me

15 Tempat Olahraga di Jakarta yang Gratis dan Nyaman

Oct 25, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

keluyuran.com

Olahraga merupakan kegiatan positif yang bisa dilakukan buat mengisi waktu luang, terutama saat weekend. Olahraga memberikan banyak banget manfaat buat tubuh, termasuk menjaga kebugaran. Apalagi di sekitar kita tentu ada banyak tempat olahraga yang gratis dan nyaman. Buat kamu yang tinggal di ibu kota, bisa banget nih coba mengunjungi rekomendasi tempat olahraga di Jakarta berikut.

Baca juga: Suka Duka Daniel Wenas Meniti Karir Jadi Pemain Basket


Rekomendasi Tempat Olahraga di Jakarta

Walaupun sudah lama tinggal di Jakarta, mungkin saja kamu belum tahu lokasi untuk berolahraga yang nyaman di kota ini. Mungkin kamu cuma tahu beberapa yang sangat populer seperti Taman Menteng, Taman Monas, dan Taman Suropati. Nah, buat kamu yang bosan olahraga di situ-situ saja, simak rekomendasi  tempat olahraga di Jakarta lainnya berikut  ini!

Taman Menteng


Seperti disebutkan di atas, Taman Menteng merupakan salah satu area olahraga paling populer di Jakarta. Tempat ini sering banget digunakan buat jogging oleh masyarakat sekitar. Saat pagi dan sore hari, banyak massa yang berdatangan buat mampir olahraga di taman ini.

Sementara itu, saat malam hari banyak yang bermain skateboard hingga berlatih sepeda BMX di taman ini. Sebagai fasilitas penunjang, Taman Menteng lengkap dengan jogging track yang luas dan nyaman.

Taman Monas

Warga Jakarta pasti udah sering nih bolak-balik ke Monas buat berwisata atau malam mingguan. Nah, selain rekreasi kamu juga bisa loh melakukan aktivitas olahraga di sana. Saat berkunjung pada pagi atau sore hari kamu pasti akan melihat banyak banget orang-orang yang berolahraga. Apalagi Monas juga menyediakan fasilitas penunjang kegiatan olahraga yang cukup lengkap.

Salah satu fasilitas terbarunya adalah lapangan bulu tangkis outdoor yang lokasinya memang agak tersembunyi. Kalau nggak bawa perlengkapan, kamu bisa meminjam raket bulu tangkis di pos penjaga dekat Pintu Silang Barat Daya.Selain itu, di kawasan Monas ada juga lapangan basket, futsal, dan voli. Sehingga bukan hanya sekedar jogging, kamu bisa melakukan aktivitas olahraga apa saja di sana.

Taman Suropati


Taman Suropati adalah salah satu tempat olahraga di Jakarta Pusat, tepatnya berada di kawasan Menteng. Nama taman ini diambil dari nama salah satu pahlawan nasional yaitu Untung Suropati. Taman yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini sering banget dimanfaatkan oleh warga buat berolahraga, terutama jogging.

Selain lari santai, ada banyak banget pilihan aktivitas seru yang bisa dilakukan di taman ini. Mulai dari bersepeda, memberi makan merpati, hingga berburu wisata kuliner yang ada di sekitar taman. Tapi, kalau mau mendapatkan pilihan jajanan yang cukup lengkap, datanglah ke Taman Suropati saat menjelang malam.

Taman Tabebuya


Taman Tabebuya merupakan salah satu spot olahraga yang berlokasi di Jl. Moh. Kahfi I, Jagakarsa. Taman ini mempunyai  jogging track  yang bisa kamu gunakan buat jalan santai sebanyak beberapa putaran. Area taman ini cukup luas sehingga saat memasuk akhir pekan banyak orang yang suka bermain bulu tangkis atau latihan yoga di sana.

Untuk menambah mood saat berolahraga, di tengah taman ada danau buatan yang dihias dengan teratai hijau yang sangat cantik. Lantas, kenapa taman ini diberi nama Tabebuya? Ternyata, taman ini ditumbuhi dengan banyak banget pohon Tabebuya asal Brazil yang mempunyai bunga mirip sakura. Kebayang kan betapa indahnya bunga dari pohon tersebut.

Tribeca Park


Tribeca Park merupakan salah satu pilihan tempat olahraga di Jakarta Barat yang berada di kawasan Central Park.  Area ini bisa digunakan buat berbagai kegiatan seperti jogging, lari, yoga, dan senam. Dilengkapi dengan suasana yang indah dan memesona membuat siapa saja pasti betah berolahraga di sana. Taman ini dilengkapi dengan kolam ikan yang berisi banyak banget ikan koi berwarna-warni.

Selain itu, ada juga trek aspal yang bisa digunakan pengunjung buat jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan yang ada. Karena area taman ini menyatu dengan mal, kamu bisa sekaligus berbelanja setelah olahraga di sana. Tapi, jangan lupa buat kontrol nafsu, ya! Jangan sampai habis olahraga kamu malah jajan makanan yang tinggi kalori.

Alat Sit Up gym / Tali Karet gym / Alat Otot Tangan / Alat Olahraga

Area Banjir Kanal Timur (BKT)


BKT merupakan pilihan tempat yang nyaman buat rekreasi dan olahraga oleh masyarakat sekitar. Area ini mempunyai bentuk memanjang yang mengikuti garis sungai. Dipercantik dengan deretan pohon rindang yang membuat siapa saja nyaman berolahraga di sana. Saat sore hari, kamu akan menemukan banyak anak muda hingga lansia yang sedang gerak badan di sana.

Hutan Kota Gelora Bung Karno


Hutan Kota Jakarta merupakan lahan seluas 4 hektar yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat. Kawasan hijau ini mempunyai area jogging yang gratis dan bisa digunakan oleh semua pengunjung. Bahkan, taman kota ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet umum hingga foodcourt.

Walaupun kelihatannya seperti lahan terbuka, nyatanya hutan kota ini mempunyai jam operasional, loh. Tempat ini hanya buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Waktu bukanya memang pas banget kan buat melakukan jogging. Untuk masuk ke sana, kamu bisa lewat pintu 5 GBK.

Taman Waduk Ria Rio


Rekomendasi terbaik buat tempat olahraga di Jakarta Timur salah satunya adalah Taman Waduk Ria Rio. Buat yang tinggal di kawasan Jakarta Timur pasti sudah nggak asing sama taman ini. Di sana kamu bisa bersantai atau berolahraga saat pagi dan sore hari. Taman ini dilengkapi dengan bangku-bangku taman dan hamparan rumput yang langsung menghadap ke waduk.

Awalnya taman ini cuma berupa rawa-rawa yang kemudian diubah menjadi waduk buat menampung air saat banjir. Namun, seiring dengan kepadatan penduduk Jakarta, air waduk yang tadinya jernih menjadi tercemar. Kemudian di masa pemerintahan Gubernur Joko Widodo waduk ini ditata ulang hingga menjadi taman kota seperti sekarang.

Taman Lapangan Banteng


Taman Lapangan Banteng sebenarnya sudah lama ada dan digunakan sebagai spot untuk berolahraga. Namun, beberapa tahun silam taman ini sempat ditutup. Kemudian setelah direvitalisasi dan diperindah, taman ini dibuka lagi pada tahun 2018 lalu. Kini, taman ini telah berubah menjadi tempat bersejarah yang luas banget dan bisa digunakan untuk olahraga.

Taman ini menawarkan berbagai fasilitas olahraga yang lengkap seperti lapangan bola, basket, voli, hingga jalur lari yang siap untuk digunakan kapan saja. Nggak cuma itu, tempat yang direnovasi dan diarsiteki oleh Yori Antar ini bisa juga dipakai buat piknik dan cari sarapan, loh. Ada banyak banget pilihan jajanan di sekitar kawasan taman yang dijamin bikin gagal fokus.

Taman Cattleya


Taman Cattleya merupakan tempat olahraga yang berlokasi di kawasan Tomang dengan luas sekitar 3 hektar. Taman ini ditumbuhi dengan berbagai macam tumbuhan yang rindang sehingga membuat suasananya semakin sejuk. Tempat yang juga sering disebut Taman Tomang ini juga dilengkapi dengan danau buatan, jembatan cantik, dan sungai yang menambah estetikanya.

Di sana kamu bisa jogging sepuasnya di trek yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Selain itu, kamu bisa juga melakukan senam aerobik, yoga, atau bahkan berpiknik sama keluarga tersayang. Tapi, saat berada di sana jangan lupa buat selalu menjaga kebersihan, ya!

Tummy Trimmer SPEEDS Alat Pengecil Perut Alat Olahraga Fitness

Taman Waduk Pluit


Taman Waduk Pluit bisa menjadi salah satu pilihan tempat olahraga di Jakarta Utara yang bisa kamu kunjungi. Taman ini mempunyai tampilan yang estetik banget layaknya tempat-tempat di luar negeri.  Sehingga, kalau berkunjung ke sana nggak boleh lupa untuk membawa kamera yang mendukung.

Dulunya tempat ini sangat kotor dan nggak terawat. Tapi setelah direnovasi, Taman Pluit berubah total menjadi tempat yang tertata apik dan dilengkapi dengan lapangan bola. Biasanya, anak-anak yang tinggal di sekitar sana memanfaatkan lapangan tersebut untuk bermain bola setiap sore hari.

Area Jakarta International Stadium (JIS)


Jakarta International Stadium atau Stadion Internasional Jakarta adalah sebuah stadion bola yang berlokasi di Papanggo, Tanjung Priok. Proyek pembangunan stadion ini sudah dimulai sejak tahun 2008 saat Jakarta masih di bawah pemerintahan Gubernur Fauzi Bowo.

Kin, stadion JIS bisa digunakan buat pertandingan sepak bola, konser musik, dan acara-acara besar lainnya. Buat yang hobi olahraga sepak bola boleh nih mampir sejenak ke sana untuk berlatih. JIS mempunyai juga jalur pejalan kaki sepanjang 200 meter yang bisa digunakan buat jogging atau sekedar mengambil foto.

Taman Langsat


Bagi yang belum tahu, mungkin info ini akan cukup mengejutkan. Keberadaan Taman Langsat memang nggak diketahui oleh banyak orang karena letaknya yang tersembunyi, yaitu di dekat pasar burung Barito. Dulunya, lahan seluas kurang lebih 3,5 hektar ini merupakan tempat penampungan bibit.

Sekarang, tempat tersebut sudah beralih fungsi menjadi taman kota yang bisa digunakan buat berolahraga. Di sana terdapat beberapa fasilitas olahraga yang cukup lengkap seperti jogging track hingga lapangan tenis. Ada juga outdoor gym yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Pada waktu tertentu, taman in dijadikan tempat untuk acara musik, teater, dan seminar.

Taman Hutan Tebet


Sesuai namanya, taman ini merupakan salah satu tempat olahraga di Jakarta Selatan yang tepatnya berada di kawasan Tebet. Taman ini sudah dibangun sejak tahun 1960 dan sudah mengalami beberapa kali perbaikan.

Taman yang dulunya disebut Taman Honda ini mempunyai jogging track, fasilitas gym, lapangan bulu tangkis, dan area rekreasi keluarga. So, buat kamu yang tinggal di kawasan Jakarta Selatan nggak perlu pergi jauh-jauh buat berolahraga. Kamu tinggal berkunjung saja ke Taman Hutan Tebet dan bisa menikmati semua fasilitasnya gratis. Dan saat ini terkoneksi dengan Tebet Eco Park.

GOR Soemantri Brodjonegoro


Gedung Olahraga Soemantri merupakan tempat olahraga yang berlokasi di Kuningan, lebih tepatnya dii sekitar kompleks bisnis Epicentrum. GOR ini merupakan gelanggang olahraga paling lengkap yang ada di Jakarta.

Meskipun masuknya gratis, di sana kamu bisa mendapatkan fasilitas olahraga seperti lapangan basket, futsal, dan kolam renang. Bahkan, GOR yang lokasinya bersebelahan dengan Plaza Festival ini juga sudah menyediakan lapangan bowling, loh.

Alat Snorkeling Alat Selam Speeds


Baca juga: 8 Fakta Unik tentang Basket Ini Akan Mengejutkanmu

Nah, itulah 15 tempat olahraga di Jakarta yang bisa kamu kunjungi buat menggerakkan badan. Saat berkunjung ke sana, jangan lupa membawa perlengkapan yang diperlukan. Kalau belum punya, kamu bisa beli dulu alat olahraga di Blibli. Biar dapat harga yang murah, kamu bisa belanja pas lagi ada promo potongan harga. Yuk, cari perlengkapan olahraga yang kamu perlukan cuma di Blibli! 

Tag: