me

Berikut Tips Teknik Foto Simetris yang Bisa Kamu Coba Dan Hasilnya!

Feb 11, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

theschoolofphotography.com

Seiring dengan berjalannya waktu, teknik foto yang bisa dipelajari makin banyak. Salah satunya adalah teknik foto simetris. Dari namanya aja, sepertinya Blibli Friends udah bisa menebak ya. Dengan teknik foto simetris, kamu bisa menghasilkan foto yang simetris juga. Alhasil, fotomu akan terlihat jauh lebih rapi dan estetik. 

Biasanya, teknik foto ini dipakai untuk memotret bangunan, infrastruktur lainnya, atau obyek wisata alam. Foto yang reflektif di obyek wisata alam juga merupakan simetris lho! Supaya hasil fotomu bagus, tentunya ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti jika ingin memakai teknik foto yang satu ini. Biar nggak kepo lagi, yuk langsung aja simak artikel di bawah ini!

Baca juga: Begini Teknik Foto Perspektif yang Benar, Intip Caranya Yuk!


Tips Teknik Foto Simetris

theschoolofphotography.com

Buat memotret secara simetris, tentunya ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Yuk, lakukan tips di bawah ini supaya fotomu berhasil terjepret dengan baik!

Pakai Kamera yang Berkualitas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari kamera yang berkualitas. Tentu saja, di bidang fotografi, kamera adalah aset utama. Kamera yang digunakan untuk menjepret suatu momen, bangunan, hewan, manusia, atau obyek wisata alam memang harus berkualitas bagus. Para fotografer atau kamu yang suka berfoto-foto pasti udah nggak asing sama prinsip ini. 

Nah, kenapa harus kamera yang berkualitas sih, kan harganya mahal? Hal ini disebabkan karena kamera yang berkualitas tentunya akan menghasilkan foto yang bagus juga nih, Blibli Friends. Dengan demikian, kalau memang kamu serius mau belajar, jangan ragu buat membeli kamera yang bagus ya! Kamu boleh beli yang second dulu, tetapi pilih yang kondisinya masih bagus. 

Bidik Foto Saat Cuaca Tenang

Kedua, tentunya kamu juga harus memperhatikan cuaca saat ingin memotret. Para fotografer atau Blibli Friends yang suka foto-foto pasti juga udah nggak asing ya sama prinsip yang satu ini. Cuaca memang sangat berpengaruh lho, terutama yang berkaitan dengan intensitas cahaya. Idealnya, mengambil foto dilakukan saat cuaca tenang. 

Apa sih yang dimaksud dengan tenang? Cuaca yang tenang adalah saat sinar matahari nggak begitu terik atau sangat mendung. Cuaca yang begitu terik bisa membuat fotomu jadi kurang bagus karena sinar matahari bisa menutupi obyeknya di kamera nanti. Nggak ketinggalan, tentunya saat cuaca mendung cahaya justru minim. Nah, kalau di sini, kamu bisa coba atur exposure atau pakai bantuan flash

Cari Posisi Spot Bangunan yang Ideal

Saat kamu akan menghasilkan foto yang simetris, tentunya perlu cari spot yang ideal. Cari spot yang benar-benar menonjolkan sisi simetris. Ada dua macam simetris yang harus kamu ketahui yaitu simetris horizontal dan vertikal. Simetris horizontal berarti bagian kanan dan kirinya sama persis sehingga menunjukkan keselarasan di antara dua sisi. 

Nggak sampai di situ aja, ada juga simetris vertikal yang keseimbangannya ditunjukan oleh kesamaan pada sisi atas dan bawah. Contoh dari simetris horizontal biasanya ditunjukkan lewat bangunan-bangunan yang ada di kota. Sementara itu, simetris vertikal biasanya ditunjukan lewat alam seperti air yang merefleksikan obyek-obyek lain yang ada di bagian atasnya. 

Manfaatkan Apa yang Ada Di Sekitarmu

Nggak cuma bangunan dan infrastruktur aja lho yang bisa kamu jepret simetris. Sebenarnya, alam di sekitar kita juga banyak yang menunjukkan sisi simetris. Nggak perlu pergi jauh-jauh juga, kamu bisa manfaatkan apa yang ada di sekitarmu. Misalnya, kamu bisa coba memotret bunga kecil atau besar yang ada di taman. 

Dengan demikian, kamu juga nggak harus mengeluarkan uang yang banyak untuk latihan. Obyek-obyek yang ada di sekitarmu aja bisa kamu manfaatkan kok, kenapa harus pergi jauh-jauh untuk mendapatkan foto bagus?

Potret Dengan Format RAW

Format RAW adalah format foto yang masih mentah dalam fotografi. Kamu disarankan untuk mengambil foto dengan format RAW kalau ingin mempraktekan teknik simetris. Dengan memakai format RAW, kamu bisa mengeditnya sesukamu lho kalau memang nggak begitu puas sama hasil akhirnya. 

Contoh Hasil Foto Dengan Teknik Simetris 

Nah, kamu kan udah membaca beberapa tips teknik foto simetris di atas. Sekarang, waktunya kamu mengintip hasil foto dengan teknik yang satu ini ya!

tambahpinter.com

Ini merupakan salah satu contoh foto bangunan yang simetris. Kalau kamu tarik garis di tengah-tengahnya, pasti akan terlihat bahwa sisi kiri dan kanan menunjukkan hal yang sama persis. Keren ya, Blibli Friends!

snapshot.canon-asia.com

Nih, hasil dari salah satu jepretan simetris vertikal di alam bebas. Airnya bisa kamu lihat memantulkan bayangan dari pepohonan yang ada di daratan. 

diykamera.com

Kalau menemukan bunga seperti ini, kamu juga bisa kok jadikan sebagai obyek foto simetris. Bunga ini memiliki tiga sisi dan sangat cantik ya!

SONY ZV-1 Digital Camera with GP-VPT2BT Shooting Grip


Baca juga: Teknik Foto Stop Action yang Wajib Kamu Ketahui, Hasilnya Nggak Kalah Keren!

Jadi, itulah beberapa tips teknik foto simetris yang harus kamu ikuti supaya hasil fotomu bisa lebih maksimal. Gimana nih menurut kamu? Nggak susah kan untuk mempraktekannya? Selain tips, di atas juga ada beberapa hasil foto dari aplikasi teknik simetris. Tentunya, untuk menghasilkan foto yang sebagus itu, kamu perlu banyak latihan ya. 

Buat kamu yang ingin coba sendiri teknik foto simetris, yuk beli dulu peralatan fotografi lewat Blibli. Di sana, ada banyak pilihan produk yang tentunya bisa membantu kamu dalam menguasai teknik yang satu ini. Nggak sampai di situ aja, Blibli pun udah bekerjasama dengan berbagai bank dan dompet elektronik supaya mempermudah pembayaran. 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya