayi dan anak-anak.

SUNBLOCK BEAUTY BARN AKAN MELINDUNGI DAN MELEMBAPKAN KULIT ANAK DI BAWAH TERIK MATAHARI.

Mandi Setelah Berenang

Photo by pexels.com

Kolam renang umum digunakan bersama-sama dengan orang lain. Kita tidak bisa membayangkan seberapa banyak kuman penyakit yang bisa menjangkiti tubuh si kecil setelah berenang. Belum lagi ada kandungan klorin di kolam renang anak yang bisa memicu alergi.

Maka, moms harus mengajarkan anak agar selalu mandi setelah berenang. Moms bisa memilih sabun antiseptik yang bisa menghindarkan si kecil dari gangguan kesehatan kulit. Biar praktis, moms juga bisa menggunakan sabun dan shampo 2 in 1 yang bisa digunakan buat membersihkan badan dan rambut si kecil. Sabun anak dengan aroma buah segar akan membuat waktu mandi semakin menyenangkan.

SABUN DAN SAMPO ANAK DARI PIGEON INI PRAKTIS UNTUK DIBAWA KE KOLAM RENANG.

Menghangatkan Diri Setelah Berenang

Photo by pexels.com

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghangatkan diri si kecil setelah selesai berenang dan mandi. Pertama, moms bisa memberikan teh hangat atau sup untuk anak. Moms bisa memesannya di kafetaria yang ada di dalam kompleks kolam renang.

Kedua, moms juga dapat membalurkan minyak kayu putih ke badan si kecil. Minyak kayu putih akan membantu mencegah dan mengobati masuk angin yang mungkin terjadi setelah si kecil bermain air dalam waktu lama.

MINYAK KAYU PUTIH CAP LANG AROMATHERAPY AKAN MENGHANGATKAN TUBUH SI KECIL DAN MEMBERI EFEK MENENANGKAN.

Dengan mengikuti tip di atas, moms telah memberikan perlindungan ekstra pada si kecil saat berada di kolam renang. Biarkan ia bebas bergerak di dalam air agar dapat merasakan serunya olahraga renang.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY