Sejarah Menarik Dibuatnya Tempat Wisata Candi Prambanan

Sep 18, 2021.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Siapa yang tidak tahu dengan tempat wisata bersejarah yang satu ini. Konon katanya candi ini merupakan candi Hindu terbesar yang dimiliki Indonesia. Candi Prambanan sendiri merupakan bukti peninggalan keberadaan kerajaan Mataram Kuno, Candi Prambanan ini merupakan tempat wisata populer yang wajib kalian datangi saat berkunjung ke kota Yogyakarta.

Ada beberapa cerita masyarakat yang harus kamu ketahui jika ingin berwisata ke Candi Prambanan:

  • Dibuat Atas Dasar Cita

Untuk mengejar sang pujaan hati Bandung Bondowoso akan melakukan hal apa saja untuk mendapatkan Roro Jonggrang, terucaplah jika ingin bersama Roro Jonggrang bahwa Bandung Bondowoso harus menuruti permintaannya dengan membangun 1000 Candi dalam satu malam sebelum matahari terbit. Sebagai wujud perjuangan akhirnya Bandung Bondowoso menyanggupi keinginan Roro Jonggrang.

  • Dibuat Dengan Bantuan Jin

Terdengar seperti tidak mungkin bahwa zaman dahulu sangat tidak mungkin bahwa 1 orang dapat mengerjakan 1000 bangunan dalam 1 malam, namun hal itu terjadi dalam Sejarah Candi Prambanan. Bandung Bondowoso dibantu oleh jin untuk menyelesaikan 1000 candi, namun usahanya gagal pada candi ke 999.

  • Patung Roro Jonggrang Hasil dari Kutukan
Photo via borobudursunrise.com

Pada area kompleks Candi Prambanan juga terdapat patung Roro Jonggrang hasil kutukan Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang karena murka mengetahui Roro Jonggrang yang curang membuat seolah-olah matahari sudah terbit dengan suara ayam berkokok.

  • Tidak Akan Langgeng Bila Datang Bersama Pasangan

Menurut cerita masyarakat, siapapun yang pergi ke Candi Prambanan bersama pacar/pasangan tidak akan langgeng dalam hubungannya. Namun hal yang aneh terjadi banyak dari  masyarakat yang datang justru untuk meminta jodoh/pasangan kepada Roro Jonggrang.

Menurut local guide, mitos atau cerita yang beredar di masyarakat merupakan cerita-cerita yang berkembang berdasarkan dari kisah sejarah dibuatnya Candi Prambanan ini, namun sekarang tempat wisata Candi Prambanan sudah dibersihkan dengan cerita masyarakat tersebut, ada sebagian masyarakat yang masih mempercayai mitos masyarakat ini namun tidak sedikit masyarakat yang juga tidak percaya.

Photo via Instagram @sahabatperjalananmu

Seru banget ya! Gimana, kamu punya cerita soal Legenda Lokal di daerahmu? Ayo, submit ceritanya dengan visit blib.li/sahabatperjalananmu atau Instagram @sahabatperjalananmu karena bagi cerita menarik bakal mendapat Total Hadiah Rp1.500.000 !

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel