me

Perbandingan Laptop Gaming, PC Gaming, & Game Konsol

Aug 18, 2023.By Jarvis
Bagikan
Cicilan 0% Gadget

Halo Sahabat Main, berbicara mengenai mana yang terbaik di antara permainan melalui laptop gaming, PC gaming, & game konsol memang sangatlah sulit. Kali ini, yuk kita bahas perbandingan bermain game melalui laptop gaming, PC gaming, & game konsol di sini!

Semua gamers pasti memiliki tingkat kenyamanan masing-masing baik ketika mereka bermain di game konsol, laptop, atau PC. Akan tetapi, pastinya ada kelebihan dan kelemahan dari setiap platform, lho. Mari bahas perbandingan bermain game melalui laptop gaming, PC gaming, & game konsol biar kamu yang yakin dengan pilihanmu.

Baca juga: 5 Rekomendasi Konsol Game Portable


Pengertian Laptop Gaming, PC Gaming, & Game Konsol

Pengertian Laptop Gaming, PC Gaming, & Game Konsol
laptop88.vn

Memilih perangkat gaming cukup memerlukan banyak pertimbangan. Blibli Friends bisa jadi galau antara laptop gaming, PC gaming, atau game konsol. Sebab, ketiga perangkat tersebut berbeda dari bentuk desainnya hingga cara menggunakannya. Coba kita perhatikan dahulu, apa sebenarnya pengertian dari tiga perangkat gaming ini.

Pertama, laptop gaming adalah laptop yang dirancang untuk gaming. Laptop ini punya desain bodi sekaligus dapur pacu yang tangguh karena digunakan buat menjalankan game yang berat dan pakai banyak fungsi tombol, mouse, hingga headset. Desainnya yang berupa laptop bikin perangkat gaming ini lebih fleksibel buat dipindahkan dan dibawa-bawa.

Kedua, PC gaming adalah seperangkat alat komputer yang dirancang untuk gaming. Jadi, perbedaannya dengan perangkat lainnya paling terlihat jelas dari desainnya. PC berupa komputer dengan layar monitor, mesin CPU, dan keyboard serta aksesori seperti headset yang semuanya masing-masing terpisah, kemudian dirangkai menjadi satu di atas meja PC buat gaming.

Ketiga, game konsol adalah perangkat yang simpel banget dan berfungsi khusus untuk gaming. Kamu perlu menancapkan kabelnya ke TV lalu masukkan game disc untuk mulai bermain game. Kalau kamu punya game konsol yang nggak dilengkapi disc slot, kamu cukup perlu terhubung ke internet dan bikin akun, lalu sudah, kamu bisa melakukan aktivitas gaming.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Gaming

Kelebihan

kelebihan
cellphones.com.vn

1. Portabel, Mudah Dibawa

Seperti yang kita tahu kalau model laptop itu compact, artinya mudah dibawa karena memang didesain demikian. Kalau kamu mencari perangkat gaming yang bisa kamu bawa saat liburan maupun dibawa ke tempat kerja seperti kantor misalnya, laptop merupakan pilihan tepat untukmu.

ASUS ROG STRIX G15 G513RC R735B7G-O - RYZEN 7 6800H 16GB 512SSD RTX3050 4GB 15.6 FHD 144HZ TGP95 WIN11 OHS GREY

Desainnya portabel, membuat laptop pilihan yang cocok untuk kamu yang punya mobilitas tinggi. Artinya, kamu seorang gamer yang suka jalan, semisal kamu bekerja di kantor, lalu saat liburan, kamu jalan-jalan maupun bepergian jauh sambil tetap online mabar sama teman-teman. Lebih enak pakai laptop.

2. Sudah Dilengkapi Baterai

Laptop nggak cuma memiliki desain portabel tapi fungsinya juga, termasuk sudah terdapat baterai di dalamnya. Jadi, nggak seperti komputer yang harus ditancapkan kabelnya ke colokan listrik agar bisa menyala, laptop nggak memerlukannya karena sudah ada baterai yang menjadi sumber dayanya.

Jadi, laptop memang benar-benar bisa kamu bawa ke mana pun. Terus, saat dayanya mulai berkurang, kamu bisa langsung ngecharge laptop gaming kamu. Selain itu, kalau daya baterainya penuh dan masih cukup, kamu sama sekali nggak perlu menancapkannya ke colokan.

3. Ringan, Tanpa Perlu Perakitan

Berbeda dari PC komputer yang mau nggak mau harus dirakit biar kamu bisa menggunakannya. Laptop desainnya all-in-one, semua komponen ada di satu tempat kalau di laptop, cuma perlu kamu buka layar monitornya, dan selesai. Kamu bisa pakai laptop gaming untuk aktivitasmu. Ya, mungkin kamu perlu menambahkan aksesori seperti mouse, headset, dan speaker.

Namun, tetap, kamu nggak perlu merakit laptop gaming seperti halnya PC komputer yang setiap komponennya memang terpisah. Kamu baru bisa pakai PC kalau kamu sudah merakitnya kan. Sedangkan laptop punya semuanya yang didesain menjadi satu, terutama komponen pentingnya, seperti layar monitor, keyboard, CPU dan GPU serta baterai di dalamnya.

Kekurangan

kekurangan
gizmologi.id

1. Kadang Tanpa Fitur Upgrade

Biasanya, kadang-kadang, kalau kamu beli laptop gaming itu kamu nggak bisa memperbaruinya atau nggak bisa upgrade. Memang sebagian besar laptop punya bagian komponen yang bisa di-upgrade, seperti RAM dan fitur buat menambahkan penyimpanan SSD, tapi ya begitu saja rata-rata.

Jika kamu ingin mendapat GPU atau prosesor baru, solusinya adalah mengganti laptopmu dengan yang baru juga. Bukan nggak mungkin, jika merasa perlu, kamu pada akhirnya akan membeli komputer atau PC. Tentu saja kembali lagi pada kebutuhan masing-masing gamer, ya.

2. Input dan Output Terbatas

Kalau di laptop biasanya buat I/O atau input/output itu terbatas. Jadi, misalnya kamu mau meng-install tambahan komponen, seperti monitor ekstra, atau satu set gaming controller–termasuk gaming keyboard dan mouse, driving wheel, dan sistem VR–kamu memerlukan USB hub.

Pada akhirnya, pengaturan pemasangannya jadi nggak beda jauh sama PC. Terlebih jika kamu ingin memasang komponen yang lengkap untuk gaming kamu, untuk mendapatkan pengalaman game yang lebih maksimal dan memuaskan. Bisa jadi kamu akan berpikir, sekalian beli PC kalau gitu.

3. Nggak Seawet PC Gaming

Laptop praktis dan portabel, tapi cenderung lebih ringkih daripada PC. Terlebih, kalau misalnya laptop gaming tersebut biasa dibawa ke mana-mana. Seperti halnya laptop pada umumnya, kalau bagian tutup atau belakang layarnya tertekan, maka bisa lebih mudah rusak. Terlebih jika laptop biasa dimasukkan ke dalam tas dan tertindih atau tertekan oleh barang-barang lainnya.

Kemungkinan lainnya yaitu touchpad yang kadang suka berkurang intensitasnya setelah laptop dipakai dalam jangka waktu yang lama, sehingga memang wajib ditambahkan mouse. Hal tersebut hanya beberapa contoh saja. Meskipun nggak semudah itu rusak, tapi laptop biasanya lebih sensitif aja kalau dibandingkan dengan PC.

Kelebihan dan Kekurangan PC Gaming

Kelebihan

kelebihan
zdnet.com

1. Varian Harga Sangat Beragam

Nggak selamanya jadi perangkat gaming yang paling mahal, PC tersedia dengan harga yang beragam. Di samping itu, kamu yang pilih sendiri setiap komponennya. Jadi, kamu mau merakit PC gaming yang seperti apa? Kamu bisa memilih hardware dan software yang mau di-install di PC kamu.

Maka dari itu, kamu dapat membuat perkiraan, seperti membayangkan PC gaming yang kamu impikan, lalu hitung kembali bujet kamu, dan mulailah membeli komponen PC untuk dirakit. Pasti ada kok, komponen PC gaming yang bagus dengan harga yang nggak sampai selangit untuk kamu beli, asalkan kamu cermat mencari dan belinya nggak terburu-buru.

2. Daya Kekuatan Lebih Besar

Baik daya tersebut berasal dari PC bawaan, atau kamu tambahkan upgrade sistem yang lebih powerful, PC umumnya lebih kuat dibandingkan laptop atau game konsol. Selain itu, PC komputer umumnya lebih awet daripada perangkat gaming lainnya. PC juga punya kekuatan lebih daripada konsol game.

Adapun yang bikin PC lebih kuat yaitu seperti yang telah disebutkan, alasannya karena kamu bisa menentukan sendiri bagian-bagian yang mau kamu install di PC. Kamu dapat menambahkan berbagai komponen pada PC yang akan membuat pengalaman gaming kamu semakin menyenangkan, sekaligus membuat sistem komputer lebih powerful.

3. Pilihan Game Lebih Banyak

Kalau kamu pakai PC komputer buat gaming, kamu akan mendapatkan pilihan yang lebih banyak buat game yang bisa kamu mainkan. Memang ada game-game konsol yang eksklusif, tapi tetap nggak bisa melebihi koleksi game yang ditawarkan oleh PC gaming.

Banyak juga penyedia game yang menyediakan pilihan berlangganan sehingga memudahkan gamer untuk mengunduh macam-macam game dengan biaya bulanan yang terjangkau. Meskipun konsol seperti Xbox dan PlayStation menawarkan pilihan berlangganan juga, tapi PC tetap lebih banyak pilihannya. Kalau suka cobain game-game baru, PC menawarkan pilihan lebih beragam.

4. Multifungsi Nggak Cuma untuk Gaming

Satu lagi kelebihan PC gaming adalah kegunaannya yang multifungsi, jadi nggak cuma bisa untuk gaming saja. PC seperti halnya komputer pada umumnya, berfungsi untuk melakukan berbagai kegiatan komputasi, termasuk mengerjakan pekerjaan seperti mengedit video hingga dokumen.

Jadi, kamu dapat menggunakan PC ini untuk berbagai aktivitas yang bukan gaming. Misalnya, kamu mau menekuni bidang profesi game streamer dengan membagikan video saat kamu main game untuk ditonton oleh audiens. Nanti, kamu bisa pakai PC gaming kamu untuk mengedit videomu. Jadi, serbaguna kan. Satu perangkat bisa untuk macam-macam aktivitas.

Kekurangan

kekurangan
gizmologi.id

1. Kadang Bisa Jauh Lebih Mahal

PC memang tersedia dengan harga bervariasi, tapi nggak jarang harganya lebih mahal daripada laptop dan game konsol. Terlebih jika ditotal dari semua komponen PC yang tentunya nggak cuma ada satu saja. Jadi, kalau mau menggunakan PC gaming, akan lebih baik kamu melakukan riset terlebih dahulu.

Cari tahu semua komponen PC gaming yang mau kamu gunakan. Terus, kamu akan memilih merek produk yang mana untuk PC gaming kamu. PC juga memerlukan tempat khusus kan, seperti meja dan kursi gaming buat support. Komponen pelengkap seperti ini juga perlu menjadi pertimbangan sebelum kamu membelinya.

2. Ribet Memasang dan Merakit PC

Harus diakui kalau mengatur dan merakit PC gaming itu nggak mudah, bahkan bisa dibilang menantang bagi pemula yang baru pertama kali mencoba. Sebab, ada banyak banget komponen dan biasanya kamu dapat dari pabrikan atau merek yang berbeda-beda, iya kan.

Jadi, kamu harus berhati-hati, pastikan kalau komponen satu dan lainnya itu cocok buat dipasangkan, bisa dikombinasikan meskipun beda pabrikan. Kamu juga perlu meng-install sistem operasi dan punya driver yang banyak banget buat setiap komponen software. Bisa, sih, kamu pesan PC yang sudah pre-built, sehingga kamu nggak perlu ribet merakit sendiri, tapi semakin mahal harganya.

Kelebihan dan Kekurangan Game Konsol

Kelebihan

kelebihan
goodhousekeeping.com

1. Perangkat yang Simpel Banget

Kalau kamu suka menggunakan perangkat gaming yang super simpel, nggak ada pilihan selain game konsol. Kamu cuma perlu menyambungkannya ke TV, terus kamu masukkan game disc ke dalam slotnya dan kamu sudah bisa mulai bermain. Kalau nggak ada slot tersebut, kamu cukup pakai koneksi internet dan bikin akun untuk mulai.

Selain itu, game konsol ini paling efisien harganya sebagai perangkat gaming. Khususnya, kalau dibandingkan dengan PC komputer yang memiliki power dan kemampuan nggak beda jauh dengan game konsol, tapi harga PC tersebut lebih mahal sampai hampir dua kalinya. Tentunya beli game konsol lebih hemat dan menguntungkan.

2. Harga Relatif Paling Masuk Akal

Meneruskan poin sebelumnya, tentang harga game konsol yang biasanya lebih murah, khususnya dibandingkan dengan PC. Dengan cara kerja yang hampir mirip, sebenarnya kamu sudah bisa menikmati game dengan nyaman cukup pakai game konsol, tapi semua kembali pada pilihan pribadi.

Sebab, kalau kamu lebih suka PC yang bisa sekaligus buat bekerja dan menikmati hiburan lainnya, kamu bisa memilihnya atau pilih laptop juga boleh. Akan tetapi, kalau kamu ingin khusus main game di perangkat yang simpel nggak ribet, kamu bisa memilih game konsol dengan harga lebih terjangkau.

3. Cocok Buat Game Multiplayer

Oh iya, bagi kamu yang suka banget main game sama teman, game konsol juga pas menjadi pilihan. Game konsol memang cocok buat sesi game multiplayer. Pengaturannya juga mudah sehingga nggak perlu waktu lama apalagi ribet-ribet. Mabar jadi nggak ada batasan dan tanpa halangan, bisa main sepuasnya.

Semisal kamu lagi kumpul sama teman-teman, atau sedang ingin main game dengan kakak adik atau saudara, maka kamu cukup pakai satu konsol game untuk bermain game lokal. Ada juga produk console gaming yang menyediakan dua konsol langsung di dalam kotaknya.

Kekurangan

kekurangan
creativebloq.com

1. Cuma Bisa untuk Gaming

Memang benar kalau game konsol paling simpel dan nggak ribet, tapi sekaligus cuma satu fungsinya, yaitu untuk gaming. Sebab, game konsol memang didesain hanya untuk bermain game. Sebenarnya, game konsol biasanya bisa buat browsing internet dan nonton YouTube, tapi itu pun nggak optimal.

Jadi, terbatas banget, sih. Ini memang perangkat untuk yang hobi gaming dengan nyaman dan santai, tanpa perlu menggunakan perangkatnya buat aktivitas lainnya. Beda lagi sama komputer & laptop yang pada dasarnya didesain untuk kegiatan komputasi sehingga bisa untuk macam-macam, seperti browsing, mengedit video, mengerjakan dokumen, sampai streaming film.

2. Jadi Jarang Terpakai dan Berdebu

Kalau kamu sibuk dengan rutinitas kantoran atau punya jam kerja rutin dari pagi sampai malam, bakal lebih cocok jika kamu pakai PC gaming yang bisa sekalian buat menyelesaikan pekerjaan. Sementara itu, game konsol bakal lebih jarang kamu pakai, kan. Jadi, lebih banyak disimpan begitu saja.

Mungkin, kamu bakal pakai game konsol saat weekend saja, karena di akhir pekan kamu bisa libur dan menikmati waktu santai. Malah, jika kamu memang bukan gamer yang intens main game dan cuma kadang-kadang saja gaming-nya, konsol kamu bisa jadi akan berdebu karena jarang dipakai.

Dari Ketiga Perangkat, Mana yang Lebih Baik?

Dari Ketiga Perangkat, Mana yang Lebih Baik
taminggaming.com

Setelah mengetahui perbandingan laptop gaming, PC gaming, dan game konsol, mana yang lebih baik? Sebenarnya nggak ada jawaban pasti buat pertanyaan ini. Kalau kamu mencari sumber daya power yang super kuat tanpa perlu memikirkan bujet, maka PC gaming juaranya dan memang terbaik di antara ketiga perangkat game tersebut.

Namun, apabila kamu mencari perangkat yang lebih fleksibel, yang bisa kamu bawa ke kantor buat kerja dan nanti kamu pakai bermain game saat sudah pulang ke rumah, maka kamu dapat memilih laptop yang mudah dibawa-bawa. Laptop mungkin nggak begitu maksimal upgrade-nya seperti PC, tapi kalau kamu nggak masalah dengan ganti laptop baru setiap tahun, ayo aja.

Sementara itu, kalau kamu suka banget main game dan nggak memerlukan PC yang powerful, game konsol adalah pilihan yang terbaik apalagi harganya paling masuk akal, bisa dibilang cukup terjangkau. Terlebih, kalau kamu terbiasa dengan settingan keyboard dan mouse, kamu bisa pakai dua komponen tersebut untuk main PS dan Xbox seri tertentu.

Kesimpulannya, kamu boleh kok memilih semuanya dari ketiga perangkat tersebut. Namun, menyimpan dan merawat ketiganya bakal menguras waktu dan terutama biaya, jadi pilih satu saja. Terus, meskipun sering dibilang kalau PC komputer gaming itu terbaik, kamu boleh kok, memilih menggunakan game konsol kalau memang nyaman buatmu. Pakai laptop gaming juga boleh.


Baca juga: Perbedaan Ryzen dan Intel, Catat Ya!

Nah, itu dia perbandingan laptop gaming, PC gaming, dan game konsol, Blibli Friends. Kamu masih bingung kalau ingin belanja hemat produk gaming dan toys? Tentu di Blibli pastinya karena akan ada banyak voucher gratis. Ayo dapatkan diskon 25% untuk setiap pembelian gaming dan toys di Blibli.com!  

Tag: