Teknologi memang tengah mendominasi seluruh aspek hidup. Nggak hanya untuk kebutuhan komunikasi saja, namun juga kesehatan! Buktinya, kepopuleran health tracker semakin meningkat akhir-akhir ini.

Bagi kamu yang masih kurang tahu, health tracker atau pelacak kesehatan adalah sebuah alat atau aplikasi yang dibuat khusus untuk memonitori aktivitas kamu.

Jangan salah kaprah dulu, aktivitas yang dimonitor oleh alat ini adalah yang berhubungan dengan kesehatan seperti detak jantung, pola makan, dan sebagainya. Nggak hanya itu, health tracker juga bisa memberikan laporan yang cukup lengkap tentang kesehatan kamu berdasarkan hasil monitor.

Sebagian besar health tracker di desain se-menarik dan se-modis mungkin supaya kamu tetap suka memakainya. Karena tujuannya adalah untuk memonitori kesehatan kamu, maka kamu harus selalu mengenakan alat ini supaya hasil yang didapat bisa akurat.

Penasaran? Yuk, cari tahu lebih banyak!

1. Manfaat menggunakan health trackerhealth-tracker

Via Harvey Norman

Manfaat paling utama menggunakan health tracker adalah dorongan untuk lebih peduli dengan kesehatanmu. Tahukah kamu kalau kurang olahraga telah menyebabkan kematian sebanyak 3.2 juta nyawa  tiap tahunnya?

Dengan health tracker, kamu bisa menentukan goal dan target kalori yang ingin kamu bakar per harinya. Kalau kamu berhasil mencapai target per hari, alat ini akan memberikan laporan tentang progres keberhasilanmu.

Kamu juga bisa melacak tekanan darah, kadar gula dalam darah, dan berbagai proses biologis lainnya dengan ala ini, semua berkat teknologi Internet of Things  yang menghubungkan alat tersebut ke internet.

Beberapa jenis health tracker mempunyai fitur pendeteksi jenis makanan. Kamu bisa menjaga pola makan sehat kamu dengan mengecek apakah jenis makanan yang akan kamu konsumsi mempunyai kualitas yang menyehatkan.

Selain itu, health tracker juga bisa memonitori pola tidur kamu. Sebuah studi membuktikan kalau lama tidur kamu ternyata bisa mempengaruhi metabolisme tubuh dan tingkat obesitas. Bahkan ada beberapa penyakit kronis lainnya seperti diabetes yang bisa menyerang tubuh karena kamu kurang tidur.

Bagi kamu yang pola tidurnya acak-acakan, dengan menggunakan alat ini kamu mempunyai kesempatan untuk memperbaiki pola tidur kamu yang amburadul.

2. Tampil modis dengan menggunakan health trackertampil-modis

Via bellabeat.com

Karena kegunaan health tracker hanya akan akurat kalau terus dipakai, maka alat ini pun di rancang supaya bisa terlihat fashionable. Health tracker memang lebih banyak dibuat dalam bentuk gelang, tapi ada beberapa juga yang dibuat dengan model kalung atau anting.

Desainnya pun nggak selalu harus bertemakan kasual, ada banyak model health tracker yang cocok untuk kamu gunakan dengan baju-baju pesta juga. Contohnya, desain health tracker dari Bellabeat yang berbentuk kalung dengan motif daun berlian yang bisa kamu pakai dengan gaun ketika kamu sedang berpergian ke tempat yang mewah.

Bagi kamu yang suka membeli barang dengan merk kelas atas, merk-merk ternama seperti Louis Vuitton, Kate Spade, dan Swarovksi sudah mulai mengembangkan health tracker-nya sendiri.


BACA JUGA Tren Kesehatan Terbaru yang Aneh: Tanam Jamur Di Kamarmu Lalu Makan Deh!


3. Fitur lain health tracker yang nggak kalah keren

fitur-health-trackerVia jawbone

Beberapa health tracker seperti Jawbone  misalnya, mempunyai fitur yang bisa bikin kamu nggak bosen untuk menjadi sehat. Fitur ini dibuat menyerupai game dan kamu bisa melakukan duel langkah terbanyak hari ini dengan teman kamu. Kamu juga bisa mencari beberapa orang untuk bergabung di team kamu sebelum kamu menantang team lain.

Media sosial belakangan ini menjadi semakin viral, dan isi dari media sosial biasanya berupa pameran kehidupan pengguna. Nggak mau kalah, kamu bisa memamerkan hasil aktivitas kamu di sebuah aplikasi yang bernama Up.

Di aplikasi ini, kamu bisa meninggalkan komentar dan emoticon di postingan teman kamu. Kalau kamu sedang jogging bareng teman-teman, kamu bisa pamer postingan kamu dengan tag nama teman-teman kamu juga.

4. Pertolongan pertama di saat-saat darurat

darurat

Via mirror

Sekarang bayangkan, apabila kemampuan komunikasi alat-alat ini digunakan untuk hal yang lebih serius dan darurat. Menurut skenario sebuah penelitian pada tahun 2011, health tracker dapat memberikan pertolongan pertama di saat darurat.

Katakanlah kalau kamu memiliki kadar gula dalam darah yang tinggi, dan resiko terkena serangan jantung. Jika kamu ‘bandel’ dan makan permen tanpa sepengetahuan dokter dan keluarga, kamu memiliki resiko tumbang tiba-tiba.

Namun, untuk kasus seperti ini, biasanya health tracker terhubung dengan health tracker milik keluarga, teman, dan bahkan dokter pribadimu! Jadi, walaupun darah di dalam gula meningkat, pada saat itu juga informasi sudah didapatkan oleh mereka (paling nggak doktermu).

Sehingga, ketika kamu sedang sendiri dan tiba-tiba terjadi sesuatu terhadap dirimu (detak jantung melemah, pingsan, dan keadaan darurat lainnya), orang-orang terdekatmu akan mendapat notifikasi dan mengirimkan bantuan medis. Canggih, ya?

Perlu diingat health tracker bukanlah sebuah sulap atau sihir yang bisa bikin kamu sehat mendadak. Health tracker hanyalah sarana atau alat yang menjembatani kamu supaya kamu bisa lebih gampang menjadi sehat. Sehat atau nggaknya kamu, kamu sendirilah yang memegang kendalinya.

Bagaimana? Apakah kamu ingin hidup lebih sehat lagi? Nggak usah ragu lagi untuk menggunakan health tracker, karena dengan alat ini kamu bisa mempunyai tubuh yang lebih fit sekaligus fashionable.

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung aja cek model-model health tracker keren di Blibli.com!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY