me

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja untuk Keluarga

May 06, 2024.By
Bagikan

image source: www.wallpapercave.com 

Tempat Wisata di Jogja untuk KeluargaLiburan ke Jogja bersama keluarga bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan, terlebih saat akhir tahun. Dari dulu, Jogja memang terkenal sebagai salah satu kota yang punya banyak tempat wisata. Ada beberapa tempat wisata di Jogja untuk keluarga bisa kamu kunjungi, bahkan ada yang ramah anak.

Nah, kamu penasaran sama tempat wisata apa aja yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga di Jogja? Simak dulu yuk artikel di bawah ini!

Baca Juga: 4 Destinasi Wisata Seru dan Instagramable


Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Untuk Keluarga

Udah siap buat baca tempat wisata di Jogja yang ramah untuk keluarga? Langsung aja nih, catat ya beberapa tempatnya!

1. Kebun Binatang Gembira Loka

Tempat wisata pertama yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga adalah Kebun Binatang Gembira Loka. Sesuai dengan namanya, Gembira Loka merupakan kebun binatang yang menjadi rumah bagi berbagai macam satwa dari seluruh dunia. Kamu juga bisa menyaksikan kepandaian satwa dalam berbagai animal shows yang diadakan di kebun binatang ini!

Selain melihat dari kejauhan, di kebun binatang ini kamu juga bisa berinteraksi dengan berbagai hewan jinak. Pokoknya, Gembira Loka Zoo cocok banget didatangi untuk wisata edukasi. Nggak sampai di situ aja, di kebun binatang ini juga ada wahana yang menyenangkan untuk dimainkan oleh anak-anak. Beberapa contohnya seperti ATV, speed boat, bumper boat, dan sebagainya.

2. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark merupakan sebuah taman hiburan yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Taman hiburan ini terbagi atas dua tempat yaitu wahana dan edukasi serta Sindu Kusuma Waterpark. Ada beragam wahana yang bisa dimainkan seperti kora-kora, kopi puter, disaster room, 8 Dimensi, roti puter, kursi mabur, sepeda mabur, bianglala, dan lain-lain.

Beberapa tempat juga bisa menjadi spot foto yang bagus seperti miniatur Candi Prambanan dan miniatur Candi Borobudur. Di tempat ini, ada Omah Batik dan Mainan Tempo Doeloe yang bisa digunakan untuk kepentingan edukasi. Buat anak-anak yang ingin main air, di tempat ini juga ada waterpark dengan berbagai wahana.

3. Kids Fun Park

Ada lagi nih, salah satu taman hiburan dengan berbagai wahana yang bisa kamu kunjungi di Jogja yaitu Kids Fun Park. Beberapa pilihan wahana yang tersedia meliputi aqua bike, arung jeram, adventure coaster, blaster boat, bumper car, flying fox, driving school, dan masih banyak lagi. Ada gokart juga yang bisa kamu coba untuk memicu adrenalin di tempat ini!

Beberapa show yang menghibur juga bisa kamu tonton di tempat ini seperti Pirates Show, Dino Show, dan Musical Drama. Selain itu, di sini juga ada taman air atau waterpark sendiri ya, Blibli Friends! Buat kamu yang ingin belanja souvenir, di tempat ini juga bisa tetapi cinderamatanya meliputi barang-barang yang disenangi oleh anak-anak.

4. Taman Pintar

Kamu mencari tempat wisata yang menawarkan edukasi untuk anak-anak? Taman Pintar bisa menjadi solusi terbaik! Terletak di pusat Kota Jogja, Taman Pintar mudah sekali diakses. Lokasinya nggak begitu jauh dari Benteng Vredeburg. Di tempat ini, anak-anak bisa mendapatkan ilmu baru nih, Blibli Friends!

Beberapa zona edukasi yang terdapat di tempat ini meliputi zona pengolahan sampah, planetarium, zona perpustakaan, kampung kerajinan, gedung paud, wahana bahari, hingga teater sains. Beberapa program pun dapat kamu lakukan untuk edukasi. Biar nggak bosan, di Taman Pintar juga ada playground berisi aneka permainan untuk anak-anak.

5. The Lost World Castle

Ada lagi nih, salah satu tempat wisata di Sleman yang bisa kamu kunjungi yaitu The Lost World Castle. Sesuai dengan namanya, tempat ini berbentuk kastil yang dibangun menyerupai Benteng Takeshi. Luas lahannya mencapai sekitar 1,3 hektare. Letaknya ada di kawasan lereng Gunung Merapi nih, Blibli Friends!

Di tempat ini, kamu bisa kok akses beberapa spot foto buat memperkaya feeds Instagram pribadimu. Nggak sampai di situ aja, kamu juga bisa sewa baju tradisional Korea dan Jepang untuk berfoto-foto cantik. Selain itu, beberapa wahana juga bisa dimainkan oleh anak-anak supaya nggak bosan. Harga tiket masuknya Rp30 ribu, tetapi untuk main wahana ada biaya tambahan.

6. Taman Pelangi Jogja

Ingin melihat pelangi pada malam hari? Taman Pelangi merupakan tempat yang paling tepat nih, Blibli Friends! Tempat wisata ini bisa kamu kunjungi bersama keluarga, tetapi baru buka pada sore sampai malam hari ya. Di tempat ini, ada banyak spot foto yang dihiasi lampu-lampu cantik dari berbagai macam warna.

Biar fotomu makin maksimal hasilnya, disarankan untuk menjepret saat hari udah mulai gelap ya, Blibli Friends! Nggak cuma berfoto-foto aja, buat kamu yang ingin main wahana, ada beberapa permainan di tempat ini. Beberapa permainan tersebut meliputi bebek air, trampolin, bom bom car, dan sebagainya.

7. The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta

Mau keliling dunia, tetapi cuma dalam waktu singkat aja? Merapi Park merupakan pilihan tempat yang bisa dikunjungi! Di tempat ini, kamu bisa menemukan aneka miniatur landmark yang terkenal di seluruh dunia. Beberapa contohnya seperti kincir angin, Big Ben, Menara Pisa, Menara Eiffel, Patung Liberty, Colosseum, Temple of Heaven, dan lain-lain.

Di dalam tempat wisata ini juga ada Dino Park dimana kamu bisa melihat aneka dinosaurus zaman dulu dan waterpark buat main air. Buat kamu yang ingin dekat dengan hewan, ada rabbits house dan cats house. Tempat ini terletak di lereng Gunung Merapi, jadi bisa kamu kunjungi bersamaan dengan obyek wisata lainnya.

8. Candi Prambanan

Nah, kalau Candi Prambanan pasti udah nggak asing lagi di telinga kebanyakan orang. Candi Prambanan merupakan salah satu situs bersejarah yang udah terkenal dari dulu. Candi Prambanan adalah candi Hindu yang bisa kamu kunjungi buat belajar sejarah. Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa nonton pertunjukan budaya ala Jawa.

Tempat ini merupakan pilihan yang tepat jika dikunjungi bersama keluarga. Aksesnya pun nggak sulit karena letak tempat ini ada di pinggir jalan raya yang cukup ramai dilewati kendaraan. Buat kamu yang ingin beli oleh-oleh, di tempat ini ada beberapa pilihan cinderamata khas Jawa yang bisa jadi pilihan bagus.

9. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul merupakan salah satu obyek wisata yang lagi booming dalam waktu beberapa tahun terakhir. Tempat ini identik dengan mobil-mobil yang dihiasi lampu-lampu berwarna. Saat malam hari, ini menjadi daya tarik tersendiri di Alun-Alun Kidul. Buat kamu yang belum tahu, letaknya ada di sebelah selatan Keraton Yogyakarta.

Selain naik mobil-mobil hias pada malam hari, tentunya kamu juga bisa kulineran karena ada banyak penjual makanan. Tempat ini memang lebih banyak dikunjungi pada malam hari. Saat pagi hari, tempat ini lebih banyak dipakai untuk berolahraga oleh warga setempat. Namun, kamu juga bisa kok ikut olahraga pagi di sini!

10. Jalan Malioboro

Terakhir, tentunya kamu juga bisa mengunjungi Jalan Malioboro bersama keluarga. Siapa sih yang nggak tahu jalanan ikonik ini? Rasanya, belum ke Jogja kalau belum sampai ke sini, bahkan berfoto di jalanan ini. Ada banyak spot foto menarik yang bisa kamu eksplor di tempat ini ya, Blibli Friends!

Kamu bisa eksplor tempat ini saat siang atau malam hari. Keduanya sama-sama bagus kok. Nggak ketinggalan, kamu juga bisa berburu aneka kuliner dan oleh-oleh di Jalan Malioboro. Kamu nggak perlu keluar uang untuk tiket masuk, cuma bayar parkir di tempat tertentu jika bawa kendaraan. Jadi, mau nggak ke sini bersama keluarga?


Jadi, itulah beberapa tempat wisata yang bisa kamu pesan di Jogja untuk liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Nah, kira-kira tempat mana nih yang kamu ingin datangi nanti saat liburan?

Baca Juga: Destinasi Wisata Bali Terbaik

Buat kamu yang udah punya rencana liburan ke tempat-tempat di atas, yuk pesan hotel Jogja! Kamu bisa kok pesan lewat Blibli. Sejak beberapa tahun terakhir, Blibli bisa membantumu merencanakan perjalananmu. Ada banyak promo menarik dan metode pembayaran yang bisa dipakai!

Tag: