me

Resep Soto Daging Sapi Enak, Cocok untuk Menu Keluarga!

Apr 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Ini dia resep soto daging lengkap untukmu!

Resep Soto Daging Sapi —Soto memang banyak banget jenisnya mulai dari soto ayam, soto babat sampai soto daging sapi yang disukai banyak orang. Soto daging punya rasa yang segar dan gurih dari kaldu daging sapinya sehingga cocok dikonsumsi kapan saja terutama di waktu dingin. Biasanya soto daging akan dimakan bersama dengan nasi hangat dan touge panjang untuk aroma yang lebih nikmat. 

Menu ini ternyata bisa dibuat di rumah untuk memanjakan keluarga loh! Kamu yang punya rencana untuk membuat soto daging sapi sebagai menu keluarga bisa cek resep soto daging lengkap di bawah ini!

Baca juga: Resep Dendeng Sapi Nikmat


Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan Utama

  • Minyak sayur (secukupnya)
  • 2 lembar daun jeruk (ukuran besar)
  • 2 ruas jari batang serai (memarkan)
  • 1,5 liter air
  • 400 gram daging sapi (tetelan, daging berlemak)

Bumbu Halus

  • ½ sdm garam halus 
  • ½ sdt gula pasir
  • ½ sdt merica (butiran)
  • 1 ruas jari jahe
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri (sangrai dulu)

Bahan Pelengkap

  • Sambal cabai rawit (secukupnya)
  • Jeruk nipis (potong untuk perasan)
  • Bawang merah goreng (secukupnya untuk taburan)
  • Seledri cincang (secukupnya)
  • Daun bawang cincang (secukupnya)
  • 150 gram touge panjang (bersihkan kulitnya)

Alat-alat yang Dibutuhkan

    • Pisau
    • Talenan daging
    • Spatula
    • Tirisan
    • Panci
    • Teflon
    • Kompor
    • Mangkok saji
    • Blender

Cara dan Tips Membuat Soto Daging

Cara Membuat Soto Daging

  1. Cuci bersih daging lemak dan tetelan milikmu di bawah air mengalir agar lebih maksimal dan kotorannya nggak menempel lagi. Siapkan bumbu marinasi untuk menghilangkan aroma amis pada dagingnya. Bumbu yang dibutuhkan adalah perasan lemon atau jeruk nipis, lada dan garam. 
  2. Masukkan daging yang telah dibersihkan ke dalam bumbu marinasi sembari diremas-remas agar meresap sampai ke dalam. Biarkan daging dalam bumbu marinasi sekitar 30 menit sampai 1 jam untuk hasil lebih maksimal. 
  3. Siapkan panci yang berisikan air dan didihkan menggunakan api sedang. Masukkan daging yang telah dimarinasi ke dalamnya. Masak daging sampai warnanya berubah dan menjadi lebih kaku. Kemudian angkat dan tiriskan agar dagingnya nggak terlalu basah. Jangan lupa untuk buang airnya karena kaldu yang ini terlalu keruh. 
  4. Siapkan panci dengan air yang baru kemudian rebus kembali sampai mendidih. Masukkan lagi daging berlemak dan tetelan ke dalam air tersebut dan rebus dengan api kecil. 
  5. Sembari menunggu dagingnya lunak kamu perlu menyiapkan bumbu-bumbu halusnya. Kupas semua bawang rempah yang dibutuhkan. Cuci bersih di bawah air mengalir dan haluskan menggunakan blender. Rempah yang dimemarkan bisa langsung kamu memarkan dengan pisau atau ulekan. 
  6. Jika menghaluskan bumbu menggunakan blender jangan lupa untuk menambahkan sedikit minyak sayur agar kinerja blender nggak terlalu berat. Dibandingkan menggunakan air, minyak lebih direkomendasikan karena nggak menyebabkan bumbu berbau langu atau menyengat. 
  7. Di kompor lainnya, siapkan teflon dan sedikit minyak untuk menumis semua bumbu yang telah dihaluskan. Setelah minyak panas masukkan semua bumbu halus kemudian aduk menggunakan spatula sampai harum. Tambahkan daun jeruk, daun salam dan lengkuas ke dalamnya. 
  8. Tumis semua bumbu sampai benar-benar matang dan layu. Kemudian kamu bisa memasukkannya ke dalam panci yang berisikan daging tadi. Masak dan aduk kembali sampai bumbu dan dagingnya merata. 
  9. Gunakan api kecil untuk mematangkan semua campuran di dalam pancinya. Jangan lupa untuk koreksi rasa dengan menambahkan garam, gula, merica, penyedap rasa dan lada secukupnya. 
  10. Siapkan mangkok saji dengan menata semua bahan pelengkap. Kemudian guyur menggunakan kuah soto daging lengkap dengan dagingnya. Soto daging sudah siap untuk disajikan. Kamu juga bisa menambahkan kerupuk putih untuk rasa yang lebih nikmat dan gurih dalam penyajiannya. 

Tips Membuat Soto Daging

Soto daging memang menjadi makanan paling enak dikonsumsi saat kapan saja, namun untuk mendapatkan rasa otentik kamu nggak boleh sembarangan dalam membuatnya. Ada beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan sebagai berikut!

Pilih Daging Berlemak dan Tetelan

Kamu harus tahu kalau membuat olahan daging sapi itu nggak boleh asal memilih bagian dagingnya. Ada daging sapi dengan kandungan lemak tinggi dan ada yang kandungan lemaknya rendah sehingga cepat kering dan nggak juicy ketika dimasak. Untuk soto daging kamu wajib pilih daging dengan kandungan lemak tinggi (biasanya di bagian perut).

Kemudian tambahkan beberapa tetelan lengkap dengan jeroannya untuk mendapatkan rasa lebih gurih begitu juga dengan kaldunya. Jika menggunakan daging yang minim lemak rasa soto daging milikmu bakalan kurang berasa dan cenderung kurang sedap. 

Rebus Daging Dua Kali

Kaldu daging sapi memang enak banget rasanya apalagi jika dicampur dengan sotonya, hanya saja kamu diharuskan untuk merebus dagingnya dua kali agar mendapatkan kuah lebih bening dan nggak amis. Ketika kamu menggunakan kaldu rebusan pertama untuk membuat soto rasanya akan amis karena banyak kotoran yang masih menempel pada rebusannya. 

Sehingga kamu perlu membuang kaldu yang pertama kemudian merebus dagingnya lagi untuk mendapatkan kaldu kedua. Kaldu kedua ini aromanya lebih sedap dan nggak amis sehingga cocok dicampurkan dengan kuah soto. 

Marinasi Daging

Tips selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah jangan lupa untuk marinasi daging dulu sebelum direbus. Daging bagian perut dan banyak lemaknya ini cenderung amis sehingga perlu dimarinasi lebih lama dibandingkan bagian daging lainnya. Bahan marinasi yang dibutuhkan adalah air jeruk nipis atau lemon, garam, lada dan merica. 

Remas-remas dan lumuri semua daging dengan bumbu marinasi sampai merata. Diamkan bumbu marinasi dengan daging selama 30 sampai 1 jaman untuk menghilangkan aroma amis di dalamnya. Sehingga rasa dagingnya bakalan lebih gurih dan enak untuk dimasak menjadi soto. 

Sajikan dalam Kondisi Hangat

Soto daging memang wajib banget disajikan dalam kondisi hangat untuk menghindari penggumpalan lemak di bagian atas kuahnya. Jadi, kamu bisa merasakan kenikmatan dan kesegaran sotonya lebih maksimal dibandingkan makan dalam kondisi dingin. Biar nggak aneh rasanya, pisahkan daging dan semua sayuran pelengkap dari kuahnya. 

Sehingga jika kamu memanaskan kembali kuahnya, daging dan sayurannya nggak bakalan layu dan tetap enak untuk dimakan. 

Sajikan dengan Nasi atau Ketupat

Untuk rasa soto daging yang lebih mantab kamu bisa mengkonsumsi kuah soto daging ini dengan nasi hangat atau kupat. Soto daging ini cocok dikonsumsi untuk menu keluarga di siang hari lengkap dengan sambal dan kerupuk putih. Tambahkan lebih banyak touge panjang atau kubis untuk mendapatkan serat di dalamnya. 


Baca juga: Resep Coto Makassar Mudah

Blibli Friends tertarik untuk membuat soto daging sapi yang enak? Jangan lupa untuk beli semua kebutuhan bahan dan bumbunya hanya di supermarket online Blibli saja! Ada banyak pilihan produk dengan harga terbaik tentunya hanya untukmu! Dapatkan kesempatan gratis ongkir dan promo menarik setiap harinya! Karena pasti untung belanja di Bliblimart.

Tag: