me

Mengenal Teknik Foto Multiple Exposure dan Hasil Fotonya

Feb 10, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

nikonusa.com

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan tepat, Blibli Friends perlu menggunakan berbagai teknik fotografi, salah satunya teknik foto multiple exposure ini. Teknik multiple exposure ini merupakan teknik foto yang menyatukan beberapa adegan. Cara menggunakan teknik multiple exposure ini, Blibli Friends bisa menggabungkan dua foto atau lebih milik kamu menjadi satu frame.

Perlu diketahui, teknik multiple exposure ini sudah ada sejak jaman kamera analog atau jaman film, loh. Biasanya, foto yang menggunakan teknik multiple exposure ini agar hasil gambar yang kamu miliki terlihat dinamis dan dramatis. Selanjutnya, untuk mendapatkan hasil foto dengan teknik fotografi ini, kamu juga perlu tahu beberapa tips saat menggunakan teknik multiple exposure.

Baca juga: Memahami Teknik Foto Golden Ratio dan Hasil Contohnya


Tips Teknik Foto Multiple Exposure

nyfa.edu

Sebelum menggunakan teknik foto multiple exposure ini, Blibli Friends perlu menggunakan kamera yang sudah didukung RAW. Dan nggak semua kamera DSLR, Mirrorless, atau M4/3 yang dapat menggunakan teknik foto multiple exposure ini, loh. Jadi, untuk lebih jelasnya Blibli Friends bisa mengikuti beberapa tips teknik multiple exposure berikut ini:

Menggunakan Kamera yang Sesuai

Hal ini menjadi tips yang harus kamu ketahui dan juga menjadi syarat mutlak untuk menggunakan teknik multiple exposure, loh. Karena, nggak semua kamera digital memiliki fasilitas multiple exposure ini. Jika Blibli Friends ingin mencobanya, kamu bisa memanfaatkan Photoshop dan mengeditnya dari aplikasi tersebut.

Tips untuk menggunakan teknik multiple exposure ini, Blibli Friends bisa menggabungkan beberapa layer dan menumpuknya menjadi satu frame.

Memastikan Kondisi Cahaya

Nyatanya, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, Blibli Friends juga perlu menggunakan cahaya yang ada. Pada tips teknik foto multiple exposure ini, Blibli Friends harus memastikan kondisi cahaya, sehingga teknik foto multiple exposure ini bisa berhasil.

Untuk menggunakan tips teknik foto multiple exposure ini, Blibli Friends harus memastikan background foto dalam keadaan gelap dari subjek. Sebab, tips ini bisa membuat speed dan diafragma pada kamera kamu jadi terjaga di beberapa foto. Selain itu, cahaya yang ada pada subjek juga perlu konstan dan nggak berubah.

Oleh karena itu, tips ini menjadi kebutuhan untuk menjaga auto fokus agar nggak berubah dan lightmeter tetap terjaga.

Menentukan Frame yang Ingin Digunakan

Selanjutnya, Blibli Friends juga perlu menentukan berapa frame yang bakal kamu gunakan dalam satu frame. Memang biasanya, kamera menyediakan fasilitas 2 sampai 10 frame. Disamping itu, jumlah adegan yang bakal terekam bisa aja tergantung dari kreatifitas fotografernya, loh.

Pada tips teknik foto multiple exposure ini, Blibli Friends bisa menggunakan cara dengan menjajarkan komposisi foto pertama dengan yang berikutnya. Contohnya, pada ekspresi wajah dan bahasa tubuh objek yang ingin kamu bidik. Tentu, kedua hal tersebut harus dijaga. Dan jangan sampai kedua hal tersebut tertutup dengan layer yang ditumpuk dalam satu frame.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, Blibli Friends harus melakukan teknik foto multiple exposure ini secara berulang-ulang agar terbiasa dan hasil yang didapatkan juga bakal lebih bagus.

Memanfaatkan Fitur Live View

Berikutnya tips untuk menggunakan teknik foto multiple exposure ini, Blibli Friends bisa memanfaatkan fitur live view. Tips ini mempermudah kamu untuk mendapatkan objek gambar yang ingin ditempelkan dalam satu frame. Dan pada tips ini, Blibli Friends bisa memilih dan mereview langsung hasil foto yang ingin kamu gabungkan atau layerkan pada satu frame.

Dinamis dan Geometri

Cara menggunakan teknik foto multiple exposure ini memang menyenangkan dan membuat kreatifitas kamu jadi lebih baik. Disamping itu, untuk menggunakan teknik foto multiple exposure ini Blibli Friends perlu menerapkan objek dinamis atau geometri yang kompleks. Mudahnya, Blibli Friends bisa memanfaatkan peralatan yang sesuai dan membantu kamu menggunakan teknik ini.

Selain itu, dengan memanfaatkan peralatan tersebut Blibli Friends juga bisa terbantu untuk mendapatkan hasil foto yang dramatis dan lebih hidup. Namun, kalau nggak punya juga kamu tetap bisa mendapatkan hasil foto multiple exposure yang baik dengan cara lain.

Yang terpenting, Blibli Friends sudah memiliki bayangan mengenai gambaran kreatif yang ingin kamu terapkan. Untuk menerapkannya, kamu bisa memanfaatkan alam atau sumber daya lainnya di sekitar kamu, kok. Jangan lupa untuk melatih terus tips yang satu ini agar hasil foto multiple exposure yang kamu dapatkan semakin meningkat.

Contoh Hasil Foto dengan Teknik Foto Multiple Exposure

kumparan.com

Salah satu contoh hasil dengan menggunakan teknik foto multiple exposure ini berhubungan dengan bahasa tubuh dan ekspresi objek yang ingin kamu tangkap. Pastikan, semuanya tetap sama dan terjaga. Dan saat menggabungkannya dalam satu frame, pastikan objek yang kamu letakkan nggak menumpuk dan menutupi layer lainnya.

digitalphotography.com

Lalu, pada contoh ini Blibli Friends bisa melihatnya kalau foto ini diambil secara banyak dan sekaligus. Hal ini juga membantu Blibli Friends untuk mendapatkan foto yang lebih hidup dan dramatis dengan menggunakan teknik foto multiple exposure.


Baca juga: Tips Teknik Foto Negative Space Beserta Contohnya

Nah, itulah pemahaman mengenai teknik foto multiple exposure dan beberapa contoh hasil fotonya. Gimana, menarik bukan? Untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik, tentunya Blibli Friends harus memiliki kamera yang mendukung. Tenang aja, di Blibli kamu bisa mendapatkan berbagai kamera yang mendukung hasil foto multiple exposure versi kamu. Yuk, lihat dan cek kamera di Blibli, ya!