Semua Serba Salah? Kebingungan Pak Suami Menghadapi Mood Swing pada Ibu Hamil 

Mood swing, atau kondisi perasaan yang berubah-ubah, memang kerap terjadi selama kehamilan. Kondisi kehamilan yang mengakibatkan perubahan pada metabolisme tubuh, kelelahan, dan perubahan level hormon progesteron serta estrogen mempengaruhi kinerja otak dalam mengontrol perasaan. Menurut Olander et al. (2018), kurang lebih 20% wanita hamil di seluruh dunia mengalami hal ini.

Hormon memang menjadi penyebab utama mengapa Bubu kerap merasa sedih atau marah tiba-tiba terhadap kesalahan-kesalahan sederhana yang dilakukan Pak Suami. Hormon progesteron yang dikaitkan dengan hormon pembuat relaks, jika bekerja berlebihan akan menimbulkan rasa lelah seharian, dan dapat membuat Bubu merasa sedih tanpa sebab. Hormon selanjutnya adalah estrogen. Hormon estrogen melakukan kebalikan dari yang dilakukan oleh hormon progesteron – estrogen justru mendorong otak untuk memberi sinyal ke tubuh bahwa tubuh memiliki energi yang berlebih. Akibatnya, Bubu justru cenderung tidak bisa diam; malah mengerjakan banyak pekerjaan rumah atau mendekor ulang ruangan, yang biasanya kita kenal dengan istilah nesting. Namun, selain mendorong Bubu untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah, hormon estrogen juga membuat emosi menjadi tidak seimbang sehingga Bubu mudah merasa cemas dan terganggu. Pada trimester pertama, tingkat hormon estrogen pada Bubu yang sedang hamil bisa meningkat sampai lebih dari 100 kali lipat dibandingkan pada kondisi tidak hamil (Sadaty, 2018).

Nah terbayang ya, betapa tidak seimbangnya kondisi emosional Bubu. Lalu, apa yang sekiranya bisa dilakukan untuk mengurangi kondisi tersebut?

Baik Bubu maupun Pak Suami memiliki peran penting dalam mengurangi kondisi mood swing selama masa kehamilan ibu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Bubu lakukan:

  • Tidak menyalahkan diri

Secara statistik, 1 dari 5 ibu yang sedang hamil akan mengalami mood swing. Hal ini sama sekali bukan salah Bubu, dan tentunya Bubu tidak sendiri. Jika Bubu menyalahkan diri sendiri, maka perasaan sedih, stress dan cemas akan semakin menjadi dan memperburuk kondisi.

  • Bicarakan apa yang dirasakan

Salah satu cara sederhana dan cukup efektif mengurangi mood swing adalah mengungkapkan hal-hal yang mengganggu perasaan kita. Misalnya, Bubu merasa cemas karena hamil dalam situasi pandemik saat ini. Jika tiba-tiba kecemasan itu muncul dan mengganggu, maka Bubu bisa mengajak Pak Suami bicara dari hati ke hati dan menyampaikan semua perasaan yang Bubu rasakan.

  • Tetap berolahraga

Olahraga sudah dikenal sebagai salah satu cara yang paling efektif dalam menjaga keseimbangan hormon. Bubu dapat memilih olahraga-olahraga yang ringan dan nyaman. Agar meningkatkan kualitas hubungan dengan Pak Suami, bisa juga melakukan olahraga berdua.

  • Istirahat yang cukup

Rasa lelah yang Bubu rasakan karena ketidakseimbangan hormon hanya dapat diatasi dengan istirahat yang cukup. Jadi, usahakan Bubu beristirahat hingga dirasa lebih segar ya.

Nah, dari sisi Pak Suami sendiri, apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi mood swing pada istrinya yang sedang hamil?

  • Dengarkan keluh kesah Bubu tanpa menghakimi

Terkadang, agak sulit ya untuk memahami kecemasan atau kesedihan Bubu yang muncul tiba-tiba. Akan tetapi, karena Bubu memang sedang mengalami ketidakseimbangan hormon, maka Pak Suami diharapkan dapat lebih memaklumi. Jaga respon yang keluar ya, Pak Suami. Hindari memberi kesan meremehkan atau menyalahkan apa yang Bubu rasakan.

  • Berbagi tanggung jawab pekerjaan rumah tangga

Perubahan kondisi fisik dan emosional yang dialami Bubu kerap menyebabkan kelelahan lebih sering. Maka dari itu, penting bagi Pak Suami untuk dapat mengurangi beban pekerjaan rumah tangga agar Bubu memiliki waktu istirahat yang cukup, dan memberi waktu bagi Bubu untuk menyeimbangkan emosinya.

  • Menyediakan waktu berkualitas untuk Bubu

Berolahraga bersama, menonton film di rumah, atau melakukan hal-hal menyenangkan lainnya dapat membantu Bubu memahami bahwa ia tidak sendirian di masa kehamilan ini. Dengan berkegiatan bersama, Bubu yang sedang hamil akan merasa lebih tenang jika Pak Suami selalu ada bersamanya.

Nah, itulah hal-hal yang dapat dilakukan oleh Bubu dan Pak Suami untuk mengurangi kondisi mood swing selama masa kehamilan. Jika membutuhkan support dari para ibu lainnya, Bubu bisa bergabung dengan komunitas Sahabat Ibu Pintar. Di sini, Bubu bisa curhat berbagai macam hal, mulai dari masalah kehamilan, hubungan dengan Pak Suami, hingga masalah parenting lainnya.

Tetap sehat selalu Bubu dan Pak Suami 😊

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY